Pengertian Apresiasi, Tingkatan, Fungsi, Manfaat dan Contoh dari Apresiasi

Pernahkah kamu memperhatikan sesuatu karya yang mengagumkan? Dan apakah kamu pernah memberikan penghargaan kepada pemilik karya tersebut? Jika pernah kegiatan yang kamu lakukan tersebut adalah suatu apresiasi yang telah kamu lakukan kepada pemilik karya tersebut.

Sebagai mahluk yang menyukai keindahan suatu karya kita pasti tanpa sadar akan melakukan apresiasi secara naluriah, berikut kita akan mengulas lebih dalam lagi mengenai apresiasi untuk menambah pembendaharaan pengetahuan kita, yuk simak ulasan berikut ini!

Pengertian Apresiasi

Berikut ini adalah beberapa definisi para ahli yang menjelaskan tentang pengertian dari apresiasi, diantaranya yaitu:

1). Prayogi

Prayogi mengertikan apresiasi merupakan semua aktivitas memberikan penghargaan yang dilakukan sebagai hasil penggunaan, peresapan, dan penilaian seseorang terhadap sebuah karya sastra ataupun karya seni tertentu. Kegiatan apresiasi merupakan sebuah bentuk rasa kagum yang keluar dari diri penikmat karya seni ataupun karya sastra tertentu.

2). S. E Effendi

S. E Effendi menjelaskan pengertian apresiasi bahwa aktivitas menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh sehingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis dan kepekaan perasaan yang baik terhadap karya sastra.

3). Verbeek

Verbeek mendefenisikan mengenai penjelasan apresiasi yaitu suatu kesadaran menilai lewat penghayatan suatu karya seni dengan memberdayakan seluruh pribadi yang melibatkan perasaan, pengalaman, keinginan, dan anggapan seseorang.

4). Aminuddin

Aminuddin mendefinisikan bahwa apresiasi merupakan pengenalan melalui perasaan atau pun kepekaan batin dan pengakuan terhadap  unsur-unsur  keindahan yang diungkapkan oleh pengarangnya.

5). Albert R. Candler

Albert R. Candler menyatakan bahwa apresiasi merupakan suatu kegiatan yang mengartikan serta menyadari sepenuhnya seluk beluk karya seni, serta menjadi sensitif mengenai gejala estetis dan artistik, sehingga dapat menikmati dan menilai karya tersebut secara semestinya.

Tingkatan Apresiasi

Ada tiga tingkatan dari apresiasi, mulai dari tingkatan yang dimulai dari tingkatan yang hanya melibatkan pikiran, kemudian melibatkan penghayatan dan sampai pada tingkatan evaluasi dari suatu karya seni, berikut adalah beberapa tingkatan dari apresiasi:

1). Tingkat Empatik

Tingkat empatik memiliki makna yaitu melibatkan pikiran dan perasaan kita selaku penikmat suatu karya seni. Tingkatan apresiasi ini menilai atau menghargai suatu karya seni pada bentuk tangkapan indrawi atau tangkapan dari indera-indera yang dirasakan oleh pengamatnya.

2). Tingkat Estetis

Tingkatan estetis dimaknakan sebagai penilaian terhadap suatu keindahan. Tingkat apresiasi seni ini yaitu dengan pengamatan dan juga penghayatan yang dirasakan dan diciptakan oleh si pengamat. Bagi penikmat seni mereka akan menikmati seni ini dalam pemberian suatu apresiasi, yang lebih ditekankan pada pengamatan terhadap sebuah karya seni.

3). Tingkat Apresiasi Kritik

Tingkat apresiasi kritik adalah sebuah bentuk apresiasi yang menjelaskan tentang sebuah klasifikasi, deskripsi, menerangkan, menganalisis, evaluasi sehingga bisa mengambil suatu kesimpulan dalam melakukan suatu apresiasi.

Fungsi Apresiasi

Apresiasi sendiri memiliki beberapa fungsi yang berguna untuk dapat mengembangkan karya seni dalam negeri yang lebih baik lagi, dan peningkatan karya-karya lainya karena mendapatkan perhatian dan penghargaan khusus dari para pengamat dan penikmatnya, beberapa fungsinya adalah sebagai berikut:

1). Salah satu fungsinya adalah dengan menjadi sarana untuk meningkatkan rasa cinta terhadap berbagai karya anak negeri, sekaligus menjadi bentuk kepedulian kita terhadap sesama.

2). Fungsi selanjutnya adalah untuk memberikan suatu penilaian, empati, edukasi, hiburan dan sekaligus menikmati terhadap suatu karya seni itu sendiri.

3). Fungsi teakhir adalah sebagai cara untuk merangang peningkatan dan pengembangan kemampuan manusia dalam berbagai hal.

Manfaat Apresiasi

Manfaat yang akan kita dapatkan dalam melakukan apresiasi sebenarnya sangat banyak. Berikut adalah beberapa manfaat dari melakukan apresiasi:

1). Agar kita dapat memahami karya seni yang dilihat dari berbagai sisi.

2). Agar dapat meningkatkan lagi rasa cinta kita semua pada karya seni dan sesama manusia.

3). Menjadi cara kita untuk mampu melakukan edukasi, hiburan, empati, dan lain sebagainya.

4). Untuk meningkatkan dan mengembangkan karya seni menjadi hal yang lebih baik di masa depan.

Tahap – Tahap Apresiasi

Kenyataannya di dalam kegiatan apresiasi terdapat beberapa tahapan-tahapan khusus yang perlu untuk kita ketahui. Berikut ini adalah tahap-tahap apresiasi pada umumnya:

1). Pengamatan

Pengamatan suatu karya seni dapat dilakukan dengan banyak hal tidak hanya melalui indera saja, numun perlu untuk memberdayakan seluruh indra pribadi yang ada.

