Pengertian Data, Jenis – Jenis dan Metode Pengumpulan Data

Pernahkah anda sebelumnya mendengar kata data? Atau apakah anda sudah mengetahui apakah data itu? Kata data sendiri memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita.

Namun, apa sebenarnya defenisi dari data itu? Pada kesempatan kali, kami akan mengulas pengertian data menurut para ahli, jenis-jenis data, dan metode dalam pengumpulan data.

Pengertian Data Menurut Para Ahli

Secara umum, data merupakan sekumpulan fakta atau catatan yang didapat dari proses pengukuran, pengamatan dan lain sebagainya.

Data sendiri dapat berupa angka, gambar maupun kata-kata. Data yang diperoleh akan menjadi sebuah fakta atau hanya sebuah anggapan karena data tersebut belum diolah secara lebih lanjut.

Oleh karena itu, data tadi kemudian diolah melalui penelitian atau percobaan agar data tersebut didapat bentuk yang lebih kompleks seperti sebuah database,informasi maupun solusi dalam menyelesaikan masalah tertentu.

Nah itu tadi adalah pengertian data secara umum. Untuk dapat lebih memahami, mari simak beberapa pendapat para ahli mengenai data itu.

1. Kristanto

Menurut Kristanto, data merupakan sebuah fakta yang masih mentah mengenai suatu objek yang dapat mengurangi tingkat ketidakpastian mengenai sesuatu seperti kejadian dan juga keadaan.

2. Slamet Riyadi

Menurut Slamet Riyadi, data merupakan sekumpulan dari keterangan-keterangan yang diperoleh dari suatu observasi (pengamatan) dimana data yang diperoleh dari hasil pengamatan dapat berupa angka – angka atau lambang.

3. Kuswadi dan E. Mutiara

Menurut Kuswadi dan E.Mutiara, data merupakan kumpulan informasi yang didapat melalui hasil pengamataan. Data yang diperoleh dapat berupa angka,lambang ataupun sifat.

4. Nuzulla Agustina

Menurut Nuzulla Agustina, data merupakan keterangan mengenai suatu hal yang sudah sering terjadi. Data tersebut dapat berupa suatu himpunan angka, gambar dan lain sebagainya yang bisa menyatakan suatu objek,pemikiran dan situasi.

5. Arikunto Suharsimi

Menurut Arikunto Suharsimi, data merupakan sekumpulan fakta-fakta maupun angka yang bisa dijadikan sebagai bahan dalam menyusun sebuah informasi.

Jenis – Jenis Data

Setelah mengetahui defenisi data menurut para ahli, penting juga untuk mengetahui apa-apa saja jenis-jenis data itu. Berikut kami ulas jenis-jenis data yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber.

1. Data berdasarkan cara memperolehnya

Berdasarkan dari cara memperolehnya, data dapat dikategorikan menjadi data primer dan data sekunder.

  • Data Primer
    Data primer merupakan data yang diperoleh dari seseorang yang telah melakukan penelitian. Data ini bersifat asli dan juga baru.
  • Data Sekuder
    Data sekunder merupakan data yang diperoleh dari sumber-sumber yang sudah ada sebelumnya. Data sekunder sendiri bisa diperoleh melalui perpustakaan atau juga laporan yang berasal dari peneliti terdahulu.

2. Data berdasarkan sumbernya

Berdasarkan sumbernya, data terbagi kepada data internal dan juga data eksternal.

  • Data Internal
    Data internal merupakan data yang didapat dari tempat yang menjadi objek penelitian. Contoh dari data internal seperti data jumlah siswa di sekolah x, data penjualan produk di perusahaan x dan lain sebagainya.
  • Data Eksternal
    Data eksternal merupakan data yang didapat dari luar objek yang dijadikan penelitian. Contoh dari data eksternal seperti data mengenai kependudukan dan lain sebagainya.

3. Data berdasarkan sifatnya

Berdasarkan sifatnya, data dapat dikategorikan menjadi data kualitatif dan data kuantitatif.

  • Data Kualitatif
    Data kualitatif merupakan data yang bersifat deskriptif, yang artinya data tersebut bukan berbentuk angka melainkan berbentuk gambar, simbol dan verbal lan. Data kualitatif sendiri diperoleh dari kuisioner, obeservasi, wawanacara dan lain sebagainya.
  • Data Kuantitaif
    Data kuantitatif merupakan data yang didapat melalui hasil survey sehingga hasil data yang diperoleh berbentuk angka. Data kuantitatif sendiri bersifat objektif yang dimana orang yang melihat data ini akan menafsrikan hasil yang sama.

4. Data berdasarkan waktu pengumpulannya

Berdasarkan waktu pengumpulannya, data dapat dikategorikan menjadi data cross section dan data berkala.

  • Data Cross Section
    Data cross section merupakan data yang dikumpulkan hanya pada waktu tertentu saja. Tujuannya untuk menggambarkan keadaan dan situasi pada waktu tersebut. Contoh data cross section sendiri seperti data penelitian menggunakan kuesioner.
  • Data Berkala
    Data berkala merupakan suatu data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu sehingga dapat diketahui perkembangan kejadan tertentu pada suatu periode tertentu. Contoh dari data berkala sendiri seperti data harga sembako.

Metode Pengumpulan Data

Metode pengumpulan data merupakan metode yang digunakan oleh seorang peneliti dalam mengumpulkan data yang berhubungan dengan penelitian.

