Pengertian Buku Digital, Fungsi, Jenis Serta Kelebihan dan Kekurangan Buku Digital

Era digital seperti sekarang membuat segala sesuatu hadir dalam versi digital, termasuk buku digital yang juga dikenal dengan ebook (electronic book).

Buku digital atau ebook merupakan salah satu jenis literasi masa kini yang hadir dalam format digital. Awal kehadirannya disebut akan menggeser buku fisik.

Namun, antara ebook dan buku fisik saling berdampingan dan serasi hingga saat ini. Karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang saling melengkapi.

Maka ketika ada kekurangan yang dirasakan pembaca, maka beralihlah ke versi lain untuk menutupi kekurangan tersebut.

Misalnya seperti saat ini, untuk mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), seorang guru atau dosen tentu tidak mengizinkan berbagi bacaan dalam bentuk fisik.

Agar materi dapat disampaikan dengan bantuan buku, guru maupun dosen yang bersangkutan memilih menggunakan buku elektronik.

Begitu pula sebaliknya, saat di kelas kemungkinan perangkat yang digunakan terlalu kecil atau karena alasan lain.

Sehingga penggunaan buku digital dikesampingkan, maka penggunaan buku fisik diprioritaskan. Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai buku digital, yuk simak ulasan kami berikut ini.

Pengertian Buku Digital

Buku digital atau yang disebut juga dengan Ebook adalah jenis buku atau bacaan yang berbentuk softcopy atau elektronik yang kemudian dapat dibaca dengan menggunakan perangkat digital, baik smartphone maupun komputer (PC dan laptop).

Walaupun bentuknya softcopy, namun, dari segi tampilan, ternyata buku digital ini sama persis dengan buku pada umumnya. Seperti terdapat halaman sampul, ada bagian pendahuluan, ada bagian bab demi bab, nomor halaman, dan sebagainya.

Pembaca e-book juga akan membuka lembar demi lembar dengan sapuan jari di layar perangkat elektronik atau perangkat digital. Sehingga dari segi isi dan tampilan tentunya akan tetap sama dengan buku fisik.

Buku elektronik ini kemudian memanjakan siapa saja yang lebih nyaman membaca di depan perangkat elektronik.

Sekaligus membantu terselenggaranya kegiatan membaca dan kegiatan lain yang berhubungan dengan kegiatan membaca yang dapat dilakukan kapan saja, dimana saja, dan oleh siapa saja.

Selain itu, format elektronik untuk buku digital pada dasarnya cukup bervariasi. Mulai dari format HTML, PDF, TXT, XML, Mobi, dan lain sebagainya.

Namun, kebanyakan datang dalam format PDF, kecuali beberapa penerbit yang menggunakan format lain agar terlihat sama persis seperti saat membuka buku konvensional.

Fungsi dan Manfaat Buku Digital

Kehadiran buku elektronik atau ebook ini tentunya memiliki sejumlah fungsi dan manfaat yang menjadikannya diinginkan dan dibutuhkan.

Secara umum fungsi dan manfaat buku dalam format digital antara lain:

1). Media Informasi

Fungsi dan manfaat buku digital yang pertama adalah sebagai media informasi, hal ini sama dengan fungsi dan manfaat buku konvensional yang dicetak pada media kertas. Hanya saja untuk buku elektronik sifatnya sebagai media informasi yang lebih efektif.

Disebut lebih efektif karena e-book lebih mudah dibuat dan kemudian dibagikan oleh penulisnya. Karena format elektronik memungkinkan jenis buku ini dapat dikirimkan secara gratis, karena dapat dikirim melalui email, aplikasi instant messaging, fitur messaging di media sosial, dan lain sebagainya tanpa menggunakan jasa ekspedisi.

Hal ini membuat penyampaian atau penyebaran informasi dalam buku elektronik berkali-kali lebih cepat dibandingkan dengan buku fisik.

Selain itu, dengan sifatnya yang elektronik, mudah untuk dipublikasikan dan diakses oleh masyarakat luas. Misalnya, hanya mengunggahnya di situs web atau blog pribadi.

Setiap pengunjung blog dan website memiliki kesempatan untuk mendownload e-book dan membaca informasi yang terkandung di dalamnya.

Pembaca dapat lebih mudah memahami isi buku melalui tampilan yang menarik dan detail dengan penambahan alat bantu untuk menjelaskan informasi, seperti gambar dan video serta bentuk lainnya.

2). Media pembelajaran

Fungsi buku digital selanjutnya yang sama dengan buku konvensional adalah sebagai media pembelajaran. Buku elektronik sudah umum digunakan untuk media belajar dan mengajar baik di sekolah maupun di perguruan tinggi. Karena buku menjadi literasi atau referensi yang valid diantara referensi valid lainnya.

Meskipun fungsinya sama dengan buku konvensional, buku elektronik dapat menjadi media pembelajaran yang lebih efisien.

Dikatakan demikian karena materi dalam e-book dibuat lebih mudah untuk dipahami. Sehingga kegiatan belajar menjadi lebih cepat dipahami dan cepat dihafal.

Selain itu, harga buku elektronik cenderung lebih murah, sehingga membantu pelajar dan mahasiswa memiliki buku pembelajaran yang lebih hemat.

Jenis atau tema dan materi dalam e-book juga lebih beragam. Sehingga tidak akan sulit untuk mencari bahan ajar yang dibutuhkan.

Selain itu, e-book juga mudah didapat. Baik pendidik maupun siswa tentunya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mencari buku yang sesuai dengan kebutuhannya.

Proses pembelajaran dapat segera dilaksanakan, sehingga buku elektronik memberikan efisiensi yang lebih baik dalam kegiatan pembelajaran.

3). Media Mengungkapkan Ide Baru

Kegiatan menulis sama halnya dengan menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan. Setiap penulis tentu merasa bersyukur dengan hadirnya buku digital karena merupakan media untuk menuangkan ide-ide baru yang cukup menguntungkan.

Karena seorang penulis dapat mengekspresikan idenya dan mempublikasikannya dengan lebih mudah dan murah. Sejak buku elektronik dikenal masyarakat, banyak penulis dapat menghemat biaya pencetakan dan pemahaman.

Karena tidak perlu lagi mengeluarkan biaya cetak, dan biaya penerbitan atau pemasaran juga lebih ringan. Hal ini menjadikan e-book sebagai media untuk mengekspresikan ide-ide baru yang lebih bersahabat. Selain itu, penulis juga dapat mempublikasikan tulisannya secara mandiri.

Misalnya hanya menggunakan jasa penerbit untuk mengurus ISBN, kemudian menjual atau memasarkannya sendiri. Baik di akun media sosial pribadi maupun dijual di blog pribadi dan untuk kalangan sendiri.

Hal ini mendorong penulis untuk lebih produktif tanpa khawatir modal yang disediakan untuk publikasi jauh dari mencukupi.

4). Media Bisnis

Buku digital juga berfungsi sebagai media bisnis, di mana banyak perusahaan menggunakan buku ini untuk merek dan mempromosikan produk dan layanan.

Jenis buku ini mudah dibuat dan desainnya dapat dibuat menarik dan disesuaikan dengan konsep perusahaan.

E-book ini dapat memuat profil perusahaan, jenis produk yang disediakan, syarat dan ketentuan pembelian, jaminan, dan lain sebagainya secara detail.

Bisa juga dibuat terpisah sehingga satu ebook hanya berisi company profile, ebook lain hanya berisi list atau katalog produk, dan lain sebagainya.

E-book ini kemudian ditampilkan di situs web perusahaan dan diberikan secara gratis kepada pengunjung. Dapat juga diberikan hanya kepada pelanggan yang telah melakukan pembelian.

Sehingga perusahaan dapat memberikan edukasi tentang produk, baik manfaat maupun kegunaannya sebagai nilai tambah.

Kelebihan dan Kekurangan Buku Digital

Berikut dibawah ini kelebihan dan kekurangan buku digital, antara lain sebagai berikut.

Kelebihan Buku Digital

Hal penting berikutnya yang harus dipahami dari buku digital adalah keunggulan yang ditawarkannya.

Dibandingkan dengan buku konvensional, buku dalam format digital memiliki sejumlah keunggulan yang menarik. Itu adalah:

1). Praktis

Keunggulan pertama adalah buku elektronik ini praktis, karena tidak bersifat fisik, sehingga cukup disimpan di smartphone atau flashdisk dan laptop. Saat dibutuhkan, buka saja dan tidak lagi mengeluh tas terasa berat dan berisi banyak buku tebal.

2). Hemat Ruang

Mengingat buku elektronik ini tidak memiliki fisik, karena berbentuk softcopy dan tidak dicetak di atas kertas. Kemudian hemat tempat, karena kamu tidak perlu lagi menyediakan ruang untuk menyimpan koleksi buku kamu. Semua sudah tersimpan di perangkat yang digunakan untuk membacanya.

Hanya saja, jika memang suka membaca maka koleksi buku digital terus bertambah. Secara otomatis kamu perlu menambah kapasitas penyimpanan perangkat yang digunakan untuk menyimpan dan membacanya. Namun jangan khawatir, karena saat ini proses peningkatan kapasitas penyimpanan cenderung murah.

3). Akses mudah

Berkat bentuknya yang tidak memiliki wujud fisik dan berupa softcopy, maka buku elektronik menjadi mudah untuk diakses.

Artinya, bisa dibaca atau dibuka di berbagai jenis perangkat. Mulai dari smartphone, kemudian bisa juga dibuka di PC dan laptop dimana tersedia aplikasi untuk membuka format buku elektronik.

Misalnya, saat membaca buku dalam format PDF, pastikan smartphone kamu memiliki aplikasi pembaca PDF (PDF reader).

Menariknya, e-book juga mudah ditemukan, diperoleh, dan kemudian dimiliki. Karena bisa ditemukan di website, marketplace, media sosial, dan lain sebagainya.

4). Ekonomis

Pada dasarnya buku elektronik yang banyak ditemui di internet hadir dalam dua versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Jika dilihat dari perbedaannya, maka terdapat perbedaan tujuan penulis dan penerbit.

Ada banyak e-book gratis yang dapat ditemukan di berbagai media digital, tetapi begitu juga e-book berbayar. Namun, informasi dalam e-book berbayar biasanya detail dan membawa materi yang hanya disampaikan oleh ahlinya.

Selain itu, bagi kamu yang memilih untuk membeli buku elektronik sama saja dengan memberikan dukungan kepada penulisnya dalam berkarya. Kamu juga menghargai kerja keras penulis dalam menyusun e-book.

Jadi, membeli buku elektronik juga merupakan keputusan dan harganya cenderung lebih murah daripada buku konvensional.

Sehingga tetap hemat tapi dijamin bermartabat, karena tidak membaca buku bajakan yang haram.

5). Ramah lingkungan

Kertas yang digunakan untuk mencetak buku tersebut berasal dari batang pohon yang diolah sedemikian rupa oleh pabrik.

Semakin banyak buku yang dicetak di atas kertas, semakin banyak pohon di bumi yang ditebang. Hal ini tentu saja mendorong deforestasi dan pemanasan global.

Oleh karena itu, bagi kamu yang memperhatikan lingkungan, kamu bisa memprioritaskan buku digital. Karena dijamin lebih ramah lingkungan karena tidak dicetak di media kertas.

6). Kustomisasi

Kelebihan lainnya adalah fasilitas kustomisasi untuk e-book yang meningkatkan kenyamanan dan pengalaman membaca buku.

Misalnya, tampilan buku bisa diperbesar agar lebih jelas terbaca. Kemudian dapat ditampilkan secara vertikal atau horizontal sesuai dengan kebutuhan pembaca.

Kekurangan Buku Digital

Hanya saja selain memiliki segudang kelebihan, buku digital diketahui juga memiliki sejumlah kekurangan yaitu:

1). Membutuhkan Perangkat

Kelemahan atau kelemahan pertama dari e-book adalah bahwa mereka membutuhkan perangkat. Sifat non-fisiknya membuatnya hanya terbuka di perangkat khusus.

Sehingga tidak bisa diakses oleh yang tidak memiliki perangkat, bisa jadi karena belum membeli, perangkat rusak, dan lain sebagainya.

2). Dampak pada Kesehatan Mata

Kebutuhan buku elektronik untuk diakses di perangkat elektronik seperti smartphone dan komputer kemudian berdampak negatif bagi kesehatan.

Menatap layar smartphone dan komputer terlalu lama bisa membuat mata cepat kering dan lelah.

Belum lagi dampak radiasi, sehingga perlu memakai pelindung seperti kacamata radiasi. Artinya pembaca perlu merogoh kocek lebih dalam untuk membeli kacamata tersebut agar risiko efek radiasi bisa diminimalisir.

3). Rawan Pembajakan

Penulis yang memutuskan untuk menerbitkan buku dalam format digital juga memiliki risiko pembajakan yang tinggi.

Karena ketika salah satu pembeli mendapatkan buku secara utuh, ada kemungkinan pembeli ini akan menjualnya kembali ke masyarakat luas dan tentunya dengan harga yang lebih murah.

Hal ini dimungkinkan karena format digital membuat e-book mudah untuk dibagikan. Sehingga resiko pembajakan buku cukup tinggi dan penulis perlu memahami solusi terbaik

Demikian artikel kami tentang buku digital atau ebook, beserta fungsi, jenis serta kelebihan dan kekurangan buku digital.

Semoga bisa menjadi salah satu bahan referensi kamu mengenai buku digital. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Lirik Lagu Tetep Neng Ati – Om Wawes

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

‘Saya Takut’ Dengar Nama Irwan Mussry, Raffi Ahmad Langsung Batalkan Rencananya untuk Sosok Desy Ratnasari

Untuk mendekati Desy Ratnasari, Raffi Ahmad rupanya pernah niat bersaing dengan Irwan Mussry. Namun ketika mendengar nama Irwan Mussry, rencana…

Kronologi Dugaan Pemukulan oleh Iko Uwais, Berawal Cekcok Saat Ditagih Uang Pelunasan Jasa oleh Korban

Polda Metro Jaya mengungkapkan kronologi dugaan kasus pemukulan yang dilakukan aktor Iko Uwais terhadap seseorang di kawasan Bekasi, Jawa Barat.…

Lirik Lagu Memilih Lepaskan – Nabila Maharani

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Batak Gara – Tongam Sirait

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lama Tinggalkan Indonesia, Perubahan Drastis Lekuk Tubuh Syahrini, Istri Reino Barack Hamil?

Membahas mengenai kontroversional Syahrini tak henti-hentinya menjadi perbincangan warganet Indonesia. Menjadi publik figur sudah tentu dirinya menjadi sorotan banyak orang.…

Lirik Lagu Ojo Dibandingke – Happy Asmara

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Besarnya Bra Kalina Bikin Sabrina Istri Cantik Deddy Corbuzier Histeris dan Minder

Setelah menjalin asmara selama 9 tahun, Deddy Corbuzier akhirnya mantap melepas status duda dengan mempersunting kekasihnya, Sabrina Chairunnisa. Sabrina merupakan…

Harga Mobil Honda Civic Hatchback Terbaru 2022

Honda tampaknya sudah menjadi salah satu merek yang sudah legend di Indonesia sendiri. Salah satu faktornya sebab produk keluaran Honda…

Harga Mobil Toyota Vios Terbaru 2022

Tahukah kamu bahwa Toyota yang merupakan salah satu produsen mobil terbesar di dunia awalnya memproduksi mesin jahit? Ya, perusahaan yang…