Pengertian Corel Draw, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Corel Draw

Bagi para desainer grafis, Corel Draw bukanlah software baru. Karena fungsinya sebagai pengolah grafis, software ini sangat membantu dalam pembuatan gambar atau sketsa tertentu.

Apalagi mengingat fitur-fiturnya yang sangat lengkap, Corel Draw semakin melekat di hati para desainer grafis. Tak heran jika banyak perusahaan (terutama yang bergerak di bidang percetakan) menggunakan Corel Draw sebagai aplikasi yang wajib dimiliki.

Nah kali ini kita akan membahas tentang Corel Draw itu sendiri. Yuk simak ulasan kami tentang pengertian corel draw, manfaat serta kelebihan dan kekurangan corel draw berikut ini.

Pengertian Corel Draw

CorelDraw adalah software desain berbasis vektor yang digunakan untuk membuat gambar dua dimensi seperti logo, brosur, kartu undangan, dan segala macam desain vektor berbasis garis.

Grafik vektor mengacu pada ilustrasi yang dibuat berdasarkan hubungan antara titik, garis, dan kurva. Berbeda dengan program grafik raster, yang membuat gambar piksel demi piksel, menentukan lokasi dan warna gambar titik demi titik.

Keuntungan dari grafik vektor adalah mudah untuk dikustomisasi tanpa kehilangan kualitas. Karena panjang garis, kurva dan titik dapat diskalakan secara proporsional sesuai dengan grid. Grafik vektor juga dapat menggunakan ukuran file yang lebih kecil pada penyimpanan daripada grafik raster.

Corel draw adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh Corel Corporation, sebuah perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Ottawa, Kanada dan banyak digunakan di bidang publikasi, percetakan, dan bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.

CorelDraw menyediakan banyak fitur untuk mengedit grafik. Fitur CorelDraw termasuk penyesuaian kontras, keseimbangan warna, menambahkan efek khusus, memungkinkan pekerjaan multi-layer dan multi-halaman.

Program inti CorelDraw telah berkembang selama bertahun-tahun untuk memasukkan fitur-fitur baru. Seperti fitur untuk menggabungkan grafik dan teks serta mengubah gambar raster menjadi grafik vektor.

Fungsi Corel Draw

Corel Draw menawarkan berbagai keuntungan bagi penggunanya. Sebagai program yang banyak digunakan untuk proses visualisasi.

Corel Draw dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik dan tidak kalah dengan bitmap meskipun berbasis vektor. Berikut ini adalah beberapa fungsi dan kegunaan dari Corel Draw:

1). Membuat Gambar Vektor

Vektor adalah jenis gambar yang jika diperbesar (zoom) hasilnya tidak akan pecah. Untuk membuat gambar vektor, hanya ada beberapa software yang sudah mendukungnya, dan salah satu yang paling terkenal adalah Corel Draw.

2). Pembuatan Ilustrasi

Saat ini kebutuhan akan ilustrasi cukup tinggi untuk berbagai keperluan, seperti iklan. Dengan Corel Draw, dimungkinkan untuk membuat ilustrasi, dan hasilnya terkenal dengan kualitasnya yang tinggi.

Dalam corel draw, pengguna mendapatkan banyak pilihan fitur. Bahkan setiap bagian fitur dapat dipadukan dengan sebuah gambar untuk menghasilkan desain yang menarik.

3). Pembuatan Kartun

Jika kamu berpikir bahwa harus menggunakan software yang rumit untuk membuat kartun, maka anggapan itu salah. Karena kamu juga bisa membuat kartu dengan menggunakan software sederhana seperti Corel Draw.

Pembuatan kartu 2D bisa dilakukan dengan Corel Draw. Hasil kartun dari Corel Draw tidak kalah dengan software lain. Bahkan jika kamu memiliki sisi kreatif yang tinggi, hasilnya akan lebih baik.

Kelebihan dan Kekurangan Corel Draw

Corel Draw memiliki beberapa keunggulan yang sebenarnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun dibalik kelebihannya, ada juga kekurangannya.

Berikut ini adalah penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan Corel Draw:

Kelebihan Corel Draw

Berikut dibawah ini kelebihan Corel Draw, antara lain.

1). Lebih Ramah Pengguna

Untuk pengguna biasa, CorelDraw terlihat lebih ramah daripada AI (adobe illustrator). Tampilan Coreldraw sederhana dan pengguna mungkin lebih terbiasa karena layout dan warna background mirip dengan MS Word. Sedangkan fitur AI lebih kompleks dan tersembunyi.

2). Format File yang Lengkap

Coreldraw memiliki banyak format save data baik untuk keperluan import maupun export data. Bahkan CorelDraw menyediakan format AI, artinya data yang dibuat di CorelDraw juga bisa dibuka di Adobe Illustrator.

3). Resolusi Tinggi

CorelDraw menyediakan resolusi atau kapasitas gambar yang besar, ukuran mulai dari inci, milimeter, sentimeter hingga kilometer. Sehingga software ini cocok digunakan pada industri yang terkadang harus mencetak gambar dalam skala gambar yang besar.

4). Mudah Digunakan

Dalam corel draw terdapat fitur help hingga bantuan online. Ada juga berbagai menu yang mudah dipelajari dan familiar untuk para penggunanya.

Kekurangan Corel Draw

Berikut dibawah ini kekurangan Corel Draw, antara lain.

1). Ukuran File Besar

Aplikasi ini membutuhkan penggunaan PC yang memiliki spesifikasi mumpuni dan di sektor RAM yang tinggi karena ukuran file mentah yang dihasilkan bisa cukup besar. Apalagi jika desainnya terbilang kompleks.

2). Sulit untuk Membuat Tabel

Karena berbasis vektor, membuat tabel di Corel Draw agak sedikit sulit karena membutuhkan beberapa klik untuk mendapatkan hasil tabel yang diinginkan.

3) Ruang Warna Harus Dikoreksi Sebelum Digunakan Secara Profesional

Masalah terbesar yang dihadapi oleh desainer grafis saat menggunakan Corel Draw adalah akurasi warna palet yang disediakan. Tak jarang, warna yang digunakan tidak sesuai dengan hasil cetakan.

Demikian artikel kami mengenai pengertian corel draw lengkap dengan manfaat serta kelebihan dan kekurangan corel draw. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai corel draw. Terima kasih sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Vicky Prasetyo Telah 25 Kali Kawin Cerai, Nikita Mirzani Sebut Ukuran Mr P-Nya Tidak Normal: Seperti Anakonda…

Siapa sih yang tak kenal dengan sosok Vicky Prasetyo? Beberapa waktu lalu Vicky Prasetyo menjadi sorotan usai pernikahannya dengan Kalina…

‘Dulu Waktu Hamil Diceraiin Ya’ Nikita Mirzani Tertawa Puas! Tersindir Tingkah Ussy Sulistiawaty yang Pamer Suami, Janda Dipo Latief Kuliti Masa Lalu Pahit Istri Andhika Pratama: Kayak Gak Pernah Janda Aja!

Bukan Nikita Mirzani jika tak menuai kontroversi. Nama Nikita Mirzani memang kerap disebut sebagai artis kontroversial. Ia kerap membuat kehebohan…

Sampai Tanam Benang di Alat Vital Meski Jadi Istri Keempat, Hidup Sosok Artis Seksi Ini Berubah 180 Derajat, Begini Kabarnya!

Nama Five Vi, sempat masuk jajaran artis cantik dan seksi Tanah Air kala awal masuk ke dunia hiburan. Bahkan sosok…

Akui Wanita Hiperseks, Nikita Mirzani Ngaku Emosi Jika Miss V Miliknya Tak Ada yang Menyentuhnya

Kehidupan para artis kini bukan lagi jadi rahasia, hal itu karena seringnya para artis sendiri yang membocorkan soal kehidupan pribadinya,…

10 Potret Ragil Mahardika Mudik Bareng Suami, Bak Honeymoon di Bali

Ragil Mahardika akhirnya mudik ke Indonesia setelah sekian tahun menetap di Jerman. Tak lupa, pria asal Medan ini membawa serta…

Ditagih Utang Oleh Seorang Ibu, Yusuf Mansur Marah: Geblek Bener Sih Lu!

Percakapan dalam sebuah video yang diduga antara seorang Ibu-ibu dengan pengusaha Jamaan Nurchotib Mansur alias Ustaz Yusuf Mansur viral di…

Ikhlas Meski Diperlakukan Bak Pembantu, Angelina Sondakh Tak Masalah, Asalkan Bisa Bisa Lebih Dekat dengan Sosok Keanu Massaid

Angelina Sondakh rela melakukan apa pun agar Keanu Massaid putranya mau dekat dengannya. Bahkan, wanita yang akrab disapa Angie ini…

Punggung Luna Maya Ditepuk, Video Mantan Ariel NOAH Akrab dengan Sosok Pria di Belakang Panggung Viral, Netizen Geger Tahu Sosoknya

Kedekatan Luna Maya dengan sosok pria ini di belakang panggung memicu keterkejutan netizen. Sebab, tak satu orang pun menyangka Luna…

‘Mereka Melakukan Hubungan Seks’, Karier Syahrini Hampir Hancur Saat Boroknya Dengan Pria Bule Dibongkar Sosok Ini!

Nama Syahrini memang tak pernah lepas dari dunia keartisan termasuk gosip-gosip yang sering menerpa banyak selebritis. Bahkan Syahrini disebut salah…

PEDIH Hati Istri Diselingkuhi Suami dengan Janda saat Hamil, Langsung Buat Perjanjian Tuntut Harta

Tiap pasangan pasti mendambakan hubungan langgeng dan bahagia. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada…