Pengertian CSS, Jenis – Jenis CSS dan Manfaat CSS

Pengembangan website menggunakan HTML atau PHP saja tidak cukup. Kamu membutuhkan CSS yang dapat mengatur seluruh tampilan website agar terlihat lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Oleh karena itu perlu diketahui apa itu CSS dan fungsinya.

CSS sangat berguna dalam proses pengembangan website. Apalagi sekarang ini hampir setiap website menggunakan CSS sebagai alat untuk mengatur berbagai tampilan di dalamnya.

Dalam sebuah website, selalu ada dokumen, gambar, dan teks. Dokumen di sini tidak seperti yang disimpan di komputer (PDF, Word, dll), tetapi dalam bentuk HTML dan CSS.

Nah untuk mengetahui apa itu CSS, yuk simak ulasan kami mengenai pengertian CSS beserta jenis dan manfaatnya berikut ini.

Pengertian CSS

CSS (Cascading Style Sheet) adalah kumpulan perintah yang digunakan untuk menggambarkan tampilan halaman web dalam bahasa mark-up.

Salah satu contoh bahasa mark-up mereka yang paling populer adalah HTML (Hypertext Mark Up Language) yang tergolong bahasa pemrograman standar dan biasa digunakan dalam membuat halaman web. Awalnya dibuat pada tahun 1996, CSS sendiri digunakan untuk memformat halaman.

Selain itu, masalah seperti tag font yang diperkenalkan oleh HTML menyebabkan banyak masalah bagi pengembang, karena situs web membutuhkan font, warna latar belakang, dan gaya agar CSS dapat menyelesaikan masalah ini.

Pada dasarnya HTML dan CSS memiliki hubungan yang sangat erat, sehingga kinerja keduanya tidak dapat dipisahkan. HTML sendiri merupakan bahasa markup dan gaya perbaikan CSS, kedua bahasa pemrograman ini harus terus berjalan beriringan.

Selain hal teknis, CSS juga mempengaruhi tampilan sebuah website. Para pemilik website tentu tidak menginginkan tampilan artikel tanpa modifikasi apapun.

Jenis – Jenis CSS

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, CSS adalah program yang berfungsi sebagai alat untuk mendesain situs web yang mengandung elemen HTML.

CSS akan mengatur warna, ukuran, font, dan lainnya. CSS dapat dibedakan berdasarkan cara penggunaannya, sebagai berikut:

1). Inline style sheets

Model CSS ini adalah CSS dengan perintah pemrograman yang terletak pada objek. Misalnya, jika Anda ingin mengubah posting pada halaman tertentu di situs web, style sheet CSS sebaris harus dilampirkan ke elemen teks. Kamu hanya perlu menambahkan tag <style> untuk menerapkan CSS ini.

2). External style sheets

Selanjutnya ada External style sheets. CSS ini terletak berbeda dari halaman yang akan diubah.

Metode ini lebih praktis daripada inline style sheet karena menghemat ruang dan dapat digunakan berulang kali untuk halaman web yang berbeda.

Kamu dapat mengidentifikasi jenis CSS ini melalui tag &lt;link rel&gt;. Tag ini akan menautkan halaman pengkodean ke lembar gaya CSS eksternal yang terpisah.

3). Embedded style sheets

Model CSS ini sama dengan style sheet inline, keduanya pada halaman coding yang sama. Jadi tidak mengherankan jika lembar gaya tertanam kadang-kadang disebut sebagai lembar gaya internal. Biasanya CSS ini diapit oleh tag <head> </head> dan diawali dengan tag <style>.

Embedded style sheet sering digunakan untuk mengatur halaman web dengan tampilan yang unik. Misalnya, dalam satu paragraf penulisan ada kalimat yang berbeda dan terus berulang.

Manfaat CSS

CSS sebagai inovasi pengembangan website, memungkinkan beberapa inovasi untuk layout halaman web. Selain itu, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan CSS:

1). CSS Menjadi Standar Pengembangan Situs Web

Hampir semua website di internet menggunakan CSS di dalamnya. Selain tampilannya yang lebih menarik, browser terpopuler saat ini juga mendukung CSS.

Jadi jika kamu ingin mengembangkan situs web yang sesuai dengan standar browser populer, maka kamu harus menggunakan CSS.

2). Mempercepat Proses Desain

Kamu dapat menulis CSS sekali dan kemudian menggunakan kembali lembar yang sama di beberapa halaman HTML.

Kamu juga dapat menentukan gaya untuk setiap elemen HTML dan menerapkannya ke halaman Web sebanyak yang diinginkan.

