Pengertian Android Studio, Sejarah, Jenis dan Fitur Android Studio

Kemajuan teknologi di bidang komunikasi kini semakin berkembang. Saat ini salah satu aplikasi yang paling populer dalam teknologi komunikasi adalah Android.

Android merupakan aplikasi yang paling sering digunakan orang dibandingkan dengan iOS, maka banyak orang yang mencoba untuk belajar memodifikasi dan membuat aplikasi tersebut. Salah satu cara paling tepat untuk membuat atau memodifikasi aplikasi Android adalah Android Studio.

Banyak orang memilih untuk menggunakan Android Studio daripada alat lain. Hal itu karena belajar membuat aplikasi Android dengan Android Studio sangat cocok untuk programmer tingkat dasar.

Bisa dibilang alat ini memiliki begitu banyak fitur dan fungsi yang memudahkan untuk membuat aplikasi Android. Untuk mengebnal lebih jauh apa iru android studio, yuk simak ulasan kami berikut ini.

Pengertian Android Studio

Android Studio merupakan Integrated Development Environment (IDE) yang merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android.

Android Studio awalnya muncul pada tahun 2013 dan diperkenalkan di Google I/O Conference. Perangkat lunak yang dikembangkan oleh JetBrains dan pertama kali dirilis ke publik pada tahun 2014.

Android Studio adalah software resmi yang didukung penuh oleh Google sebagai induk perusahaan Sistem Operasi Android. Dikembangkan oleh Sebelum Google secara resmi meluncurkan dan mendukung penuh Android Studio, Google telah mendukung Eclipse.

Dimana dulu Eclipse adalah sebuah software atau IDE yang digunakan oleh para developer android untuk mengembangkan aplikasi android.

Tapi sekarang Google telah menghentikan dukungan penuh untuk Eclipse. Meski begitu Eclipse tetap bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi android.

Sejarah Android Studio

Android Studio pertama kali diumumkan pada Google I/O Conference pada tahun 2013 dan dirilis untuk umum pada tahun 2014.

Sebelum lahirnya Android Studio, aplikasi pada Android dikembangkan dengan Eclipse IDE yaitu Java IDE. Setelah itu android studio open source dapat memudahkan anda yang ingin membuat aplikasi dengan android studio.

Android dapat menyediakan interface bagi kita untuk membuat aplikasi dan mengelola manajemen file aplikasi. Untuk bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java.

Di Android Studio, kita hanya perlu menulis, mengedit, menyimpan, dan menguji proyek bersama dengan file lain dalam proyek menggunakan dengan android studio.

Tidak hanya itu, kelebihan menggunakan Android Studio juga memberikan akses ke Android Software Development Kit (SDK). SDK adalah ekstensi dari kode Java yang memungkinkannya berjalan mulus di perangkat Android.

Java diperlukan untuk menulis program, sedangkan Android SDK diperlukan untuk menjalankan program di Android. Jadi dengan menggabungkan keduanya, kita membutuhkan Android Studio.

Sehingga ketika kita menemukan bug di aplikasi, kita dapat mengetahui bug tersebut dengan menggunakan Android Studio untuk memperbaikinya

Jenis Android Studio

Android Studio yang saat ini digunakan orang memiliki beberapa versi. Jenis-jenis Android Studio yang tersedia adalah sebagai berikut:

1). Android Studio versi Canary

Android Studio Canary dapat digunakan jika kita ingin mendapatkan jenis rilis apa pun.

Jika menggunakan versi canary ini, programmer bisa menggunakan fitur baru saat baru diluncurkan tanpa harus menunggu lama. Biasanya update untuk versi canary ini dirilis setiap minggu.

2). Android Studio versi Dev

Versi canary yang telah teruji secara klinis dan untuk beberapa waktu akan dipilih dan menjadi versi Dev. Versi Dev digunakan untuk menguji fitur baru secepat mungkin kepada pengguna.

3). Android Studio versi Beta

Jika kamu ingin menggunakan Android Studio dengan fitur baru tetapi risiko bug kecil, gunakan versi beta. Versi ini dirilis biasanya sudah memiliki fitur baru tetapi dengan beberapa bug.

4). Android Studio versi Stable

Android Studio versi stabil adalah versi yang semua fiturnya telah diuji sepenuhnya melalui versi-versi di atas. Jadi versi ini memiliki stabilitas tinggi dan kinerja yang sangat baik.

Jika kamu masih pemula, disarankan untuk menggunakan versi stabil karena versi ini cenderung tidak memiliki banyak masalah.

Fitur di Android Studio

Selain sebagai editor kode dan fitur developer intelligence yang andal, Android Studio menawarkan banyak fitur yang meningkatkan produktivitas dalam membuat aplikasi Android, seperti:

1). Sistem build berbasis Gradle yang fleksibel.

2). Emulator cepat dan kaya fitur.

3). Lingkungan terpadu dapat mengembangkan aplikasi untuk semua perangkat Android.

4). Terapkan perubahan untuk mendorong perubahan kode dan sumber daya ke aplikasi yang sedang berjalan tanpa memulai ulang aplikasi.

5). Template kode dan integrasi GitHub untuk membantu kita membangun fitur aplikasi umum dan mengimpor kode sampel.

6). Framework dan alat pengujian yang lengkap.

7). Alat Lint untuk merekam kinerja, kegunaan, kompatibilitas versi, dan masalah lainnya.

8). Dukungan C++ dan NDK.

9). Dukungan bawaan untuk Google Cloud Platform, yang memudahkan integrasi Google Cloud Messaging dan App Engine. Halaman ini memberikan pengenalan fitur dasar Android Studio.

Demikian artikel kami tentang pengertian android studio lengkap dengan sejarah, jenis dan fitur android studio.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu mengenai apa itu Android Studio. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN