Pengertian Berita, Unsur – Unsur dan Jenis – Jenis Sebuah Berita

Subtitle goes here

By:

Agustus 26, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Kata berita mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda. Setiap harinya, banyak masyarakat yang membaca berita untuk mengetahui suatu informasi yang baru atau yang sedang hangat terjadi.

Namun, apa sih sebenarnya pengertian dari berita itu? Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai pengertian berita secara umum dan menurut para ahli, unsur-unsur berita dan jenis-jenis sebuah berita.

Pengertian Berita Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Secara umum, berita dapat dikatakan sebagai sebuah laporan yang beriskan informasi – informasi yang bersifat aktual,terkini dan berupa fakta-fakta. Pada sebuah teks berita sendiri mengandung informasi – informasi yang penting dan dibutuhkan oleh masyarakat umum.

Berdasarkan cara penyampainnya, teks berita dibagi kepada berita yang disampaikan secara lisan dan disampaikan secara tulisan. Untuk dapat memahami lebih mengenai defenisi dari berita, kami telah merangkum beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian berita.

Berikut beberapa pengertian berita menurut beberapa pendapat para ahli sebagai berikut.

1. Mickhel V. Charniey

Menurut Mickhel V. Charniey, berita merupakan sebuah laporan yang dilaporkan dengan cepat dari sebuah peristiwa maupun kejadian yang bersifat faktual. Selain itu, teks berita juga dapat menarik bagi sebagian pembaca dan berhubungan dengan urusan mereka.

2. Willard C.Bleyer

Menurut Willard C. Bleyer, berita ialah sesuatu yang disajikan secara terkini yang dibuat oleh seorang wartawan dan ditampilkan dalam sebuah surat kabar sehingga membuat pembaca menjadi tertarik.

3. William S. Maulaby

Menurut William S. Maulaby, berita ialah sebuah penuturan dengan benar dan bersifat faktual. Sebuah berita dikatakan harus memiliki arti penting dan merupakan peristiwa yang baru terjadi, sehingga dapat membuat pembaca menjadi tertarik untuk membaca berita tersebut.

4. Eric C. Hepwood

Menurut Eric C. Hepwood, berita merupakan laporan utama dari sebuah kejadian penting yang bisa membuat publik menjadi tertarik untuk membaca.

5. J. B Wahyudi

Menurut J.B Wahyudi, berita merupakan suatu uraian atau penjelasan mengenai fakta-fakta atau opini yang mengandung nilai berita dan dipublish oleh media massa secara periodik.

6. Neil McNeil

Menurut Neil McNeil, berita ialah kumpulan beberapa fakta dan juga peristiwa-peristiwa yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang mempublishnya.

7. Robert Tyell

Menurut Robert Tyell, berita ialah sebuah informasi yang masih baru, dapat menarik pehatian pembaca dan dapat memberikan efek persuasi kepada banyak orang serta dapat menumbuhkan selera masyarakat yang membacanya.

8. Amak Syarifuddin

Menurut Amak Syarifuddin, berita merupakan sebuah laporan mengenai peristiwa yang timbul dan dapat dijadikan sebagai bahan yang dapat menarik attention publik media massa.

9. A.M. Hoeta Soehoet

Menurut A.M. Hoeta Soehoet, berita merupakan sebuah informasi mengenai suatu peristiwa atau isi pernyataan seseorang yang ia rasa perlu untuk diketahui demi mewujudkan filsafat hidupnya.

10. Douglas Wood Miller

Menurut Douglas Wood Miller, berita ialah suatu kejadian atau opini yang dapat memberi rasa menyentuh dan selalu dapat menarik perhatian orang banyak.

Unsur – Unsur Berita

Sebuah berita yang baik merupakan berita yang mengandung unsur-unsur berita secara keseluruhan. Pada umumnya, sebuah berita memiliki unsur 5W + 1H. Berikut penjelasan unsur – unsur berita.

1. What

Unsur pertama dalam sebuah berita adalah what atau yang artinya apa. Unsur ini menjelaskan tentang kejadian apa yang layak untuk dibuat atau diberitakan.

2. Who

Unsur kedua dalam sebuah berita ialah who atau yang artinya siapa. Unsur ini menjelaskan tentang siapa yang terlibat atau berperan pada kejadian tersebut.

3. Where

Unsur ketiga dalam sebuah berita ialah where yang artinya dimana. Unsur ini menjelaskan tentang tempat atau lokasi dari kejadian pada sebuah berita.

4. When

Unsur keempat dalam sebuah berita ialah when yang artinya kapan. Unsur ini menjelaskan mengenai waktu dari suatu kejadian yang ada pada sebuah berita.

Agar dapat bersifat informatif, sebuah berita harus dijelaskan dengan detail untuk menghindari terjadinya kesalapahaman serta membuat berita tersebut lebih mudah untuk dipahami.

5. Why

Unsur kelima dalam sebuah berita ialah why yang artinya mengapa. Unsur ini menjelaskan mengenai alasan terjadinya kejadian yang diberitakan dapat terjadi.

6. How

Unsur terakhir yang ada dalam sebuah berita ialah how yang berarti bagaimana. Unsur ini menjelaskan tentang kronologis suatu kejadian pada berita yang telah terjadi.

Pada sebuah berita, suatu urutan harus dijelaskan dengan rinci guna memperkuat tingkat kepercayaan sebuah berita dan juga membuat sebuah berita tersaji dengan baik.

Jenis – Jenis Sebuah Berita

Berikut beberapa jenis-jenis yang ada pada sebuah berita, diantaranya:

Straight News

Straight News atau yang diartikan sebagai berita langsung ialah salah satu jenis berita yang dibuat secara singkat,padat,dan jelas. Umumnya, halaman besar dari sebuah surat yang menjadi topik hangat atau yang dikenal dengan headline merupakan straight news.

Depth News

Depth News merupakan salah satu dari jenis berita yang merupakan sebuah berita yang dibuat dan dikembangkan secara mendalam.

Investigation News

Investigation News merupakan salah satu dari jenis berita yang merupakan sebuah berita yang dibuat dari hasil penyelidikan atau investivigasi dari banyak sumber sehingga didapatkan data yang mendalam.

Interpretative News

Interpretative News merupakan salah satu dari jenis berita yang merupakan sebuah berita yang dibuat dan juga dikembangkan lewat opini atau penilaian dari seorang wartawan namun juga bersifa faktual.

Opinion News

Opinion News merupakan salah satu dari jenis berita yang merupakan sebuah berita yang dibuat dari pendapat atau opini sesorang. Pada umumnya, opini tersebut merupakan opini dari para ahli, pejabat dan lain sebagainya.

Demikian pembahasa mengenai pengertian dari berita secara umum dan menurut para ahli, unsur-unsur berita dan jenis-jenis sebuah berita. Semoga bermanfaat.

0 Comment

Comments closed.