Pengertian Biologi dan Cabang Ilmu Biologi

Biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup dan berbagai macam organisme. Di zaman sekarang ini, keberadaan ilmu biologi semakin berkembang pesat dan sangat dibutuhkan.

Nah kali ini kami akan memberikan beberapa informasi tentang biologi, yuk simak ulasan kami tentang pengertian biologi dan cabang-cabang ilmu dalam biologi berikut ini.

Pengertian Biologi

Biologi berasal dari bahasa Yunani yaitu bios yang berarti kehidupan dan logos yang berarti ilmu sehingga biologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang kehidupan dan organisme hidup.

Secara umum biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan dan organisme hidup, meliputi struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, taksonomi, dan ciri-ciri makhluk hidup pada setiap spesies dan organisme.

Sedangkan dalam KBBI yang dimaksud dengan biologi adalah ilmu tentang keadaan dan sifat makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan.

Biologi berkembang pesat dan terdapat banyak cabang ilmu biologi sekarang ini. Namun, terlepas dari cakupannya yang luas, ada beberapa konsep umum yang mengatur semua penelitian, sehingga menyatukan mereka dalam satu bidang.

Biologi umumnya mengakui sel sebagai unit dasar kehidupan, gen sebagai unit dasar pewarisan, dan evolusi sebagai mekanisme yang mendorong penciptaan spesies baru.

Selain itu, organisme diyakini bertahan hidup dengan mengkonsumsi, dan mengubah energi dan dengan mengatur keadaan internal mereka agar tetap stabil, dan vital.

Cabang – Cabang Ilmu Biologi

Jumlah cabang ilmu biologi diperkirakan lebih dari 200, mencakup banyak bidang mulai dari kesehatan, evolusi, hewan atau tumbuhan, bakteri, ruang, klasifikasi, reproduksi, sel tubuh, ilmu kehidupan dan lain-lain.

Namun kali ini kita akan membahas beberapa cabang biologi, diantaranya sebagai berikut:

Anatomi

Anatomi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur organisme pada hewan, tumbuhan, dan manusia, atau definisi lainnya adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur atau susunan tubuh organisme dan hubungan antara bagian yang satu dengan yang lainnya.

Secara bahasa, anatomi berasal dari kata Yunani yang berarti pembedahan atau pemotongan. Dengan kompleksitas tubuh hewan dan manusia, para ilmuwan kemudian memecahnya lagi menjadi beberapa cabang ilmu, yaitu:

1). Gross Anatomi, mempelajari struktur tubuh organisme yang dapat dilihat dengan mata.

2). Anatomi Mikroskopik atau histologi, yang mempelajari struktur organ tubuh dengan menggunakan mikroskop atau kaca pembesar. Misalnya, penyelidikan jaringan dan studi sel.

3). Anatomi sistemik yang mempelajari setiap sistem dalam tubuh. Setiap sistem dalam tubuh memiliki jaringan yang sama dan melakukan fungsi tertentu; seperti sistem otot, jantung, dan lain-lain.

4). Anatomi regional yang mengkaji letak organ-organ dalam tubuh. Hal ini sangat penting untuk dipelajari sebelum melakukan operasi atau pembedahan. Misalnya mengetahui letak pembuluh darah, saraf, dan lain-lain.

5). Anatomi embriologi yang mengkaji perubahan sel pertama kehamilan sampai anak lahir.

6). Anatomi permukaan yang mempelajari letak organ-organ dalam tubuh yang kemudian diproyeksikan ke permukaan tubuh.

7). Anatomi komparatif yang mempelajari perbandingan komposisi tubuh manusia dengan organisme lain

8). Radiologi anatomi (anatomi sinar-X) yang mempelajari struktur organ manusia secara radiologis atau sinar-X atau sinar-X.

9). Antropologi anatomi yang mengkaji perbedaan ukuran tubuh manusia di satu tempat dengan tempat lain.

Fisiologi

Fisiologi adalah cabang biologi yang mempelajari fungsi sistem kehidupan. Fisiologi menggunakan berbagai metode untuk mempelajari biomolekul, jaringan, sel, organ, organisme dan sistem organ yang secara keseluruhan menjalankan fungsi kimia dan fisiknya untuk mendukung kehidupan.

Fisiologi manusia adalah ilmu mekanik, fisik, dan biokimia tentang fungsi manusia yang sehat, organ-organnya, dan sel-sel penyusunnya. Tingkat utama fokus fisiologi adalah pada tingkat organ dan sistem.

Sebagian besar aspek fisiologi manusia sangat homolog dengan aspek terkait fisiologi hewan, dan hewan percobaan telah memberikan banyak pengetahuan fisiologis dasar

Taksonomi

Taksonomi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang penamaan, pengelompokan dan rincian makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaannya. Nama kelompok klasifikasi disebut takson.

Dalam ilmu ini akan dipelajari tentang tata cara pengelompokan yang disebut taksonomi. Takson terendah dan paling khusus adalah spesies, sedangkan takson tertinggi dan lebih inklusif atau umum adalah kerajaan.

Pada tumbuhan, taksonomi digunakan untuk memahami strategi evolusi berbagai kelompok tumbuhan dari waktu ke waktu dan perjuangan mereka untuk bertahan hidup.

Tingkat kingdom pada spesies ditentukan oleh kesamaan ciri-ciri makhluk hidup yang paling umum dengan ciri-ciri yang paling spesifik.

Taksa telah distandarisasi dan juga distandarisasi di seluruh dunia oleh International Code Of Botanical Nomenclature dan International Committee on Zoological Nomencleature.

Taksa telah distandarisasi dan distandarisasi di seluruh dunia, oleh International Code of Botanical Nomenclature dan International Committee on Zoological Nomenclature.

