Pengertian Big Data, Karakteristik, Konsep, Fungsi dan Manfaat Big Data

Di era digital revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini, kehadiran big data tentunya memberikan banyak manfaat bagi manusia.

Penggunaan big data sangat diperlukan untuk dapat mengelola, menyimpan, mengelola semua informasi berupa data secara terstruktur dan sistematis.

Banyak perusahaan besar membutuhkan kapasitas data yang sangat besar untuk menyimpan data yang berhubungan dengan perusahaan.

Konsep big data sebenarnya bukanlah hal yang rumit. Seperti namanya, big data mengacu pada data yang besar dan kompleks hingga tidak mungkin lagi dikelola dengan perangkat lunak tradisional.

Jumlah big data meningkat setiap menit, menjadikannya tantangan dalam hal analitik. Big data adalah tentang volume. Namun, bukan jumlah yang penting, tetapi pengolahan dengan data yang penting.

Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai big data, mari simak informasi yang akan kami berikan berikut ini.

Pengertian Big Data

Big data adalah kumpulan data yang sangat besar, kompleks dan terus bertambah sepanjang waktu. Data ini dihasilkan dari aktivitas internet yang semakin rutin dilakukan, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

Misalnya, informasi awal yang penting dari kamu mungkin berupa nama, alamat, dan nomor telepon. Namun kini, data yang kamu miliki semakin beragam, mulai dari postingan di media sosial, riwayat belanja di marketplace, hingga pencarian di mesin pencari yang menunjukkan ketertarikan kamu terhadap suatu topik. Semua data ini terus dihasilkan bersama dengan data dari pengguna lain di seluruh dunia.

Big data sendiri merupakan pengembangan dari sistem database pada umumnya. Perbedaannya disini adalah kecepatan proses, volume, dan jenis data yang tersedia lebih banyak dan bervariasi dari DBMS (Database Management System) pada umumnya.

Oleh karena itu, penting untuk dapat mengelola big data dengan baik. Jadi, bisa digunakan untuk menunjang aktivitas kamu sebagai pribadi, terutama untuk bisnis.

Peran big data bagi bisnis cukup besar. Misalnya, untuk pengguna situs web, big data dapat membantu mengumpulkan lalu lintas situs web atau data tingkat pembelian dengan mudah.

Karakteristik Big Data

Pengertian big data juga dapat dibagi menjadi 5 bagian, yaitu sebagai berikut:

1). Volume

Ukuran data yang dimiliki big data memiliki kapasitas yang besar. Kamu bisa mencoba mengolah data dengan ukuran besar untuk dijalankan.

Misalnya, Instagram telah menyimpan 69,23% data pribadi lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia.

2). Velocity

Kecepatan transfer data juga sangat berpengaruh dalam proses pengiriman data secara efektif dan stabil. Big data memiliki kecepatan yang memungkinkan untuk diterima secara real-time.

Kecepatan tertinggi yang dapat diperoleh secara langsung melalui aliran data ke memori jika dibandingkan dengan yang ditulis pada disket.

Misalnya, pengguna Instagram selalu menambahkan lebih dari 100 juta akun setiap tahunnya. Itupun dengan syarat setiap akun memiliki aktivitas yang berbeda dan terus menghasilkan data secara bersamaan.

3). Variety

Jenis variasi data yang dimiliki big data lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan sistem database SQL. Jenis data ini masih tradisional, lebih terstruktur daripada data tidak terstruktur.

Misalnya teks, audio, dan video merupakan data yang belum terdefinisi secara langsung dan harus melalui beberapa tahapan untuk diolah dalam sebuah database.

4). Value

Nilai adalah suatu nilai atau aliran data yang tidak teratur dan konsisten dalam beberapa kondisi dan periode.

Hal ini dapat terjadi jika terjadi lonjakan data yang besar sehingga akan memproses data dengan sumber daya memori yang lebih besar.

Big data memiliki nilai untuk memudahkan pengguna dalam mengakses informasi dengan cepat dan mengambil keputusan berdasarkan berbagai data yang ada.

5). Veracity

Veracity adalah bentuk pembenaran atau keakuratan suatu data. Jadi, mengacu pada kualitas data, bisa dari berbagai sumber.

Perlu ada proses untuk menghubungkan dan mengkorelasikan beberapa hubungan data. Jika tidak ada hubungan yang baik, maka dapat menyebabkan out of control control.

Big data bukan hanya tentang menghasilkan data, tetapi tentang mengidentifikasi data dengan benar untuk memberikan manfaat bagi pengguna.

Salah satu contoh sederhana adalah adanya nama akun pengguna (ID) dari platform seperti Instagram, Facebook dan lain-lain.

Konsep Big Data

Konsep big data adalah mengumpulkan semua data yang dihasilkan dan kemudian mengolahnya dengan tepat agar dapat memberikan nilai yang diharapkan.

Singkatnya, konsep big data terdiri dari tiga hal berikut:

1). Integrasi Data

Integrasi data adalah proses untuk mengumpulkan semua data yang telah dibuat menjadi data besar.

Misalnya data website toko online mulai dari pendaftaran akun baru, daftar wishlist, dan lain-lain.

Semua data tersebut akan tetap tercatat dalam sistem untuk kemudian digunakan pada proses selanjutnya.

Artinya dalam proses integrasi data, fokus utamanya hanya pada pengumpulan data.

2). Manajemen Data

Semua data yang dihasilkan harus dapat dikelola dengan baik, baik pada saat menyimpan maupun mengaksesnya.

Untuk itu, kita membutuhkan ruang penyimpanan yang besar dan dapat diakses kapan saja dan dari mana saja.

Untuk urusan bisnis, penggunaan website dengan layanan hosting yang mumpuni bisa menjadi pilihan. Jadi, semua aktivitas bisnis dan data yang dihasilkan akan diproses di satu tempat.

Nantinya, data-data yang ada di website tersebut bisa dipilah-pilah ke dalam sistem penyimpanan sehingga mudah ditemukan saat dibutuhkan.

3). Analisis Data

Konsep big data yang terakhir adalah analisis data. Artinya semua data yang telah disimpan dan dikelompokkan menurut jenisnya dapat dianalisis untuk kebutuhan selanjutnya.

Misalnya, riwayat belanja konsumen di toko online, dengan itu kamu dapat menjadikan informasi tentang produk apa yang layak ditawarkan saat konsumen tersebut berbelanja.

Dengan begitu, potensi pembelian produk semakin besar karena penawarannya relevan.

Fungsi Big Data

Big data memiliki beberapa fungsi penting dalam proses pengembangan dan penyempurnaan sebuah aplikasi.

Berikut ini adalah beberapa fungsi yang terkait dengan big data:

1). Dapat menentukan penyebab masalah dan kegagalan secara real time

Fungsi pertama dari big data adalah untuk mengetahui dan menganalisa penyebab dari suatu masalah yang terjadi pada sistem.

Kemudian, dengan penggunaannya saat ini juga dapat meminimalisir terjadinya kegagalan dalam proses penyimpanan data. Hasil analisis dapat ditampilkan secara real-time.

2). Membuat keputusan yang cerdas dan tepat

Big data juga dapat dipadukan dengan sistem dan perangkat teknologi cerdas seperti IoT (Internet of Things) dan AI (Artificial Intelligence). Tugasnya adalah menyediakan dan menyimpan data dan informasi yang dibutuhkan dalam pengembangan suatu produk.

Misalnya smart city atau kota pintar yang menggunakan kecerdasan buatan dan jaringan internet berskala besar yang mampu menghubungkan setiap sudut kota, gedung, dan infrastruktur pendukung lainnya.

3). Mendeteksi anomali atau perilaku menyimpang dalam struktur bisnis

Fungsi ketiga adalah mampu mendeteksi secara cepat dan tepat, bentuk atau proses kegiatan yang menyimpang dan berhenti karena kesalahan teknis dan non teknis.

