Pengertian Aplikasi, Jenis – Jenis, Fungsi dan Klasifikasi Aplikasi

Sebagai pengguna smartphone maupun komputer, kamu tentu sudah tidak asing lagi mengenai istilah aplikasi. Mulai dari whatsapp, instagram, shoppe dan lain sebagainya merupakan contoh aplikasi yang sering kita gunakan.

Kehadiran aplikasi saat ini memberikan kemudahan terhadap seseorang mulai dari interaksi sesama hingga memudahkan pekerjaan. Berbagai aplikasi sudah tersedia banyak di Playsore, sehingga siapa saja dapat dengan mudah untuk memiliki dan menggunakan aplikasi tersebut dengan cara mengunduhnya.

Namun tahukah kamu pengertian aplikasi itu sendiri? Untuk sama-sama belajar, yuk simak ulasan kami berikut ini mengenai pengertian aplikasi, jenis, manfaat serta klasifikasi aplikasi berikut ini.

Pengertian Aplikasi

Jika dilihat dari etimologi katanya, aplikasi berasal dari bahasa inggris yaitu “application” yang berarti penggunaan atau aplikasi. Secara umum pengertian aplikasi adalah aplikasi perangkat lunak atau software yang dikembangkan dengan tujuan untuk melakukan tugas-tugas tertentu dan dapat diakses di komputer, laptop dan smartphone.

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan aplikasi, berikut beberapa penjelasan mengenai definisi aplikasi menurut para ahli:

1). Hengky W. Pramana

Pengertian aplikasi menurut Hengky W. Pramana adalah perangkat lunak yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan berbagai aktivitas dan pekerjaan manusia.

2). Harip Santoso

Pengertian aplikasi menurut Harip Santoso adalah sekumpulan file (laporan, kelas, formulir) yang dikembangkan untuk melakukan aktivitas tertentu yang saling berhubungan.

3). Jogiyanto

Aplikasi menurut Jogiyanto adalah penggunaan di dalam komputer, instruksi (instructions) atau pernyataan (statements) yang disusun sedemikian rupa sehingga komputer dapat memproses input menjadi output.

Jenis – Jenis Aplikasi

Aplikasi sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

1). Aplikasi desktop, aplikasi desktop adalah aplikasi yang dikembangkan untuk dijalankan di PC dan laptop.

2). Aplikasi Web, Aplikasi Web adalah aplikasi yang dikembangkan untuk dijalankan menggunakan komputer dan koneksi internet.

3). Aplikasi Seluler, Aplikasi Seluler adalah aplikasi yang dikembangkan untuk dijalankan pada perangkat seluler atau telepon seluler. Aplikasi yang dikembangkan biasanya akan dijalankan oleh banyak jenis sistem operasi. Contohnya adalah aplikasi game mobile yang dapat berjalan di sistem operasi Android maupun di iOS.

Fungsi Aplikasi

Di era modern ini, aplikasi memberikan banyak manfaat baik bagi pencipta maupun pengguna. Fungsi aplikasi tentunya tidak jauh dari tujuannya, yaitu memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berbagai bidang kehidupan. Dari sini dapat diperoleh berbagai fungsi aplikasi untuk kehidupan, antara lain:

1). Dapat mempermudah pekerjaan seseorang

Adanya aplikasi sangat memudahkan seseorang dalam melakukan pekerjaan. Kita hanya perlu mencari nama aplikasi atau fungsi dari sebuah aplikasi di Play Store dan App Store.

Misalnya untuk mencari alamat rumah. kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Google Maps di Play Store dan App Store. Kemudian gunakan untuk melacak alamat ke alamat.

Contoh lainnya adalah penggunaan aplikasi rapat virtual bernama Zoom yang memudahkan seseorang untuk mengadakan rapat tanpa harus bertemu di suatu tempat.

2). Sebagai media hiburan

Fungsi aplikasi lainnya adalah dapat menjadi media hiburan yang menyenangkan. Seperti beberapa aplikasi yang dibuat untuk bermain game, menonton film, berbelanja dan lain sebagainya.

Aplikasi ini dibuat agar seseorang tidak mudah merasa bosan atau bosan dimanapun berada. Maka tidak heran jika saat ini banyak orang yang tidak merasa bosan saat menunggu.

3). Media komunikasi

Satu lagi fungsi aplikasi adalah sebagai media komunikasi. ketika seseorang menggunakan aplikasi tersebut sebagai media komunikasi dan pertemanan. Dengan aplikasi ini, seseorang dapat berteman tanpa batasan jarak.

Artinya seseorang dapat menjalin komunikasi dan persahabatan dengan mereka yang berada atau jauh. Sebut saja seperti Whatsapp, Facebook dan masih banyak aplikasi lainnya yang memudahkan seseorang dalam menjalin komunikasi.

4). Sebagai update berita terbaru

Aplikasi yang dibuat juga dapat berfungsi sebagai media update berita terbaru. Saat ini sudah banyak aplikasi penyedia berita online.

Saat orang menggunakan aplikasi, notifikasi dari aplikasi dapat memberikan update berita terbaru. Dengan begitu, seseorang tidak akan ketinggalan berita terbaru saat itu dan selalu update dimanapun berada.

Klasifikasi Aplikasi

Klasifikasi aplikasi dibagi menjadi enam jenis menurut penggunaannya, adapun pengelompokan aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:

1). Personal Computer Software, jenis aplikasi ini dikembangkan dan sering digunakan dalam perangkat komputer, secara legal dan pribadi.

2). Web Based Softwarte, aplikasi ini dikembangkan dan digunakan sebagai penghubung antara pengguna dan internet secara langsung.

3). System Software, aplikasi ini digunakan untuk mengelola dan mengontrol proses operasi internal dalam sistem komputer.

4). Engineering and Scientific Software, adalah aplikasi yang dikembangkan untuk memudahkan manusia dalam menyelesaikan masalah non-algoritmik.

5). Real Time Software, aplikasi ini digunakan untuk mengamati, menganalisis, dan mengontrol peristiwa dunia nyata yang sedang berlangsung.

6). Perangkat Lunak Bisnis, Business Software adalah aplikasi yang dikembangkan untuk tujuan bisnis, umumnya untuk mengelola sistem keuangan.

Demikian artikel kami mengenai pengertian aplikasi lengkap dengan jenis, manfaat serta klasifikasi aplikasi. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai aplikasi. Terimakasih sudah berkunjung.