Pengertian Android, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan dari Sistem Operasi Android

Subtitle goes here

By:

Agustus 26, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu sistem operasi yang berbasis mobile ini? Pada saat sekarang ini, android sangat populer dan banyak digunakan pada berbagai merk smartphone sebagai sistem operasi.

Sebelum membahas lebih jauh, apa sih pengertian android itu? Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai pengertian android secara umum dan menurut para ahli, sejarah singkat dan kelebihan serta kekurangan dari android.

Pengertian Android Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Secara umum, android merupakan sebuah sistem operasi yang diciptakan dan dirancang oleh salah satu perusahaan besar didunia, yakni Google dengan basis kernel Linux. Android sendiri mendukung kinerja dari beberapa perangkat elektronik yang menggunakan touchscreen seperti smartphone ataupun tablet.

Android sendiri bersifat open source, sehingga android memungkinkan untuk digunakan secara bebas,dikembangan dan didistribusikan oleh seorang pembuat dan pengembang software.

Sama halnya dengan orang yang membuat sebuah aplikasi, mereka dapat dengan leluasa menggunakan kode-kode untuk membuat aplikasi yang disediakan oleh Google.

Dengan begitu, android memiliki jutaan bahkan ratusan juta dukungan aplikasi gratis maupun berbayar yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Untuk dapat memahami lebih dalam mengenai pengertian dari android, kami telah merangkum beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian andorid.

Berikut beberapa pendapat para ahli mengenai defenisi dari android.

1. Teguh Arifianto (2011:1)

Teguh Arifianto mengatakan bahwa android merupakan sebuah perangkat yang bergerak pada sebuah sistem operasi pada sebuah smartphone yang berbasis linux.

2. Hermawan

Hermawan mengatakan bahwa android merupakan sebuah sistem operasi mobile yang hadir ditengah banyaknya sistem operasi lain yang berkembang seperti Windows Mobile, IOS dan lain sebagainya.

3. Nazaruddin

Nazaruddin mengatakan bahwa android merupakan sebuah sistem operasi pada sebuah perangkat telepon seluler yang berbasis linux. Android dalam hal ini menyajikan berbagai platform yang bersifat open source sehingga para developer dapat membuat aplikasi untuk diri mereka yang nantinya dapat digunakan pada bermacam peranti bergerak.

4. Akhmad Dharma Kasman (2016:2)

Menurut Akhmad Dharma Kasman, android ialah sebuah sistem operasi pada sebuah perangkat telepon seluler dan komputer yang menggunakan teknologi touch screen dan berbasis linux.

Sejarah Singkat Mengenai Android

Pada awal kemunculannya, android mempunyai target untuk dapat digunakan pada perangkat kamera digital. Akan tetapi, tim pembuat android mempunyai pendapat lain jika pasar kamera digital tidak terlalu memiliki banyak peminat. Karena hal tersebut, mereka memutuskan agar android digunakan pada perangkat ponsel dikarenakan tingginya peminat perangkat tersebut.

Sekitar tahun 2004, Android kemudian diperkenalkan dan dipasrkan sebagai salah satu pesaing bagi sebuah perangkat smartphone yang menggunakan sistem operasi symbian dan windows mobile. Akan tetapi, saat itu kondisi perusahaan sedang mengalami kesulitan untuk menemukan seorang investor.

Namun setelah berbagai cara dilakukan, mereka berhasil mendapat suntikan dana sekitar 10.000 USD dari seseorang yang bernama Steve Periman. Android sendiri diakuisisi oleh Perusahaan Google pada bulan Juli tahun 2005. Pada saat itu, google membeli android dengan biaya 50 juta USD.

Pada akhirnya, para petinggi android sepakat untuk bergabung dengan google untuk memimpin proyek android yang satu ini. Google sendiri membeli android dengan membuat sebuah prototype. Sebagai tambahan, prototype tersebut ialah suatu smartphone yang mempunyai keyboard seperti BlackBerry.

Pada tahun 2007, secara tidak diduga perusahaan Apple meluncurkan produk Iphone yang menggunakan teknologi touchscreen. Karena hal tersebut, android harus berpikir ulang tentang desain yang dapat bersaing dengan produk dari Apple tersebut.

Pada tahun 2010, android akhirnya mengambil alih pasar smartphone untuk bersaing dengan produk Apple. Alasan kenapa android menjadi sebuah sistem operasi yang bisa dengan cepat bersaing dengan apple dikarenakan sistem operasi android tersebut yang gratis dan akhirnya banyak perusahaan yang ingin menggunakannya.

Kelebihan dan Kekurangan dari Sistem Operasi Android

Sistem operasi android juga memiliki beberapa kelebihan serta kekurangan. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari android sebagai berikut.

Kelebihan Android

Berikut dibawah ini beberapa kelebihan Android, antara lain:

1). User Friendly. Android sendiri merupakan sistem operasi yang friendly yang berarti dapat sangat mudah untuk digunakan. Seperti halnya pada sistem operasi windows yang ada pada komputer, jika anda belum pernah menggunakan sistem operasi android, anda perlu sedikit untuk untuk dapat terbiasa menggunakan android.

2). Dengan android, anda akan dengan mudahnya menerima pemberitahuan melalui smartphone anda. Mulai pemberitahuan berupa SMS, E-mail dan lainnya dapat anda lihat tanpa perlu khawatir anda akan ketinggalan pemberitahuan tersebut.

3). Kelebihan lainnya pada android ialah pada tampilannya yang menarik dan tidak kalah bagusnya dengan tampilan pada sistem operasi lain seperti IOS dari Apple. Ini disebabkan karena awalnya android mengambil konsep dan teknologi dari iOS yang kemudian dimodifikasi.

4). Android sendiri bersifat open source. Hal ini berarti para pengguna dapat memngembangkan ataupun memodifikasi android sesuai versi milik pengguna itu sendiri.

5). Android sendiri memungkinkan para penggunanya untuk melakukan multitasking seperti browsing sambil mendengar lagu.

Kekurangan Android

Berikut dibawah ini beberapa kekurangan Android, antara lain:

1). Android sendiri sering melakukan update sistem yang dirasa kurang efektif. Untuk melakukan update sistem tersebut juga tidak mudah. Para pengguna harus menunggu masing-masing dari vendor smartphone yang mereka pakai untuk merilis update dari sistem android tersebut.

2). Penggunaan baterai yang cenderung boros. Jika anda sering mengaktifkan paket data dan widget yang berjalan secara berlebihan, kedua hal tersebut merupakan faktor-faktor yang membuat batrai anda cepat habis.

3). Sering terjadi lag atau error. Hal tersebut terjadi dikarenakan spesifikasi perangkat yang kurang memadai. Meskipun begitu, jika beberapa aplikasi yang membutuhkan kinerja yang berat juga memiliki dampak kepada lemotnya penggunaan smartphone. Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya untuk menginstal aplikasi yang memang sesuai dan memadai dengan smartphone yang anda punya.

Demikian pembahasan mengenai pengertian android secara umum dan menurut para ahli, sejarah singkat dan kelebihan dan kekurangan dari android. Semoga bermanfaat.

0 Comment

Comments closed.