10+ Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan istilah bisnis. Ditambah lagi zaman modern ini bisnis tidak melulu hal yang besar, tapi juga bisnis kecil contohnya bisnis online.

Tapi sebenarnya apasih yang dimaksud dengan bisnis itu sendiri? Agar sama-sama belajar, yuk simak 10 pengertian bisnis menurut ahli berikut!

Pengertian Bisnis Menurut Ahli

Bisnis adalah organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lain, untuk mendapatkan keuntungan. Jika melihat dari sejarahnya, kata bisnis dari bahasa Inggris yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas atau masyarakat. Dalam arti, kesibukan dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Jika melihat dalam ekonomi kapitalis dimana sebagian besar bisnis dimiliki secara pribadi, bisnis dibentuk untuk menghasilkan keuntungan sekaligus meningkatkan kekayaan pemiliknya. Pemilik dan operator bisnis diberi imbalan sesuai dengan waktu, tenaga atau modal yang mereka masukkan.

Namun tidak semua pelaku usaha mengejar keuntungan seperti ini. Misalnya koperasi usaha yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh anggotanya, atau instansi pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Model bisnis ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar sebagian besar dimiliki oleh pemerintah, komunitas ataupun serikat pekerja.

Secara etimologis, bisnis berarti suatu keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan untuk mendapatkan keuntungan.

Kata “bisnis” itu sendiri memiliki tiga kegunaan, tergantung pada ruang lingkup – penggunaan tunggal kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu badan yuridis (hukum), teknis, ekonomi dan mencari keuntungan.

1). Kamus Bisnis

Kamus Bisnis mendefinisikan bisnis sebagai suatu organisasi atau sistem ekonomi di mana barang dan jasa dipertukarkan ke dalam bentuk lain atau dalam bentuk uang. Setiap bisnis membutuhkan investasi yang cukup dan pelanggan untuk menjual outputnya pada jumlah tertentu untuk mendapatkan keuntungan.

2). Hooper

Menurut Hooper, bisnis adalah segala sesuatu dan keseluruhan kompleksitas yang ada di berbagai bidang seperti penjualan (commerce). Termasuk dalam industri, industri dasar, pengolahan, dan industri manufaktur dan jaringan, distribusi, perbankan, asuransi, transportasi, dan sebagainya.

3). Urwick dan Hunt

Urwick dan Hunt mendefinisikan bisnis sebagai setiap perusahaan yang membuat, mendistribusikan, atau menyediakan semua barang dan jasa. Dimana barang dan jasa ini ialah yang dibutuhkan anggota masyarakat lain yang bersedia dan mampu untuk membeli atau membayar.

4). Hughes dan Kapoor

Bisnis ialah organisasi yang dalam pendapat Hughes dan Kapoor mengatakan bahwa organisasi ini menyediakan barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan. Sejalan dengan definisi tersebut, kegiatan usaha melalui penyediaan barang dan jasa bertujuan untuk menghasilkan keuntungan.

Suatu perusahaan dikatakan memperoleh laba apabila total pendapatan dalam suatu periode lebih besar dari total biaya pada periode yang sama. Laba merupakan daya tarik utama dalam melakukan kegiatan usaha, sehingga melalui laba pelaku usaha dapat memperluas skala usahanya untuk meningkatkan laba yang lebih besar.

5). Merriam Webster

Merriam Webster berpendapat bahwa bisnis adalah kegiatan membuat, membeli atau menjual barang dan jasa. Dimana kemuadian ditukarkan dengan uang sebagai bagian atau hasil dari pekerjaan atau kegiatan diselesaikan misalnya oleh toko, perusahaan, pabrik dan sederet lainnya.

6). Allan Afuah

Bisnis adalah kegiatan usaha perorangan yang terorganisir untuk memproduksi dan menjual barang atau jasa. Kegiatan ini dilakukan guna memperoleh keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan eksis dalam industri. Orang yang mencari uang dan waktu dengan mengambil resiko dalam menjalankan kegiatan usaha disebut wirausaha.

7). Huat T Chwee

Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua kegiatan dan lembaga yang menghasilkan barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari.

Bisnis sebagai sistem yang menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dimana bisnis bisa dikatakan sebagai sistem yang menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kita.

8). Steinford

Bisnis ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. Jika kebutuhan masyarakat meningkat, maka institusi bisnis juga akan meningkatkan perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sekaligus memperoleh keuntungan.

9). Mahmud Machfoed

Usaha adalah suatu usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang diorganisasikan untuk memperoleh keuntungan dengan cara memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

10). Brown dan Petrello

Bisnis menurut Brown dan Petrello ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. Jika kebutuhan masyarakat meningkat, maka institusi bisnis juga akan meningkatkan perkembangannya. Tak lain adalah untuk untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sekaligus memperoleh keuntungan.

Demikian artikel kami mengenai 10 pengertian bisnis menurut para ahli. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai pengertian bisnis. Terimakasih ya sudah berkenan untuk berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Foto-foto Istri Sambo di Rekonstruksi: Tiduran dan Adegan Yosua Masuk Kamar

Putri Candrawathi, istri Sambo yang menjadi salah satu tersangka kasus pembunuhan Brigadir J ikut melakukan rekonstruksi yang digelar hari ini…

Hingga Detik Ini Nissa Sabyan Tak Menunjukkan Itikad Baik, Ririe Fairuz Beberkan Hubungan dengan Sosok yang Disebut-sebut Perusak Rumah Tangganya

Masih ingat dengan sosok Ririe Faius? Wanita yang menjadi pusat simpati publik usai perselingkuhan suaminya dengan Nissa Sabyan terkuak. Jika…

15 Tempat Wisata di Karangasem Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Karangasem memang menjadi salah satu kabupaten yang berada di daerah Bali. Masih sama seperti daerah-daerah lainnya yang berada di…

Cara Membuat Daftar Pustaka Jurnal, Buku, Makalah dan Skripsi

Sebelum masuk pembahasan cara membuat daftar pustaka baik untuk Jurnal, Buku, Makalah maupun Skripsi ada beberapa hal yang harus anda…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Semarang yang Wajib Dikunjungi

Semarang merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Dengan Kota Ungaran sebagai ibu kotanya. Semarang menyuguhkan pemandangan yang memukau dengan…

‘Masih Bisa Saya Toleransi’ Haji Faisal Santai, Tak Masalah Kalau Fuji Dugem dengan Thariq Halilintar

Haji Faisal ayah Fuji menanggapi gosip tak sedap yang belakangan menimpa putrinya dan Thariq Halilintar. Gosip beredar belakangan menyebut Fuji…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Wajib Dikunjungi

Wonogiri merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Secara geografis Wonogiri berlokasi di bagian tenggara Provinsi Jawa Tengah. Wonogiri banyak…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Probolinggo yang Wajib Dikunjungi

Sudahkah Anda berkunjung ke Kabupaten Probolinggo ? Probolinggo memiliki banyak sekali objek wisata menarik lho untuk Anda kunjungi. Probolinggo memiliki…

Hanya Gara-gara Masalah Sepele Ini, Sosok Santri Pondok Gontor Ini Alami Penganiayaan Sampai Meninggal Dunia, Hotman Paris yang Bongkar Semuanya

Seorang santri Pondok Gontor berinisial AM dianiaya sampai tewas. Kasus bermula ketika seorang ibu asal Palembang, Sumatera Selatan, mengadu ke…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sukoharjo yang Wajib Dikunjungi

Sukoharjo merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Sukoharjo menjadi daerah dengan destinasi wisata alam yang memesona, sehingga siapapun…