2). Aktivitas Fisiologis

Aktivitas Fisiologis adalah suatu tindakan nyata saat melakukan pengamatan dalam suatu karya seni.

3). Aktvitas Psikologis

Aktivitas Psikologis merupakan suatu tindakan persepsi dengan evaluasi yang menimbulkan suatu interpretasi imajinatif untuk dapat mendorong lagi agar terciptanya kreativitas-kreativitas lainnya.

4). Aktivitas Penghayatan

Aktivitas Penghayatan ini merupakan suatu kegiatan pengamatan pada sebuah karya seni secara mendalam dan sehingga pengamat dapat lebih merasakan suatu karya seni dengan sesungguhnya.

5). Aktivitas Penghargaan

Aktivitas penghargaan yaitu aktivitas yang meliputi evaluasi terhadap obyek karya seni serta kegiatan yang menyampaikan masukan positif pada suatu karya seni, sehingga dapat menjadikan pembuat karya seni menjadi lebih baik lagi di kemudian hari.

Contoh dari Apresiasi

Aprisiasi dapat kita berikan pada suatu apresiasi produk dengan melakukan hal-hal berikut ini.

1). Menyaksikan suatu pagelaran seni wayang atau apapun itu dengan melakukan sebuah pengamatan yang baik agar penyampaian apresiasi estetis tersebut bisa di tujukan langsung kepada pelaku seni.

2). Mendukung para pelaku seni dengan cara melakukan aksi pembelian karya atau produk original dari pemilik karya yang asli, dan tidak menggunakan produk bajakan.

3). Memberikan kritik dan saran yang membangun terhadap suatu karya seni.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian apresiasi, tingkatan, manfaat, tahapan dan contoh dari apresiasi. Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan apresiasi. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Ternyata Syahrini Tutupi Kehamilan? Ucapan Reino Jadi Bukti, Bocor Panggilan Baru Incess: Insyaallah

Benarkah selama ini ternyata Syahrini menutupi kehamilannya di hadapan publik. Sudah tiga tahun menjalani biduk rumah tangga dengan Reino Barack,…

‘Dulu Waktu Hamil Diceraiin Ya’ Nikita Mirzani Tertawa Puas! Tersindir Tingkah Ussy Sulistiawaty yang Pamer Suami, Janda Dipo Latief Kuliti Masa Lalu Pahit Istri Andhika Pratama: Kayak Gak Pernah Janda Aja!

Bukan Nikita Mirzani jika tak menuai kontroversi. Nama Nikita Mirzani memang kerap disebut sebagai artis kontroversial. Ia kerap membuat kehebohan…

Diceraikan oleh Sang Suami Gara-gara Dituding Hamil Anak Ariel NOAH, Nasib Artis Cantik ini Berubah Drastis Setelah Dinikahi Pemain Band, Pilih Tekuni Profesi ini

Begini nasib artis cantik yang pernah dituding jalin hubungan dengan Ariel NOAH. Siapa yang masih ingat dengan artis sekaligus presenter,…

Haji Faisal ngamuk pertanyakan uang asuransi Gala senilai Rp530 juta pada Doddy Sudrajat: Saya dibohongi!

Doddy Sudrajat kembali berulah. Kini dia dikabarkan tengah membatalkan hak wali asuh Gala Sky yang awalnya diserahkan kepada keluarga Haji…

Pasangan Gay Ragil Mahardika-Frederik Vollert Mengaku Bisa Bantu Deddy Corbuzier Berfantasi Menyukai Sesama Jenis

Pasangan sesama jenis alias gay Ragil Mahardika dan Frederik Vollert diundang oleh Deddy Corbuzier di podcast-nya pada Sabtu 7 Mei…

Ditendang Keluarga Reino Barack karena Masa Lalunya, Foto Seksi Luna Maya hingga Pakaian Dalamnya Setengah Terlihat Heboh di Sosial Media

Lakukan pemotretan hingga pakaian dalam terlihat, Luna Maya langsung bikin geger warganet. Siapa yang tak mengenal sosok artis cantik Luna…

Vicky Prasetyo Telah 25 Kali Kawin Cerai, Nikita Mirzani Sebut Ukuran Mr P-Nya Tidak Normal: Seperti Anakonda…

Siapa sih yang tak kenal dengan sosok Vicky Prasetyo? Beberapa waktu lalu Vicky Prasetyo menjadi sorotan usai pernikahannya dengan Kalina…

Punggung Luna Maya Ditepuk, Video Mantan Ariel NOAH Akrab dengan Sosok Pria di Belakang Panggung Viral, Netizen Geger Tahu Sosoknya

Kedekatan Luna Maya dengan sosok pria ini di belakang panggung memicu keterkejutan netizen. Sebab, tak satu orang pun menyangka Luna…

10 Potret Ragil Mahardika Mudik Bareng Suami, Bak Honeymoon di Bali

Ragil Mahardika akhirnya mudik ke Indonesia setelah sekian tahun menetap di Jerman. Tak lupa, pria asal Medan ini membawa serta…

‘Gak Ada Adab’ Bikin Geram! Keluarga Haji Faisal Tengah Khusyuk Berdoa di Makam Vanessa dan Bibi, Sosok Tak Dikenal Lancang Lakukan Ini pada Gala Sky

Belakangan netizen dibikin geram dengan ulah seseorang yang sudah kelewat batas. Nahloh, kenapa ya? Sebagaimana diketahui, keluarga Haji Faisal dikenal…