Pengertian Anekdot, Pilihan Bahasa, Struktur dan Ciri Umum Teks Anekdot

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kamu sering mendengar atau membaca cerita lucu. Nah, salah satu cerita lucu yang paling umum beredar di masyarakat tak lauin disebut dengan anekdot.

Apa itu anekdot? Untuk menemukan jawabannya, yuk simak ulasan mengenai pengertian anekdot menurut ahli, struktur, pilihan bahasa dan ciri umum anekdot berikut!

Pengertian Anekdot

Apabila diartikan secara umum, anekdot merupakan cerita pendek dan lucu yang digunakan untuk menyampaikan kritik. Kritik yang dimaksud ini ialah melalui sindiran pada peristiwa yang menyangkut banyak orang. Dengan begitu, kritik yang disampaikan tidak menyakitkan atau kasar.

Biasanya, anekdot sendiri menceritakan kisah tentang orang terkenal atau penting berdasarkan apa yang terjadi. Kejadian ini menjadi dasar dari sebuah cerita lucu dengan menambahkan unsur fiksi.

Maka anekdot dibuat sebagai salah satu bentuk kritik yang menyampaikan realitas sosial dengan cara yang unik dan lucu. Untuk mengetahui dan memahami lebih jelas tentang teks anekdot, berikut defisininya menurut ahli!

1). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

KBBI mendefinisikan bahwa anekdot adalah cerita pendek yang menarik karena lucu dan mudah diingat. Biasanya tentang orang penting atau terkenal dan berdasarkan peristiwa yang sebenarnya.

2). Mega Book Oleh Tim Pendidikan Guru

Jika melihat dari pengertian yang disampaikan oleh Mega Book, anekdot adalah teks yang berisi tentang pengalaman seseorang yang tidak biasa yang disampaikan dengan tujuan untuk menghibur pendengar dan pembaca.

3). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, teks anekdot adalah cerita pendek dan menarik. Nah, karena lucu dan mengesankan ini lah biasanya tentang orang penting atau terkenal dan berdasarkan peristiwa yang sebenarnya.

4). Cuddon J.A

Selanjutnya pengertian anekdot menurut Cuddon J.A adalah cerita pendek dan lucu atau menarik yang dapat menggambarkan peristiwa orang yang nyata.

5). Wachidah

Menurut Wachidah, jika dilihat dari sudut penggambaran suatu peristiwa atau peristiwa yang telah berlalu, anekdot mirip dengan teks recount.

6). Dananjaja

Cerita fiksi lucu pribadi dari seorang tokoh atau tokoh-tokoh yang benar-benar ada, merupakan definisi anekdot menurut Dananjaja.

7). Muthiah

Anekdot adalah teks yang berisi tentang pengalaman seseorang yang tidak biasa, pengalaman tersebut disampaikan kepada orang lain dengan tujuan untuk menghibur pembaca atau pendengarnya.

8). Gerot dan Wignell

Menurut Gerot dan Wignell, teks anekdot pada umumnya terdiri dari lima bagian atau struktur, lima bagian tersebut adalah abstrak, orientasi, krisis, reaksi dan koda.

9). Graham Dalam Rahmanadia

Kata anekdot digunakan untuk mengartikan kata "lelucon" dari bahasa Inggris yang berarti narasi atau percakapan “lucu” yang lucu.

10). Wijana

Teks anekdot adalah teks atau wacana yang mengandung humor untuk menyindir, berckamu atau mengkritik secara tidak langsung. Hal yang dikritik pun beragam, yakni segala macam ketimpangan atau penyimpangan yang terjadi di masyarakat penciptanya.

11). Setiawan “1990”

Teks anekdot adalah sebuah cerita naratif atau dialog humor dengan berbagai tujuan, baik untuk hiburan atau lelucon, sindiran atau kritik tidak langsung. Hal-hal yang aneh dan eksentrik bisa dijadikan humor, sehingga tidak menutup kemungkinan semua yang ada di dunia ini dijadikan lelucon.

12). Prasetyo

Anekdot adalah cerita fiktif yang tidak harus berdasarkan fakta yang terjadi di masyarakat, yang sensitif atau yang ikut serta tidak harus orang penting.

Pilihan Bahasa Teks Anekdot

Setelah memahami pengertian anekdot, tentu yang menjadi pertanyaan besar adalah penulisan anekdot itu sendiri.

Untuk memahami hal tersebut, berikut kami sajikan pilihan bahasa dalam teks anekdot!

1). Menggunakan kalimat yang mengungkapkan masa lalu.

2). Menggunakan kalimat retoris.

3). Biasanya menggunakan konjungsi yang menyatakan hubungan waktu. Termasuk juga menggunakan konjungsi yang menyatakan sebab akibat.

4). Menggunakan kata kerja asli.

5). Gunakan kamu seru.

Struktur Teks Anekdot

Karena sudah mengerti mengenai anekdot, termasuk pilihan bahasanya, hal selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah mengetahui struktur dari anekdot. Adapun struktur anekdot yakni:

1). Abstrak, merupakan gambaran awal dalam sebuah cerita anekdot yang akan dibuat.

2). Orientasi adalah pengenalan, dimulai dengan karakter, kondisi, setting atau setting, dan sebagainya.

3). Krisis merupakan saat puncak masalah terjadi. Biasanya krisis diisi dengan sindiran yang akan diarahkan pada seseorang atau sekelompok orang dalam cerita. Krisis dalam anekdot bisa terjadi berulang kali, tergantung ceritanya.

4). Reaksi berupa respon yang diberikan orang-orang di sekitar Kamu terhadap krisis yang telah diberikan. Jumlah reaksi tergantung pada jumlah krisis dalam cerita.

5). Koda merupakan bagian akhir cerita yang menunjukkan situasi akhir dalam setting cerita. Koda adalah bagian penting dari sebuah anekdot.

Ciri Umum Teks Anekdot

Teks anekdot memiliki ciri khas yang membedakannya dengan karya sastra lainnya. Nah, adapun beberapa ciri-ciri teks anekdot adalah sebagai berikut:

1). Terinspirasi dari kejadian nyata yang dijadikan lelucon dalam bentuk cerita atau dialog.

2). Awalnya hanya melibatkan tokoh-tokoh terkenal. Namun seiring berjalannya waktu, penyajiannya berubah menjadi fiksi dan menampilkan tokoh-tokoh yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.

3). Menghibur, walaupun tujuan utamanya adalah untuk mengungkapkan kebenaran yang lebih umum.

4). Terkadang berupa sindiran alami.

5). Anekdot dekat dengan tradisi perumpamaan.

6). Sebagai media untuk menyampaikan kritik dan aspirasi yang memiliki nilai positif kepada publik atau masyarakat.

Demikian artikel kami mengenai menurut ahli, struktur, pilihan bahasa dan ciri umum anekdot.

Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai pengertian anekdot. Terimakasih sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Contoh Soal CPNS Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)

Indonesia memiliki peluang pariwisata alam yang sangat potensial, maka penting untuk dapat bisa memaksimalkannya dengan baik. Melalui Kementerian Pariwisata dan…

Contoh Soal Biologi Kelas 11 SMA dan Jawabannya

Mata pelajaran Biologi diharapkan mampu mengajak siswa untuk mempelajari dirinya sendiri dan alam sekitarnya. Biologi menjadi mata pelajaran yang menarik…

‘Kami Suka Sama Suka’, Pengakuan Pria Beristri Kepergok Berhubungan Intim sama Siswi SMA di Ketapang

Begini kelanjutan kasus oknum pemuka agama yang setubuhi siswi SMA di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Dilaporkan pelaku persetubuhan berinisial GAK…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Batang yang Wajib Dikunjungi

Batang merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Meski keberadaannya tidak cukup populer, namun terdapat banyak objek wisata alam yang…

Suami Diterpa Masalah Anak di Luar Nikah, Zaskia Gotik Ungkap Kondisi Kandungannya

Suami Zaskia Gotik, Sirajuddin Mahmud tengah diterpa isu tak sedap. Dua orang perempuan memiliki masalah dengan Sirajuddin. Pertama Veranosiliyana, yang…

Contoh Soal CPNS Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI)

Kementerian Pertahanan mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang pertahanan dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Dalam melaksanakan…

Ayu Ting Ting Belum Pernah Nikmati Indahnya Pernikahan hingga Pernah Batal Nikah, sang Biduan Tajir Ngaku Pendam Trauma hingga Singgung Soal Jodoh: Takut Dibohongin Lagi…

Pedangdut Ayu Ting Ting belum pernah menikmati indahnya pernikahan. Bagaimana tidak, pernikahan pertamanya dengan Enji Baskoro dirasakan Ayu Ting Ting…

Hasil Test Pack Positif Hamil, Hati Venna Melinda Hancur Usai Periksa ke Dokter, Ferry Irawan Telan Kecewa: Keluarga Terlanjur Heboh

Kabar tak terduga datang dari pasangan Venna Melinda dan Ferry Irawan. Saat bulan madu di Bali, Venna Melinda sempat melakukan…

Kemarin Ngotot Gugat Cerai Sule! Nathalie Holscher Justru Nangis-nangis di Depan Umum Ungkap Pesan untuk Mantan Suami dan Anak Sambung: ‘Kamu Terbaik’

Akhir-akhir ini Sule dan Nathalie Holscher masih hangat menjadi bahan perbincangan publik. Pasangan yang menikah 2 tahun itu saat ini…

Kronologi Penembakan Versi Bharada E, Lepaskan 2 Tembakan Tambahan meski Brigadir J Sudah Terkapar

Bharada Richard Eliezer alias Bharada E, membeberkan kronologi versi dirinya soal kasus penembakan di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo yang…