Pengertian Artikel, Ciri – Ciri, Tujuan, Jenis – Jenis dan Manfaat Artikel

Subtitle goes here

By:

November 25, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Kemajuan zaman memudahkan kita untuk menampilkan ide dan gagasan. Semua orang sekarang dapat membagikan ide itu melalui artikel melalui berbagi media. Artikel sendiri adalah tulisan yang berisi opini, ide atau fakta untuk disebarluaskan dan dapat dilihat oleh banyak orang.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa yang dimaksud dengan artikel, yuk simak ulasan kami tentang Pengertian Artikel, Jenis, Tujuan dan Manfaat Artikel berikut ini.

Pengertian Artikel

Secara umum, artikel adalah karya tulis atau esai yang bertujuan untuk menyampaikan suatu fakta yang bertujuan untuk meyakinkan atau menghibur pembacanya.

Artikel juga berarti karangan berupa karangan yang isinya menyampaikan gagasan atau fakta secara objektif dan isi yang disajikan artikel bisa bermacam-macam, tergantung topik yang dibahas.

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan artikel, berikut ini beberapa penjelasan mengenai pengertian artikel menurut para ahli:

1). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, yang dimaksud dengan artikel adalah karya tulis yang lengkap, seperti karangan dalam laporan majalah atau surat kabar, dan sebagainya.

2). Rillan E. Wolseley

Menurut Rillan E. Wolseley, pengertian artikel adalah karangan tertulis yang panjangnya tidak dapat ditentukan, yang tujuannya untuk menyampaikan gagasan atau fakta dengan maksud untuk meyakinkan, mendidik, atau menghibur.

3). Sumandiria

Menurut Sumandiria, pengertian artikel adalah tulisan lepas yang isinya berupa opini tentang suatu masalah yang aktual dan biasanya bersifat kontroversial dengan tujuan untuk menghibur, menginformasikan, mempengaruhi, dan meyakinkan pembaca.

4). Al – ‘Aqli

Menurut Al – ‘Aqli, artikel adalah karya tulis yang dibuat oleh masing-masing disiplin ilmu dan setiap pembahasannya dipelajari dan juga diselesaikan secara tuntas, jelas, dan lugas sehingga pembaca dapat mengambil intisarinya.

Ciri – Ciri Artikel

Sebuah artikel dapat diidentifikasi dengan ciri-ciri sebagai berikut:

1). Secara umum, artikel ditulis secara singkat, padat, jelas, dan lengkap.

2). Isi yang disajikan dalam sebuah artikel didasarkan pada fakta, bukan fiksi atau mitos yang kebenarannya masih diragukan.

3). Artikel bersifat informatif dan faktual, mengungkapkan informasi berdasarkan penelitian dan dapat dipertanggungjawabkan.

4). Sebuah artikel boleh berisi opini dan analisis, namun harus berdasarkan teori dan data yang valid berupa hasil penelitian sebelumnya, teori dan fakta yang dituliskan ke dalam artikel.

5). Penulisan artikel menggunakan bahasa baku atau resmi, serta kalimat yang lugas, logis, denotatif, dan efektif.

6). Cara penulisan artikel dibuat secara sistematis agar pembaca dapat memahami isinya dengan mudah.

Jenis – Jenis Artikel

Secara umum, ada lima jenis artikel yang sering kita baca setiap hari. Jenis-jenis artikel adalah sebagai berikut:

1). Narasi

Artikel naratif adalah jenis artikel yang menceritakan tentang rangkaian peristiwa secara sistematis (awal, tengah, dan akhir). Dalam narasi terdapat karakter, konflik, dan pemecahan masalah. Contoh naratif adalah biografi, otobiografi, cerita pengalaman.

2). Deskripsi

Artikel deskripsi adalah jenis artikel berbentuk karangan yang menggambarkan sesuatu kepada pembaca, sehingga pembaca dapat merasakan, melihat, dan mendengar isi deskripsi.

3). Eksposisi

Artikel eksposisi adalah jenis artikel yang isinya menjelaskan atau memberikan informasi tentang suatu topik untuk menambah pengetahuan pembaca. Artikel eksposisi biasanya disertai dengan gambar, grafik, dan informasi pendukung lainnya.

4). Argumen

Artikel argumentatif adalah karangan yang bertujuan untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan menyajikan data/fakta sebagai alasan. Dalam sebuah artikel argumentatif, biasanya terdapat unsur opini dan data, serta fakta untuk mendukung opini tersebut.

5). Persuasi

Artikel persuasif adalah artikel yang isinya bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar mau melakukan sesuatu yang direkomendasikan oleh penulis dalam karangannya. Secara garis besar, artikel jenis ini berisi pembahasan tentang apa, dan bagaimana kita atau pembaca harus menyikapinya.

Tujuan Artikel

Berikut ini adalah tujuan penulisan artikel antara lain yaitu:

1). Tujuan informasi untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang suatu hal.

2). Tujuan Pemberian Tugas misalnya seorang siswa sekolah yang diberi tujuan untuk menulis sebuah artikel.

3). Tujuan persuasi adalah artikel yang membujuk seseorang untuk membeli suatu barang.

4). Tujuan entertaint, tujuan hiburan yang tujuannya untuk menghibur pembaca.

5). Tujuan Keberadaan biasanya sebuah artikel yang ditulis untuk penegasan diri atau untuk menyatakan keberadaan diri penulis kepada pembaca. dalam hal ini artikel ditulis dengan tujuan untuk menyalurkan ide.

6). Tujuan pemecahan masalah adalah artikel yang ditulis dengan tujuan membantu pembaca memecahkan masalah yang dihadapi.

Manfaat Artikel

Pembuatan dan penerbitan artikel memiliki manfaat tertentu bagi penulis dan pembaca. Beberapa manfaat artikel adalah sebagai berikut:

1). Sebagai sarana untuk menyampaikan ide-ide penulis kepada publik.

2). Sebagai sarana penerbitan ide-ide ilmiah melalui jurnal ilmiah.

3). Membantu penulis untuk berpikir sistematis dan mengembangkan imajinasi kreatif serta melatih penggunaan bahasa dengan baik dan teratur.

4). Membantu penulis memahami tujuan penulisan sehingga diharapkan memiliki kompetensi dalam menulis artikel.

5). Melatih penulis untuk menjelaskan atau membahas suatu masalah sesuai dengan bidang ilmu tertentu.

6). Memberikan dampak positif akademis bagi penulis artikel.

Demikian artikel kami mengenai pengertian artikel lengkap dengan ciri-ci, jenis, tujuan dan manfaat artikel. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai artikel. Terima kasih sudah berkunjung.

0 Comment

Comments closed.