Big data juga dapat merencanakan beberapa opsi untuk mengurangi dan mengatasi anomali tersebut dengan lebih cepat untuk membantu aktivitas bisnis perusahaan atau organisasi Anda.

4). Mengurangi biaya, waktu, dan meningkatkan kinerja produk aplikasi

Penyimpanan data dengan menggunakan sistem big data juga dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan.

Kemudian, waktu dalam mengelola dan menjalankan suatu operasi menjadi lebih cepat dengan transfer data di atas rata-rata sistem database lainnya.

Peningkatan kinerja juga merupakan keuntungan tersendiri untuk mendukung pengembangan perangkat lunak.

Manfaat Big Data

Banyak sekali kemudahan yang dimiliki big data dalam hal fungsionalitas dan fitur yang dimilikinya.

Kami membagi menjadi 2 manfaat untuk kebutuhan di bidang teknologi informasi (TI) dan proses bisnis.

Bidang Teknologi Informasi

Manfaat Big Data dalam bidang teknologi informasi, antara lain.

1). Penggunaan Perangkat Seluler

Saat ini penggunaan perangkat seperti smartphone, tablet, IPOD, dll sering kita jumpai karena mendukung dan mendukung berbagai sistem aplikasi.

Kemudian, faktor user friendly dan mudah dibawa kemana-mana menjadi keunggulan utama perangkat mobile.

Penggunaannya juga digunakan untuk perkembangan perangkat mobile saat ini. Salah satu contoh yang mudah kamu lihat adalah aplikasi GPS yang tentunya sudah terpasang di perangkat kamu.

GPS (Global Positioning System) yang dimiliki Google Maps menggunakan bantuan big data dalam mengolah dan mengelola berbagai bentuk data.

Sebab, sistem database yang dibutuhkan sangat besar. Mulai dari gambar, pemetaan lokasi hingga menjangkau hampir seluruh penjuru dunia sekaligus. Tentunya membutuhkan database dengan kapasitas yang sangat besar.

Kini, Google telah menerapkan sistem penyimpanan berbasis cloud (cloud). Jadi, penyimpanan bisa dilakukan secara online dan real-time dengan kapasitas yang lebih besar lagi.

2). Media sosial

Hampir setiap orang menggunakan apa yang disebut media sosial untuk mengakses berbagai informasi dan berbagi aktivitas pribadi sehari-hari. Tentunya banyak yang mengunggah foto, video dan teks ke dalam aplikasi media sosial ini.

Semua informasi ini merupakan jenis data yang akan direkam dan disimpan dalam sistem database dengan kapasitas yang besar.

Bisa dibayangkan berapa ukuran yang harus dialokasikan oleh media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya. Untuk menampung data setiap harinya.

Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan data besar yang memiliki kinerja yang baik dalam menangani data skala besar.

3). Perangkat Cerdas

Sistem pintar saat ini sedang dikembangkan oleh negara-negara maju seperti China, Jepang, Amerika, dll. Salah satu keunggulan perangkat pintar adalah mampu membantu aktivitas manusia secara lebih efektif dan efisien.

Contoh perangkat pintar adalah teknologi IoT yang saat ini banyak diterapkan pada perangkat elektronik seperti lemari es, mesin cuci, AC, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan sistem yang telah terintegrasi dengan jaringan internet, segala bentuk kegiatan dapat dikoordinasikan dalam satu sistem aplikasi hanya dengan bantuan big data sebagai penyedia layanan informasi dan penyimpanan data.

4). Media digital

Selain itu, big data juga mempengaruhi penggunaan media digital. Misalnya penggunaan fitur pada website dan aplikasi streaming seperti spotify dan netflix.

Dalam sistem database yang mereka gunakan, mereka mampu merekam data musik, film yang telah kamu tonton dan memberikan rekomendasi untuk kamu.

Dengan bantuan teknologi AI itu sendiri, database dapat terintegrasi dengan baik dan cepat untuk memudahkan penggunaan aplikasi.

Contoh lain penerapan media digital adalah fitur pada e-commerce yang telah mengimplementasikan AI dengan big data untuk memudahkan pengguna dalam memberikan rekomendasi produk.

Bidang Usaha

Manfaat Big Data dalam bidang usaha, antara lain sebagai berikut.

1). Meningkatkan sistem operasional bisnis

Untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas bisnis yang kamu mulai, tentu kamu membutuhkan sumber daya yang memadai.

Salah satunya adalah kebutuhan data yang terus meningkat. Big data dapat menyelesaikan masalah data dengan kebutuhan yang besar untuk membantu proses operasional bisnis yang kamu miliki.

2). Customer Relationship Management (CRM)

Kamu perlu menjaga dan meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan dan penjualan.

Dengan melakukan manajemen menggunakan beberapa fitur tambahan untuk membantu kamu dalam memonitor aktivitas penjualan, menghitung rata-rata konversi, dan lain sebagainya.

3). Mengoptimalkan pengalaman penggunaan aplikasi

Penggunaan perangkat mobile terus meningkat, sehingga perlu adanya optimalisasi dari segi software dan hardware.

Selain itu, penyimpanan data juga sangat berpengaruh terhadap optimalisasi suatu aplikasi. Dengan big data, proses transfer dan pengelolaan data menjadi lebih cepat dan akurat.

Demikian artikel kami mengenai pengertian big data lengkap dengan ciri, konsep, fungsi dan manfaatnya.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu mengenai apa itu big data. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Harga Mobil Honda Accord Terbaru 2022

Honda tampaknya sudah menjadi salah satu merek yang sudah legend di Indonesia sendiri. Salah satu faktornya sebab produk keluaran Honda…

Lirik Lagu Melukis Senja – Budi Doremi

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lowongan Kerja Bank Muamalat Tingkat D3 S1

Dikutip dari Linkedin PT Bank Muamalat Indonesia pada hari Selasa (7/6) diinfokan saat ini Bank Muamalat membuka lowongan pekerjaan untuk…

Peramal Terawang Kenapa Ayu Ting Ting Masih Menjanda

Ayu Ting Ting, apapun yang ia lakukan selalu jadi sorotan media. Kini Ayu Ting Ting malah kena ramal. Peramal tersebut…

‘Tega Pak Haji Faisal!’ Kini Kalang Kabut Bakal Pakai Rompi Oren Usai Injak Vanessa Angel dan Gala, Biduan Dangdut Satu Ini Gadaikan Air Mata Demi Dapat Ampun Haji Faisal: Anak Saya Lima!

Tiara Marleen nangis sesenggukan memelas mohon ampun ke Haji Faisal. Seperti diketahui Tiara Marleen dilaporkan Haji Faisal setelah menghina habis-habisan…

Lirik Lagu Sejauh Mungkin – Ungu

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Pelaku yang Sebut Hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz Settingan Minta Maaf, Netizen: di Balik Layar Cengar-cengir Nih Orang

Beberapa waktu lalu akun Instagram @kevinwijayaoey sempat menggemparkan sosial media usai pemilik akun tersebut memberikan komentar tak berempati soal kehilangan…

Ridwan Kamil Unggah Sosok Penemu Jasad Eril, Seorang Guru Tiap Berjalan Melihat ke Arah Sungai

Gubernur Jawa Barat sekaligus ayah dari Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, Ridwan Kamil mengunggah sebuah video yang berisi pertemuannya dengan…

Lirik Lagu Cinta Tak Harus Memiliki – ST12

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Belum Sempat Pulang ke Rumah Usai Lulus Pendidikan, Anggota Brimob ini Dijemput Sang Ayah dalam Kondisi Tak Bernyawa, Warganet Banjir Air Mata

Gugur dalam tugas adalah resiko bagi setiap anggota TNI-POLRI. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang langsung ditugaskan ke daerah berbahaya.…