3). Memuat Halaman Lebih Cepat

Jika kamu menggunakan CSS, maka tidak perlu menulis atribut tag HTML setiap saat. Cukup tulis satu aturan CSS dari sebuah tag dan terapkan ke semua kemunculan tag tersebut. Jadi lebih sedikit kode berarti waktu pengunduhan lebih cepat.

4). Proses Perawatan yang Mudah

CSS memudahkan untuk mengubah tampilan di berbagai halaman. Hanya dengan mengubah fungsi style pada file CSS maka semua tampilan yang menggunakan fungsi tersebut akan berubah secara otomatis.

5). Lebih Beragam Gaya Daripada HTML

CSS memiliki lebih banyak atribut daripada HTML sehingga kamu memiliki lebih banyak pilihan untuk tampilan halaman website.

6). Kompatibel Dengan Berbagai Perangkat

CSS memungkinkan konten Anda dioptimalkan di lebih dari satu perangkat. Misalnya saat memproses dokumen. Jika Anda menggunakan CSS, Anda dapat menyesuaikan tampilan dokumen pada versi lama perangkat maupun pada versi baru.

Demikian artikel kami tentang pengertian CSS lengkap dengan jenis dan manfaat CSS. Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah pengetahuan kamu tentang CSS. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Doddy Sudrajat Dilaporkan ke Polda Metro Jaya Terkait Pencemaran Nama Baik

Ayah artis Vanessa Angel, Doddy Sudrajat dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan kasus pencemaran nama baik. Laporan itu dilayangkan…

Gaji PNS Tahun 2022 Makin Menggiurkan, Kabarnya Minimal Jadi Rp 9 Juta, Berikut Daftar Gaji ASN dari Berbagai Golongan

Wacana gaji PNS minimal Rp 9 juta per bulan ramai diperbincangkan di awal tahun 2022. Pasalnya, rencana peningkatan gaji PNS…

Semua Hancur Setelah Krisdayanti Datang, Sechah Sagran Ungkap Indahnya Perjuangan Cinta Raul Lemos yang Rela Jungkir Balik Demi Bisa Menikahinya: ‘Saya Pasrah’

Sosok Raul Lemos memang tak pernah sepi dari kontroversi. Hal itu terjadi setelah ia menikahi Diva Indonesia, Krisdayanti 10 tahun…

Doddy Sudrajat Ingin Bawa Gala Sky, Fuji: Lewati Dulu Mayat Gue

Fujianti Utami alias Fuji mengaku heran dengan kedatangan Doddy Sudrajat ke rumah ayahnya untuk membawa Gala Sky jalan-jalan ke Ancol.…

Dalang Utamanya Bukan Doddy Sudrajat? Faisal Curigai Ada yang Hasut Ayah Vanessa Angel, Denny Sumargo: Apa Sih yang Mereka Incar?

Dari sejumlah hal yang dipermasalahkan Doddy Sudrajat, rencana melakukan tes DNA pada Gala Sky cukup membuat publik kaget. Doddy Sudrajat…

Pengertian Fotografi, Jenis – Jenis, Teknik dalam Fotografi dan Manfaat Fotografi

Istilah fotografi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Fotografi merupakan salah satu bidang seni yang cukup digemari banyak orang.…

Bak Petir di Siang Bolong, Ivan Gunawan Umumkan Kelahiran Putra Pertama, Sederet Artis Beri Respon Tak Terduga, Deddy Corbuzier Melotot Ditagih Kado

Desainer kondang Ivan Gunawan tiba-tiba mengumumkan kelahiran bayi laki-laki yang ia sebut sebagai anak pertamanya. Ivan Gunawan bahkan sudah menagih…

Pengertian Data Mining, Proses, Fungsi dan Manfaat Data Mining

Jika kamu ingin membangun karir sebagai seorang data scientist, maka kemampuan di bidang data mining adalah hal yang harus dimiliki.…

Kondisi Aurel Hermansyah Mengkhawatirkan, Istri Atta Halilintar hingga Tak Bisa Lahiran Secara Normal

Tak terasa, tinggal dua bulan lagi Aurel Hermansyah akan resmi menjadi seorang ibu. Menuju hari H persalinannya, Aurel Hermansyah sudah…

Bikin Tamu Undangan Menjerit, Pengantin Pria Malah Putar Video Intim antara Mempelai Wanita dengan Iparnya, Kebenaran di Baliknya Bikin Emosi

Pernikahan pasangan ini menjadi kacau balau. Bahkan, ratusan tamu undangan pun menjerit syok usai melihat kelakuan pengantin pria. Bagaimana tidak,…