Tingkatan yang terdapat dalam taksonomi adalah sebagai berikut:

1). Spesies adalah sekelompok makhluk hidup yang dapat kawin untuk menghasilkan keturunan yang fertil. Beberapa spesies dibagi lagi menjadi subspesies atau varietas.

2). Genus adalah sekelompok spesies yang memiliki kemiripan dan kekerabatan erat.

3). Famili adalah sekelompok genera yang jelas berkerabat dekat.

4). Ordo adalah sekelompok keluarga yang jelas terkait erat.

5). Kelas adalah sekelompok ordo dalam satu filum.

6). Filum adalah sekelompok makhluk hidup dengan desain yang sama atau tingkat takson tertinggi di dunia.

7). Divisi merupakan organisme yang terkait erat atau peringkat taksonomi tertinggi di dunia.

8). Kingdom adalah kelompok terbesar dan paling umum, misalnya tumbuhan, hewan, atau jamur.

Histologi

Histologi adalah cabang biologi yang mempelajari sel dan jaringan tumbuhan, hewan, dan manusia. Histologi berasal dari bahasa Yunani yang berasal dari kata “histos” yang berarti jaringan, dan “logia” yang berarti pengetahuan.

Jika digabungkan, kedua kata ini berarti analisis komposisi, struktur, dan fungsi jaringan. Disiplin ilmu histologi juga mempelajari sel dan organ. Sel dan jaringan dipelajari pada tingkat mikroskopis untuk penyakit atau kelainan lainnya.

Dalam mempelajari ilmu histologi, buku ini sangat tepat karena telah diakui berwibawa, memiliki ilustrasi yang baik dan up-to-date yang dapat membantu mempercepat pembelajaran karena memuat ringkasan dan tabel-tabel penting di dalamnya.

Histologi akan berhubungan dengan disiplin ilmu lain yang juga mempelajari struktur manusia, hewan, atau tumbuhan. Jaringan, yang merupakan kumpulan sel, dipelajari dalam kelompok. Pada tumbuhan, histologi sel menyelidiki bagaimana sel memproses nutrisi, membuang limbah, dan berinteraksi dengan sel lain.

Histologi manusia menempatkan fokus yang lebih rinci pada bagaimana sel membentuk jaringan, yang kemudian membentuk organ, dan akhirnya sistem tubuh manusia.

Histologi dapat dipecah menjadi tiga sub-klasifikasi: sitologi (studi sel), histologi yang tepat (studi jaringan), dan organologi (studi organ). Tidak hanya upaya untuk mengidentifikasi penyakit, histologi juga berfokus pada pemahaman segala sesuatu tentang sel dan jaringan, dan organ.

Genetika

Genetika adalah cabang biologi yang mempelajari pewarisan sifat pada organisme dan sub-organisme (seperti virus dan prion). Secara singkat dapat juga dikatakan bahwa genetika adalah ilmu tentang gen dan segala aspeknya.

Seorang ilmuwan bernama Gregor Johan Mendel adalah orang pertama yang melakukan penelitian tentang pewarisan, oleh karena itu ia dinobatkan sebagai bapak genetika. Fungsi gen meliputi:

1). Mengatur perkembangan dan proses metabolisme individu (organisme).

2). Mewariskan informasi genetik dari satu generasi ke generasi berikutnya.

3). Sebagai partikel tersendiri yang terdapat dalam kromosom.

Demikian artikel kami tentang pengertian biologi dan cabang ilmu dalam biologi. Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah pengetahuan kamu mengenai ilmu biologi. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Ditantang Turunkan Salju di Korea dengan Honor Rp 5 M, Mbak Rara Angkat Tangan

Mbak Rarara ditantang untuk menurunkan salju secara sengaja oleh Richard Lee. Siapa sangka jika ia menolk tantangan itu meski diiming-imingi…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Temanggung yang Wajib Dikunjungi

Temanggung merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Temanggung ini memiliki ibu kota yang di kota Temanggung. Letak geografis…

Cara Membuat Website Pribadi dan Jualan Online dengan Mudah

Menggunakan website sebagai media berbagi informasi memang sangat menarik, anda bisa berbagi informasi tentang apapun kepada para pengunjung website yang…

18 Tempat Wisata di Kabupaten Purbalingga yang Wajib Dikunjungi

Purbalingga merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Pemalang pada sisi sebelah utara. Kabupaten Purbalingga memang…

Viral! Video Ustadz Abdul Somad tantang dukun berwajah seram santet dirinya: Bertambah pula musuh saya

Ustadz Abdul Somad (UAS) menjadi salah satu tokoh agama yang kerap mengajarkan syi'ar islam dengan pembawaan yang ringan dan mudah…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Pasuruan memang menjadi salah satu daerah yang menjadi kawasan industri di Indonesia. Namun meskipun kawasan industri bukan berarti Pasuruan…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Semarang yang Wajib Dikunjungi

Semarang merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Dengan Kota Ungaran sebagai ibu kotanya. Semarang menyuguhkan pemandangan yang memukau dengan…

Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo Peluk Erat Putri Candrawathi

Irjen Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi, hadir dalam rekonstruksi pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Selasa (30/8/2022).…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Nganjuk yang Wajib Dikunjungi

Anda mungkin sudah tau tentang Kabupaten Nganjuk dan perannya sebagai sentra penghasil bawang merah di Jawa Timur. Namun Kabupaten Nganjuk…

Apa Itu Leasing Mobil dan Bagaimana Cara Kerjanya

Leasing adalah sebuah aktivitas pembiayaan yang dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk pengadaan atau peminjaman barang modal yang diatur dalam sebuah…