Pengertian Artikel, Ciri-Ciri dan Jenis-Jenis Artikel

Subtitle goes here

By:

Agustus 31, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Apakah sebelumnya anda pernah mendegar kata artikel? Mungkin sebagaian dari anda sudah mengetahui dan belum mengetahui apa itu artikel.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai pengertian artikel secara umum dan menurut para ahli, ciri-ciri dan jenis-jenis artikel.

Pengertian Artikel Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Secara umum, artikel adalah sebuah karya tulis ilmiah dengan penulisan yang lengkap yang berisi sebuah pemikiran maupun fakta yang dapat memberi rasa yakin atau menghibur kepada pembacanya dan juga dipublikasikan ke suatu media seperti majalah dan lain sebagainya.

Nah, itu tadi merupakan pengertian sebuah artikel secara umum. Sekarang, mari kita bahas pengertian dari artikel menurut beberapa para ahli yang telah kami rangkum. Berikut beberapa defenisi artikel menurut para ahli sebagai berikut.

1. Rillan E. Wolseley

Menurut Rillian E. Wolseley, artikel ialah sebuah karangan tertulis yang memiliki panjang yang tidak dapat ditentukan dan memiliki tujuan untuk menyampaikan gagasan serta fakta dengan maksud untuk menyakinkan, mendidik dan juga menghibur.

2. Sumandiria

Sumandiria berpendapat bahwa arikel merupakan sebuah karya tulis lepas yang berisi opini-opini terhadap masalah yang sifatnya aktual dan kontroversial dengan tujuan mengibur atau mempengaruhi pembaca.

3. Andi Baso Mappatoto

Menurut Andi Baso Mappatoto, artikel merupakan sebuah karya tulis lengkap, karya tulisan nonfiksi dan suatu karangan tertulis yang panjang tulisannya tidak bisa ditentukan.

4. Penguin English Student Dicitionary

Penguin English Student Dictionary berpendapat bahwa artikel merupakan sebuah karya tulis yang ditulis untuk dipublish atau ditampilkan pada surat kabar maupun majalah.

5. Webster’s New World Dictionary

Menurut Webster’s New World Dictionary, artikel merupakan sebuah tulisan dalam bentuk nonfiksi yang singkat namun lengkap dan dapat ditemukan pada surat kabar.

6. Longman Pitman Office Dictionary

Longman Pitman Office Dictionary mengemukakan bahwa artikel ialah sebuah tulisan nonfiksi, berbentuk biasa dan bebas dari suatu majalah dan lain sebagainya.

7. Essential English Dictionary

Menurut Essential English Dictionary, artikel ialah tulisan lengkap yang terdapat pada sebuah majalah.

8. Al – ‘Aqli

Al- ‘Aqli berpendapat bahwa artikel merupakan suatu karya tulis yang dibuat oleh masing-masing displin ilmu serta setiap pembahasan tersebut dikaji dan diselesaikan secara tuntas dan jelas. Dengan begitu, pembaca dapat mengambil inti sari dan manfaatnya.

9. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, artikel merupakan sebuah karya tulis yang dibuat secara lengkap seperti sebuah esai pada majalah, surat kabar dan lain sebagainya.

10. Cambridge Dictionary

Menurut Cambridge Dictionary, artikel merupakan sebuah tulisan yang menjelaskan subjek-subjek tertentu dan kemudian dipublih di media seperti koran dan lain sebagainya.

Ciri – Ciri Artikel

Setelah mengetahui defenisi sebuah artikel, maka artikel sendiri memilki beberapa karakteristik dibandingkan dengan karya tulis lain. Berikut beberapa ciri-ciri artikel diantaranya:

1). Artikel sendiri merupakan sebuah karya tulis yang dibuat secara singkat, jelas dan padat.

2). Isi pada sebuah artikel merupakan sebuah fakta. Sebuah artikel tidak dibuat berdasarkan fiksi ataupun mitos yang kebenarannya masih tidak meyakinkan.

3). Artikel sendiri merupakan sebuah karya tulis yang bersifat informatif dan berdasarkan fakta yang dapat dipertangunggjawabkan.

4). Sebuah artikel dapat berisikan sebuah opini, akan tetapi tetap berdasarkan dan memiliki sumber data yang valid.

5). Penulisan sebuah artikel menggunakan bahasa yang baku dan resmi.

6). Dalam penulisan sebuah artikel harus ditulis secara sistematis sehingga para pembaca dapat lebih memahami isinya.

Jenis – Jenis Artikel

Teks artikel terbagi kedalam beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut:

1. Narasi

Artikel narasi merupakan salah satu jenis artikel yang isinya menceritakan suatu rangkaian peristiwa secara sistematis. Biasanya pada sebuah artikel narasi sendiri memiliki tokoh, konflik dan penyelesain masalah. Beberapa karya tulis yang masuk kedalam artikel narasi sendiri seperti autobiografi.

2. Deskripsi

Artikel deskripsi merupakan sebuah artikel yang isinya merupakan sebuah karangan yang dapat menggambarkan sesuatu hal kepada para pembacanya, sehingga para pembaca seperti dapat merasakan dan juga melihat isi pada artikel deskripsi ini.

3. Eksposisi

Artikel eksposisi merupakan sebuah artikel yang isinya dari artikel tersebut menjelaskan serta memberikan informasi mengenai suatu hal yang dapat menambah informasi ataupun wawasan pembacanya. Didalam artikel eksposisi sendiri biasanya dilengkapi gambar dan pendukung lainnya.

4. Argumentasi

Artikel argumentasi merupakan sebuah artikel yang bertujuan dalam hal membuktikan suatu kebenaran mengenai sebuah pendapat dengan memberikan bukti bukti serta fakta yang dapat dijadikan sebagai suatu alasan. Pada artikel argumentasi sendiri terdapat banyak tulisan yang mengandung opini.

5. Persuasi

Artikel persuasi merupakan sebuah artikel yang bertujuan untuk mempengaruhi para pembacanya. Dengan begitu, para pembaca tadi memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu sesuai anjuran dari si penulis tersebut. Salah satu contoh yang termasuk kedalam artikel persuasi seperti artikel tentang bahaya Narkoba.

Demikian pembahasan kami mengenai pengertian artikel secara umum dan menurut para ahli, ciri-ciri dan jenis-jenis sebuah artikel. Semoga tulisan ini bermanfaat buat anda.

0 Comment

Comments closed.