Pengertian dan Tipe Empiris Menurut Ahli, serta Definisi Empirisme, Tipe dan Karakteristik Empirisme

Pernahkah kamu mendengar istilah empiris? Ya, tentunya bagi kamu yang berkecimpung dalam penelitian tidak asing lagi dengan istilah empiris. Namun agar lebih memahami istilah tersebut, yuk simak ulasan mengenai pengertian dan tipe empiris menurut ahli, serta definisi empirisme, tipe dan karakteristik empirisme berikut!

Pengertian Empiris Menurut Ahli

Empiris adalah suatu keadaan yang didasarkan pada peristiwa atau kejadian nyata yang telah dialami dan diperoleh melalui penelitian, pengamatan atau percobaan yang telah dilakukan. Untuk lebih jelasnya, berikut pengertian empiris menurut beberapa sumber dan ahli:

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Jika membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia, kita akan menemukan pengertian empiris yang didasarkan pada pengalaman. Yaitu pengetahuan yang diperoleh dari suatu penemuan, percobaan, serta pengamatan yang telah dilakukan.

Empiris juga diartikan sebagai pengetahuan yang didasarkan pada pengalaman indrawi. Pengalaman indrawi di sini diartikan sebagai melihat, merasakan, mencium, mendengar, dan menyentuh seseorang pada sesuatu yang telah dipelajarinya.

Selain itu, data empiris ini menghasilkan apa yang dikenal sebagai bukti empiris. Bukti empiris ini merupakan sumber pengetahuan yang diperoleh dari pengamatan atau percobaan yang telah atau telah dilakukan. Bukti empiris di dalamnya mengandung informasi yang membenarkan suatu keyakinan, baik itu tentang kebenaran atau juga kebohongan dari suatu klaim empiris.

  • Yesmil Anwar & Adang: 2008

Pengertian empiris dalam sosiologi adalah ilmu yang didasarkan pada akal sehat, bukan spekulatif dan berdasarkan pengamatan terhadap kenyataan. Dimana pengertian empiris dalam sejarah adalah suatu kenyataan, artinya bukan mitos atau dongeng belaka karena sejarah memiliki sumber yang valid berdasarkan kajian dan pengamatan yang mendalam terhadap peristiwa atau peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lalu.

  • Hilman Hadikusuma (1995)

Menurut Hilman Hadikusuma penelitian empiris adalah penelitian yang menggali (explorer), mendeskripsikan (deskriptif) dan juga menjelaskan (explanator).

  • Amiruddin dan Zainal Asikin (2004)

Penelitian empiris adalah penelitian yang menitikberatkan pada suatu fenomena atau kondisi objek yang diteliti secara rinci dengan mengumpulkan fakta-fakta yang terjadi dan juga mengembangkan konsep-konsep yang ada.

  • Sugiyono (2013)

Empiris adalah metode pengamatan yang dilakukan oleh indera manusia, sehingga metode yang digunakan juga dapat diketahui dan juga diamati oleh orang lain.

  • Izzatur Rusuli (2015)

Empiris ini merupakan suatu gagasan yang sifatnya rasional yang dibentuk dan diperoleh individu melalui pengalaman.

Tipe Empiris

Dari beberapa definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa empiris ini adalah ilmu yang didasarkan pada peristiwa nyata yang telah dialami oleh panca indera manusia. Diperoleh dari pengamatan, pengalaman dan eksperimen yang telah dilakukan. Empirisme ini juga tidak dapat dipisahkan dari empirisme. Adapun bentuk empiris diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sosial

Empiris dalam bidang sosial sering terjadi di masyarakat. Ini berkaitan dengan pemecahan suatu masalah atau penelitian sosial. Empiris dalam bidang sosial juga perlu memperhatikan faktor lingkungan. Interaksi dan hubungan sosial juga memiliki pengaruh.

  • Ekonomi

Kegiatan ekonomi seringkali memerlukan data empiris untuk menentukan transaksi ekonomi. Seperti penentuan harga jual, penentuan penawaran, pengecekan dan sebagainya. Data empiris di lapangan perlu diketahui untuk menentukan perkembangan ekonomi.

  • Sains

Ilmu pengetahuan dan teknologi sangat kental dengan data empiris. Segala sesuatu yang berhubungan dengan penelitian ilmiah harus melalui pengujian untuk mengetahui data yang diperoleh secara objektif tanpa ada rekayasa. Empiris dalam bidang sains diperlukan untuk membuktikan kebenaran sesuatu karena pengetahuan adalah hasil dari mengamati realitas.

  • Kesehatan

Dalam bidang kesehatan, mengetahui data empiris diperlukan untuk mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan dunia medis. Misalnya seperti mengetahui penyebab timbulnya penyakit, mengetahui jenis penyakit dan upaya penyembuhan yang dapat dilakukan. Dalam dunia kesehatan, data empiris dapat diperoleh dengan melakukan uji laboratorium yang hanya dapat dilakukan oleh orang yang ahli di bidang kesehatan.

Kelebihan dan Kekurangan Empirisme

Kelebihan Empirisme

Kelebihan empirisme dari pengalaman indrawi adalah merupakan sumber pengetahuan yang sejati, karena empirisme ini menekankan pada fakta-fakta yang terjadi di lapangan.