Tujuan dari pengumpulan data sendiri yaitu untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam mencapai sebuah tujuan penelitian. Beberapa metode pengumpulan data diantaranya:

1. Wawancara

Wawancara merupaka salah satu metode pengumpulan data yang dilakukan secara langsung (tatap muka). Dalam melakukan wawancara, seorang peneliti akan mengajukan pertanyaan dan akan menerima langsung jawaban dari narasumber.

Seiring majunya teknologi, wawancara tidak hanya dilakukan secara tatap muka saja melainkan dapat dilakukan melalui media tertentu seperti melalui telepon dan lain sebagainya.

2. Observasi (pengamatan)

Oberservasi atau pengamatan merupakan salah satu metode pengumpulan yang dimana dilakukan secara kompleks karena melibatkan bermacam-macam faktor dalam implementasinya.

Didalam metode obeservasi, metode ini tidak hanya mengukur sikap responden saja, melainkan dapat juga digunakan dalam merekam berbagai fenomena yang terjadi ketika pengumpulan data.

3. Kuisioner

Kuisioner merupakan salah satu metode pengumpulan data yang dimana dilakukan dengan serangkaian pertanyaan yang diberikan kepada narasumer untuk diisi.

Selain itu, metode ini lebih efisien jika peneliti telah mengetahui sebelumnya variabel dengan pasti yang akan diukur dan telah mengetahui apa yang diharap dari seorang narasumber.

4. Dokumen Studi

Dokumen studi merupakan salah satu dari metode pengumpulan data yang dimana secara tidak langsung membahas subjek penelitian. Dokumen studi sendiri merupakan jenis pengumpulan data yang bertujuan untuk meneliti berbagai jenis dokumen yang dapat digunakan untuk menganalis dokumen.

Sekian tulisan kami mengenai pengertian data menurut para ahli, jenis-jenis data dan metode dalam pengumpulan data. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan kamu lebih luas lagi.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Tak Tahu Malu! Pacar Putri Delina Berani Sindir Nathalie Holscher, Netizen Auto Geram dan Layangkan Hujatan ke Jeffry Reksa: Yang Sah Aja Bisa Didepak Apalagi Lu

Kekasih Putri Delina, Jeffry Reksa baru-baru ini menjadi sorotan netizen. Ucapan Jeffry Reksa ini dituding sindir Nathalie Holcher saat memperingatkan…

15 Tempat Wisata di Gianyar yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Gianyar tentu sudah tidak asing lagi didengar, salah satu kabupaten yang berada di Bali ini menjadi pusat kesenian Pulau…

15 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Wajib Dikunjungi

Kulon Progo merupakan sebuah kabupaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tentu ketika Anda mendengar kata Yogyakarta yang Anda ingat…

5 Contoh Surat Cuti Kerja dan Cara Membuatnya

Hak cuti merupakan hak normatif pekerja, yang mengartikan pengusaha berkewajiban memberikan cuti kepada pekerjanya apabila pekerja sudah bekerja. Setiap perusahaan…

Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Bintangi 51 Film Ternama, Aktor Lawas Ini Meninggal Dunia dalam Kondisi Sakit-sakitan dan Hidupnya Penuh Kesusahan, Sang Anak: Sempat Saya Mandikan Kemudian Ngap-ngapan

Innalillahi wa innailaihi rojiun, aktor lawas ini memang telah lama meninggalkan kita semua. Namun kisah hidupnya masih terus terdengar sampai…

Brigadir J Disebut Kepergok Ajudan Lain Pakai Parfum Putri Candrawathi dan Lakukan Ini

Kuasa hukum keluarga Irjen Ferdy Sambo, Arman Haris nampaknya tidak tinggal diam dengan berbagai pernyataan dari pengacara keluarga Brigadir J,…

Selamat Lepas Status Janda Ayu Ting Ting! Sahrul Gunawan Akhirnya Beri Kode Siap Lamar Sang Pedangdut, Sudah Bicarakan Hal Serius Mulai Jabatan hingga Bilqis yang Bakal Punya Kakak Sambung: ‘Nanti Dibukain Pintu Rumah Dinas’

Selama ini Moms mengenal Sahrul Gunawan sebagai duda yang menjabat sebagai Eakil Bupati Bandung. Tapi nantinya Moms akan mengenalnya dengan…

Jilat Ludah Sendiri? Ingatkan Jeje Slebew Agar Tak Sombong, Bonge Kepergok Cueki Wartawan yang Sudah Tunggu 5 Jam untuk Wawancara: Star Syndrome

Sempat mengingatkan Jeje Slebew untuk tidak sombong, baru-baru ini Bonge ikon Citayam Fashion Week justru melakukan hal sebaliknya. Seperti yang…

Terungkap Isu Perselingkuhan Ferdy Sambo dan AKP Rita Yuliana, Diduga Sudah Menikah Diam-diam, Rita Langgar Aturan Keramat Kepolisian Ini Jika Benar Sudah Jadi Istri Ferdy Sambo

Terungkap isu perselingkuhan AKP Rita Yuliana dan Ferdy Sambo yang akhirnya bocor ke publik. Rumornya, kuat dugaan keduanya sudah menikah…

Contoh Soal CPNS Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI)

Kementerian Pertahanan mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang pertahanan dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Dalam melaksanakan…