Pengertian dan Tujuh Osi Layer yang Harus Ada, serta Tahap Kerja Osi Layer

Saat ini dimasa yang serba digital teknologi perangkat komputer telah berubah dari yang dulu, jika dulu masing-masing vendor dan developer di masa itu menggunakan protokol jaringan mereka masing-masing. Saat ini setiap komputer yang ada telah memiliki rujukan yang sama. Sehingga setiap komputer akan dapat terhubung walaupun berbeda vendor dan developer.

Penyatuan protokol jaringan ini dinamakan Open System Interconnection (Osi Layer), tanpa adanya standarisasi ini maka setiap vendor dan developer tidak dapat bekerja sama dengan sistem atau produk lainnya tanpa harus melakukan upaya khusus dari si pengguna.

Pengertian Osi Layer

Osi Layer murapakan suatu standar dalam dunia komputer untuk dapat menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lain, sehingga komputer dapat memiliki sifat interporate atau yang mudah dimengerti dengan kata bahwa setiap developer dapat saling terhubung antara satu komputer dengan komputer lainnya. Sehingga para pengguna komputer tidak perlu bersusah payah tanpa harus melakukan upaya untuk dapat terhubung ke vendor dan developer yang berbeda.

Osi Layer sendiri merupakan standarisasi bagi setiap vendor dan developer untuk dapat membuat perangkat komputer. Sehingga semua orang dapat saling terhubung dan memudahkan orang jika bertukaran data atau apapun dengan developer dan vendor yang berbeda.

Tujuh Osi Layer yang Harus Ada

Adapun tujuh Osi Layer yang memudahkan kita untuk menggunakan komputer yang berbeda vendor dan developer adalah sebagai berikut :

  • Physical Layer

Bisa dibilang lapisan fisik ini yang paling penting. Tanggung jawab lapisan OSI ini adalah dalam hal mentransmisikan bit data. Tentu saja ini dilakukan dari lapisan fisik pengirim dan ditujukan ke lapisan fisik penerima.

Pada tahap ini data kemudian ditransmisikan dari sinyal yang didukung media fisik. Katakanlah seperti kabel, tegangan listrik, frekuensi radio atau bisa juga infra merah dan cahaya biasa.

  • Data Link Layer

Pada saat proses transmisi data sedang berlangsung, maka akan berpotensi terjadi kesalahan. Jadi ini merupakan tanggung jawab layer service layer data link OSI dimana tugasnya adalah melakukan pengecekan error.

Lapisan data link dalam urutan OSI juga memiliki tanggung jawab untuk membungkus bit ke dalam bingkai data. Selain itu, lapisan data link juga dapat mengatur skema pengamatan fisik seperti alamat MAC pada suatu jaringan.

Bahkan, kamu dapat mengatakan bahwa lapisan data link ini adalah salah satu yang paling rumit dari lapisan lainnya. Inilah sebabnya mengapa lapisan data link dibagi menjadi dua sub-lapisan, yaitu MAC (Media Access Control) dan LLC (Logical Link Control).

Tugas MAC itu sendiri adalah untuk mengontrol perangkat mana dalam jaringan yang dapat mengakses media dan izin saat mengirim data. LLC sendiri bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan mengenkapsulasi protokol lapisan jaringan dan mengendalikan pengecekan kesalahan.

  • Network Layer

Di antara 7 lapisan OSI yang ada, lapisan jaringan memiliki tugas untuk mendefinisikan alamat IP (Internet Protocol). Hal ini memungkinkan setiap komputer untuk akhirnya terhubung ke 1 jaringan. Tidak hanya itu, lapisan jaringan juga digunakan untuk melakukan proses perutean dan membuat header untuk paket data yang ada. Lapisan jaringan juga mengelola pemetaan antara alamat logis dan alamat fisik. Pada jaringan IP, pemetaan ini dilakukan melalui Address Resolution Protocol (ARP).

  • Transport Layer

Mengirim pesan antara 2 atau lebih host di jaringan adalah tanggung jawab lapisan transport.. Selain itu juga menangani pemisahan dan penggabungan pesan kemudian juga melakukan kontrol terhadap kehandalan jalur koneksi yang telah diberikan.

  • Session Layer

Tanggung jawab lapisan sesi adalah untuk mengontrol sesi koneksi dialog dan juga mengelola bahkan memutuskan koneksi internet dari komputer. Untuk membentuk sesi komunikasi, digunakan sirkuit virtual yang dibuat oleh lapisan OSI yang disebut lapisan transport.

  • Presentation Layer

Menentukan sintaks yang digunakan oleh host jaringan dalam berkomunikasi adalah tugas dari lapisan presentasi ini. Lapisan OSI ini juga bertanggung jawab untuk mengenkripsi dan mendekripsi informasi dan data sehingga selanjutnya dapat digunakan pada lapisan aplikasi.

  • Application Layer

Berbicara tentang penyediaan interface antar protokol jaringan pada aplikasi yang sudah ada di komputer, maka inilah tugas dari layer Application. Ini juga merupakan lapisan atas model OSI dan sering menyediakan layanan yang paling dibutuhkan aplikasi. Lapisan aplikasi menyediakan layanan yang dibutuhkan oleh aplikasi, seperti menyediakan antarmuka untuk Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), telnet dan File Transfer Protocol (FTP). Di sinilah aplikasi saling berhubungan dengan jaringan.

Tahap Kerja Osi Layer

Adapun dalam melaksanakan sistem kerjanya Osi Layer membutuhkan beberapa tahapan. Berikut adalah sebuah tahapan kerja dari OSI layer:

  • Application layer akan mengirim data ke komputer lain dengan memilih protokol (dalam hal ini SMTP) untuk menyampaikan data.
  • Presentation layer kemudian melakukan konversi terhadap email menjadi format yang kemudian mampu untuk dikenali jaringan.
  • Selanjutnya session layer bertugas untuk membentuk sesi perjalanan pada data email yang ada, lalu diproses pada bagian pengiriman, hingga akhirnya dikirimkan kepada tujuan data hingga pengiriman data email selesai dilaksanakan.
  • Kemudian pada transport layer pengirim akan memecah data dan dikumpulkan kembali pecahan data tersebut pada transport layer penerima.
  • Setelah itu network layer akan melakukan pembuatan alamat pengirim dan menuntun data sampai ke tujuan.
  • Lalu data link layer akan melakukan tugas dengan membentuk data menjadi suatu frame dan juga alamat fisik.
  • Kemudian di physical layerlah, data yang siap akan dikirim melalui medium jaringan ke lapisan transport penerima.
  • Kemudian diakhiri dengan alur yang berbalik dari physical layer secara berturut hingga kembali ke application layer pada komputer penerima.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian dan tujuh Osi Layer yang harus ada, serta tahap kerja Osi Layer. Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan Osi Layer. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Rumor Perceraian Makin Jelas? Nia Ramadhani Sudah 2 Bulan Ogah Pulang ke Rumah Ardi Bakrie?

Kabar tentang perceraian Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie sempat menghebohkan beberapa waktu lalu. Tepatnya saat Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie…

Kronologi Nikita Mirzani Diduga Hina Bacaan Salat, Gegara Video Dipotong-potong

Berikut kronologi artis Nikita Mirzani diduga hina bacaan salat. Kejadian ini berawal dari live instagram yang dilakukan Nikita Mirzani. Video…

Soal Pasangan Gay Ragil dan Fred di Podcast Deddy Corbuzier, DPR: Proses Hukum yang Melakukan Promosi LGBT

Anggota Komisi I DPR RI, H. Muhammad Iqbal mengkritik podcast Deddy Corbuzier yang menghadirkan pasangan gay atau LGBT dalam podcastnya…

Bisa Bikin Korbannya Merintih Kesakitan di Detik Terakhir Hidupnya, Neneng Umaya Ternyata Pakai Alat Tak Biasa Ini untuk Cabut Nyawa Selingkuhan Sang Suami

Demi habisi nyawa pelakor, alat yang digunakan Neneng Umaya (36) selaku istri sah terbilang janggal untuk lakukan kejahatan. Dilansir dari…

Ketuban Jessica Iskandar Pecah, Sosok Vincent Verhaag Panik Parah Tapi Justru Ditertawakan Jedar: Kamu Kontraksi, Aku Harus Ngebut-ngebut

Kabar bahagia datang dari pasangan artis, Jessica Iskandar dan Vincent Verhaag baru-baru ini. Bagaimana tidak? bayi yang dinanti-nantikan oleh Jessica…

Akui Wanita Hiperseks, Nikita Mirzani Ngaku Emosi Jika Miss V Miliknya Tak Ada yang Menyentuhnya

Kehidupan para artis kini bukan lagi jadi rahasia, hal itu karena seringnya para artis sendiri yang membocorkan soal kehidupan pribadinya,…

13 Tahun Nikah Hingga Dikaruniai 5 Anak, Wanita Ini Diceraikan karena Suami Mau Nikah Lagi

Walau berat, wanita bernama Nur Hidayu Rosly ini mencoba ikhlas menerima kenyataan bahwa sang suami, Imam Muda Syed Mohd Faris…

Bak ABG Lagi Kasmaran, Doddy Sudrajat Akui Ngebet Ingin Nikahi Sosok Wika Salim Hingga Nekat Lakukan Hal Ini!

Usai diceraikan oleh mantan istrinya, Puput, nyatanya tak membuat Doddy Sudrajat berhenti mencari pasangan. Bahkan baru-baru ini disebut-sebut sosok Doddy…

Nangis Sambil Pegang Alat Vital, Geger Video Syur Tersebar, Sosok Ini Selamatkan Chandrika Chika Dari Fitnah: hoax

Seleb Tiktok sekaligus talent dari RANS Entertainment, Chandrika Chika ramai gegerkan publik. Tak hanya diterpa hujataan usai dirinya disebut terseret…

Ternyata Syahrini Tutupi Kehamilan? Ucapan Reino Jadi Bukti, Bocor Panggilan Baru Incess: Insyaallah

Benarkah selama ini ternyata Syahrini menutupi kehamilannya di hadapan publik. Sudah tiga tahun menjalani biduk rumah tangga dengan Reino Barack,…