Kelemahan Empirisme

  1. Indra terbatas, yakni menyangkut hal-hal yang jauh terlihat kecil
  2. Indranya menipu, misalnya pada orang yang sakit malaria, gula rasanya pahit, udara panas juga dingin. Hal ini akan menimbulkan pengetahuan empiris yang tentunya salah
  3. Objek yang menipu, yang contohnya seperti ilusi, fatamorgana. Jadi, objek sebenarnya tidak seperti yang dirasakan oleh indr; itu berarti dia menipu indra. Ini jelas dapat atau dapat menyebabkan indra yang salah
  4. Indra sekaligus objek, dimana empirisme ini lemah karena keterbatasan indera manusia.

Karakteristik Empirisme

Empirisme ini memiliki dua ciri utama, antara lain teori makna dan teori pengetahuan. Adapun penjelasan singkatnya adalah sebagai berikut:

  • Teori makna, yaitu teori yang menyatakan asal usul pengetahuan, seperti asal usul ide atau konsep
  • Teori pengetahuan, yaitu teori yang menyatakan bahwa semua kebenaran diturunkan dari kebenaran a posteriori atau juga kebenaran yang diperoleh melalui pengamatan

Demikian ulasan kami mengenai pengertian dan tipe empiris menurut ahli, serta definisi empirisme, tipe dan karakteristik empirisme. Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan kehamilan. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

‘Gak Ada Adab’ Bikin Geram! Keluarga Haji Faisal Tengah Khusyuk Berdoa di Makam Vanessa dan Bibi, Sosok Tak Dikenal Lancang Lakukan Ini pada Gala Sky

Belakangan netizen dibikin geram dengan ulah seseorang yang sudah kelewat batas. Nahloh, kenapa ya? Sebagaimana diketahui, keluarga Haji Faisal dikenal…

‘Mereka Melakukan Hubungan Seks’, Karier Syahrini Hampir Hancur Saat Boroknya Dengan Pria Bule Dibongkar Sosok Ini!

Nama Syahrini memang tak pernah lepas dari dunia keartisan termasuk gosip-gosip yang sering menerpa banyak selebritis. Bahkan Syahrini disebut salah…

Rumor Perceraian Makin Jelas? Nia Ramadhani Sudah 2 Bulan Ogah Pulang ke Rumah Ardi Bakrie?

Kabar tentang perceraian Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie sempat menghebohkan beberapa waktu lalu. Tepatnya saat Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie…

‘Dulu Waktu Hamil Diceraiin Ya’ Nikita Mirzani Tertawa Puas! Tersindir Tingkah Ussy Sulistiawaty yang Pamer Suami, Janda Dipo Latief Kuliti Masa Lalu Pahit Istri Andhika Pratama: Kayak Gak Pernah Janda Aja!

Bukan Nikita Mirzani jika tak menuai kontroversi. Nama Nikita Mirzani memang kerap disebut sebagai artis kontroversial. Ia kerap membuat kehebohan…

Pasangan Gay Ragil Mahardika-Frederik Vollert Mengaku Bisa Bantu Deddy Corbuzier Berfantasi Menyukai Sesama Jenis

Pasangan sesama jenis alias gay Ragil Mahardika dan Frederik Vollert diundang oleh Deddy Corbuzier di podcast-nya pada Sabtu 7 Mei…

Ketuban Jessica Iskandar Pecah, Sosok Vincent Verhaag Panik Parah Tapi Justru Ditertawakan Jedar: Kamu Kontraksi, Aku Harus Ngebut-ngebut

Kabar bahagia datang dari pasangan artis, Jessica Iskandar dan Vincent Verhaag baru-baru ini. Bagaimana tidak? bayi yang dinanti-nantikan oleh Jessica…

Nangis Sambil Pegang Alat Vital, Geger Video Syur Tersebar, Sosok Ini Selamatkan Chandrika Chika Dari Fitnah: hoax

Seleb Tiktok sekaligus talent dari RANS Entertainment, Chandrika Chika ramai gegerkan publik. Tak hanya diterpa hujataan usai dirinya disebut terseret…

Ditagih Utang Oleh Seorang Ibu, Yusuf Mansur Marah: Geblek Bener Sih Lu!

Percakapan dalam sebuah video yang diduga antara seorang Ibu-ibu dengan pengusaha Jamaan Nurchotib Mansur alias Ustaz Yusuf Mansur viral di…

Rizky Febian Dikabarkan Lamar Mahalini Tanpa Didampingi Ayahnya, Sosok Sule Beberkan Hal Mengejutkan Soal Restu: Penting Kasih Tahu

Jadi rahasia publik, perjalanan asmara Rizky Febian dan Mahalini Raharja diketahui kian hari kian lengket. Enggan berlama-lama pacaran, kabarnya Rizky…

PEDIH Hati Istri Diselingkuhi Suami dengan Janda saat Hamil, Langsung Buat Perjanjian Tuntut Harta

Tiap pasangan pasti mendambakan hubungan langgeng dan bahagia. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada…