Pengertian Brainware, Jenis, Komponen dan Fungsi serta Contoh Brainware

Istilah brainware mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, apalagi jika kita sudah lama mengenal dan berhubungan dengan sistem komputer. Istilah brainware juga bisa merujuk pada dunia bisnis dan bagaimana manusia mengelola kemampuan otaknya.

Hal ini juga mempengaruhi bagaimana manusia memanfaatkan kecerdasannya dalam manajemen kerja, aktivitas sehari-hari, mengelola perasaan dan emosi dan masih banyak lagi yang termasuk dalam manajemen brainware.

Untuk pembahasan lebih lanjut tentang brainware, mari simak ulasan kami di bawah ini,

Pengertian Brainware

Secara sederhana pengertian brainware adalah orang yang menggunakan atau mengoperasikan perangkat komputer. Dengan kata lain, brainware adalah manusia yang memiliki kemampuan untuk menggunakan komputer.

Brainware sering disebut sebagai perangkat intelektual yang menggunakan dan menggali kemampuan perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software).

Dalam sistem komputer, brainware sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari perangkat keras dan perangkat lunak. Hal ini dikarenakan perangkat keras di komputer tidak dapat berjalan tanpa perangkat lunak, sedangkan tanpa brainware, perangkat lunak dan perangkat keras tidak dapat berjalan. Jadi, ketiga komponen tersebut (brainware, software, dan hardware) saling melengkapi.

Tingkatan brainware terdiri dari system analyst, programmer, administrator, dan operator. Sedangkan bagian brainware terdiri dari operator komputer, teknisi, trainer, konsultan, project manager, programmer, desainer grafis, spesialis jaringan, administrator database, dan analisis sistem.

Dalam dunia bisnis dan pengembangan perusahaan, istilah brainware mengacu pada seseorang atau sekelompok orang yang memiliki kemampuan intelektual untuk mendalami dan menjalankan jaringan sistem informasi manajemen perusahaan.

Disini sistem informasi manajemen bisnis brainware akan sangat berguna dalam menghasilkan dan mengolah informasi menjadi manfaat.

Keuntungan atau benefit ini akan mempengaruhi perusahaan. Seperti pengolahan data, input dan output atau apapun yang dapat diperoleh perusahaan untuk dikelola nantinya.

Semua itu akan berguna bagi kelangsungan organisasi dan perusahaan agar lebih unggul dalam persaingan dan persaingan di dunia bisnis itu sendiri.

Jenis – Jenis Brainware

Seorang pengguna komputer yaitu brainware atau yang biasa disebut dengan pengguna (user), dapat dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan tugas yang dilakukannya. Beberapa jenis brainware adalah sebagai berikut:

1). Programmer

Yaitu seseorang yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam menguasai satu atau lebih bahasa pemrograman di dunia komputerisasi.

Programmer disini bertugas membuat dan menyiapkan program-program yang dibutuhkan dan juga dapat mendukung sistem komputer yang akan dibuat atau telah dirancang.

Posisi ini menjadi posisi penting, terutama jika terjadi peretasan atau serangan virus pada database perusahaan, Programmer akan mengambil tindakan perlindungan yang diperlukan.

2). Operator Komputer

Berikutnya adalah operator komputer, yaitu seseorang yang dianggap memiliki kemampuan untuk mengoperasikan sistem operasi dan program-program yang digunakan oleh perusahaan. Ini juga termasuk menjalankan aplikasi, penyimpanan data dan lain-lain.

3). Teknisi Komputer

Seorang teknisi komputer adalah seseorang yang memiliki kemampuan, memiliki keahlian khusus sendiri untuk merawat, memecahkan dan memperbaiki berbagai jenis masalah yang sering atau mungkin terjadi dan muncul pada komputer.

Bidang pekerjaan ini membutuhkan pengetahuan luas tentang semua perangkat yang terkait erat dengan komputer.

4). Project Manager

Seorang pemimpin tentunya harus memiliki kriteria tersendiri mengingat ia akan memimpin banyak karyawan dan proyek kerja di bawahnya.

Jadi perusahaan yang ingin mempekerjakan seseorang sebagai manajer proyek harus terlebih dahulu memiliki dasar kepemimpinan dan dedikasi dalam membimbing orang-orang yang bekerja sebagai bawahannya nanti.

Komponen Brainware

Komponen brainware dapat dibagi menjadi 2 yang memiliki tugas mengelola dan mengoperasikan setiap elemen yang berbeda di komputer.

Berikut dibawah ini 2 komponen brainware yang bisa kamu ketahui:

1). Hardware Engineer

Biasanya bidang pekerjaan ini adalah mereka yang memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang perangkat keras komputer.

Pekerja di bidang ini akan bertanggung jawab untuk mengembangkan teknik atau metode baru dalam pembuatan perangkat keras untuk membuat inovasi atau produk yang lebih maju dari versi sebelumnya.

2). Software Engineer

Mereka yang bekerja di bidang pengembangan software engineer juga harus memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang jaringan komputer.

Insinyur perangkat lunak bertanggung jawab untuk mengembangkan dan merancang teknik atau metode baru dalam jaringan komputer.

Fungsi Brainware

Ada beberapa fungsi brainware secara umum, yaitu sebagai berikut:

1). Sebagai Administrator

Administrator adalah tugas seseorang yang dianggap memiliki kemampuan untuk mengelola sebuah sistem operasi beserta program-program yang dijalankan dari sebuah komputer atau jaringan di dalam perusahaan.

Selain itu, terdapat juga database administrator yang bertanggung jawab atas kelancaran sistem database perusahaan, termasuk tugas mengatur, mengelola dan menyimpan arsip dan data penting perusahaan.

2). Sebagai Programmer

Karena dunia bergantung pada teknologi, begitu pula perusahaan dengan pemrogram mereka sendiri. Programmer sendiri bertugas membuat program yang dibutuhkan perusahaan dalam sistem komputerisasi.

Selain itu programmer juga berperan sebagai pihak yang membantu menjaga keamanan dan kelancaran sistem komputer perusahaan.

3). Sebagai Operator

Setelah Programmer dan Administrator, selanjutnya adalah operator yang bertugas menjalankan sistem operasi dan program pada perangkat komputer perusahaan.

Disini operator akan berperan dalam melakukan perawatan sistem operasi komputer, menyiapkan akses data dan informasi dan lain-lain.

Contoh Brainware

Berikut adalah contoh penerapan istilah brainware itu sendiri. Di bawah ini adalah contoh brainware dalam penerapannya:

1). Netter

Netter adalah referensi bagi para pengguna internet yang menjelajahi situs web untuk mencari dan mendapatkan informasi. Istilah ini juga dapat merujuk pada individu, sekelompok orang atau organisasi.

2). EDP Department

Beberapa orang menyebutnya sebagai orang yang berada di Departemen IT. EDP ​​Department atau Electronic Data Processing adalah penggunaan metode otomatis dalam memproses data komersial untuk suatu perusahaan.

3). Network System

Istilah ini mengacu pada jenis sistem operasi yang dimaksudkan untuk menangani jaringan komputer. Biasanya sistem operasi ini terdiri dari banyak kumpulan layanan yang ditujukan untuk memberikan layanan bagi pengguna komputer.

Demikian artikel kami mengenai pengertian brainware lengkap dengan jenis, komponen dan fungsinya.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu mengenai brainware. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Lirik Lagu Dengan Nafasmu yang Dinyanyikan oleh Ungu

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Sebelum Angga Wijaya Layangkan Gugatan Cerai, Dewi Perssik Sempat Curhat Nelangsa Gara-gara Perlakuan Ibu Mertua: Aku Diomongin

Kabar mengejutkan datang dari Dewi Perssik dan Angga Wijaya. Tak ada angin tak ada hujan, Angga Wijaya mendadak melayangkan gugatan…

Aming Pakai Buah Dada Palsu, Sosok Evelyn Bantah Mantan Suami Menyimpang: Dia Laki-laki, Aku Udah Nyobain!

Penampilan komedian Aming yang menyerupai wanita, belakangan ini banyak menyita perhatian. Mantan istrinya, Evelyn Nada Anjani memberikan komentar. Diketahui, belakangan…

Terungkap! Bukan Karena Orang Ketiga, Kuasa Hukum Beberkan Alasan Dewi Perssik Digugat Cerai Suami

Rumah tangga Dewi Perssik dan Angga Wijaya kini berada di ujung tanduk. Pasalnya, Dewi Perssik digugat cerai oleh sang suami…

Berontak Ogah Lagi Tinggal Diam, Ayu Ting Ting Labrak Raffi Ahmad, ‘Lo Dengerin Unek-unek Gue Ya!’

Nama pedangdut Ayu Ting Ting kembali menjadi perbincangan publik. Banyak netizen yang menyebut pelantun 'Alamat Palsu' itu plagiat gaya berbusana…

Lirik Lagu Pupus yang Dinyanyikan oleh Dewa 19

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Puluhan Tahun Disimpan Rapat, Mama Rieta Beberkan Penyebab Perceraiannya dengan Gideon Tengker, Terbongkar Faktanya!

Ibunda Nagita Slavina, Rieta Amilia menikah lagi dengan pria bernama Basuki Widjaja Kusuma usai bercerai dari Gideon Tengker. Keduanya menikah…

Didesak Cepat Melamar, Ariel NOAH Terciduk Peluk Hingga Pegang Erat Paha BCL, Netizen: Mbaknya Salting Terus

Kebersamaan Ariel NOAH dan Bunga Citra Lestari atau BCL selalu sukses menjadi perhatian publik. Sebab, keduanya sama-sama tak memiliki pasangan.…

Lirik Lagu ‘Duri Duri’ Ziell Ferdian ft. Tri Suaka

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Judika Jadi Aku Sebentar Saja

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…