Pengertian Android, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan Android

Di era digital ini, keberadaan Android menjadi hal yang penting bagi seseorang. Sebut saja saat keluar rumah, Android membuat GPS yang kamu gunakan bisa terhindar dari kemacetan sehingga bisa cepat sampai ke tempat tujuan, tidak hanya itu, masih banyak kemudahan lain yang diberikan oleh Android.

Untuk mengenal lebih jauh tentang Android, mari simak ulasan kami tentang pengertian Android, sejarahnya, serta kelebihan dan kekurangan Android di bawah ini.

Pengertian Android

Android adalah sistem operasi berdasarkan versi modifikasi dari kernel Linux . Android dirancang untuk perangkat mobile terutama layar sentuh seperti smartphone dan tablet.

Sistem operasi ini pertama kali diluncurkan pada bulan September 2008, dimana Android dikembangkan oleh Open Handset Alliance yang disponsori secara komersial oleh Google.

Selain itu, Android juga merupakan software gratis dengan open source, artinya pengguna dapat mengembangkan sistem operasi yang ada pada android. Android juga memiliki toko aplikasi bernama Google Play Store.

Tentunya bagi kamu yang menggunakan smartphone dengan sistem Android, sudah tau dengan Google Play Store ini yang dapat dengan bebas mengunduh berbagai aplikasi atau game.

Saat ini Android memiliki beberapa versi yang telah dirilis, mulai dari Android 1.0 hingga yang terbaru Android 11. Menariknya, pada sistem operasi ini terdapat beberapa versi yang menggunakan nama dessert sebagai penanda, muali dari huruf A,B dan seterusnya.

Contohnya Android Cup Cake, Donut, Froyo, Jelly Bean, KitKat, Marshmallow, Oreo hingga Pie. Mungkin kedepannya versi Android hanya akan menggunakan sistem penomoran saja, seperti halnya Android 10 dan Android 11.

Sejarah Android

Sejarah Android sendiri dimulai pada tahun 2007. Saat itu, OS ini resmi dikembangkan oleh Open Handset Alliance, sebuah konsorsium (asosiasi) yang terdiri dari 84 perusahaan. Beberapa di
antaranya adalah perusahaan multinasional ternama seperti Google, Intel, Sony, dan Samsung.

Pada awal pembuatannya, Android ditargetkan untuk penggunaan perangkat kamera digital. Namun, pencipta Android, yakni Andy Rubin, Chris White, dan Nick Sears berpendapat bahwa pasar kamera digital tidak begitu besar. Oleh karena itu, sistem operasi ini kemudian dialihkan penggunaannya pada smartphone.

Para pendiri Android kemudian bergabung dengan Google dan memimpin proyek tersebut. Setelah Google akhirnya bersaing di perangkat smartphone yang dibelinya yaitu Android, Google akhirnya membuat prototipe. Prototipenya adalah smartphone yang memiliki keyboard, seperti milik Blackberry.

Meskipun diperkenalkan pada tahun 2007, Android baru benar-benar digunakan secara masal seiring dengan diluncurkannya ponsel Android pertama pada tahun 2008, yaitu HTC Dream.

Sepanjang sejarahnya, Android juga telah diupgrade beberapa kali. Dan setiap peningkatan memiliki nama versi yang berbeda seperti yang kita gunakan saat ini.

Kelebihan Android

Jika kamu masih penasaran mengapa banyak brand smartphone menggunakan Android, berikut alasannya:

1). Android bersifat open source

Siapa pun dapat menggunakannya secara gratis. Sangat mudah bagi para developer atau pengembang untuk mengoptimalkan dan mengembangkan OS ini untuk smartphone yang mereka buat.

2). Harga bervariasi dan banyak aplikasi tersedia di Google Play Store

Ada yang bilang harga android cukup terjangkau, ada pula yang memiliki harga jual tinggi. Jadi, smartphone Android bisa menjangkau semua kalangan. Namun, semakin tinggi harganya, semakin bagus spesifikasinya.

Selain itu kita juga dengan mudah mendapatkan aplikasi yang tersedia di google play store. Hal ini juga tidak terlepas dari sifat Android yang merupakan sistem operasi Open Source. Pengembang juga diperbolehkan untuk mengembangkan aplikasi berdasarkan kode sumber Android.

3). Mudah dimodifikasi

Terdapat banyak komponen yang bisa kamu reset atau modifikasi, mulai dari ROM hingga custom overclock pada sistem operasi.

Hal ini dapat mempengaruhi kinerja ponsel pintar berbasis Android sehingga dapat bekerja lebih cepat dan sesuai keinginan.

4). Android dapat digunakan di berbagai merek smartphone

Kamu tidak perlu takut untuk menggunakan Android, karena Android memiliki user interface yang user friendly.

Jadi, tidak butuh waktu lama bagi pengguna baru untuk memahaminya. Selain itu, Android tidak seperti iOS yang hanya bisa digunakan di perangkat Apple.

5). Adanya Cloud Storage

Dengan memasukkan akun Google, pengguna dapat menyinkronkan di beberapa perangkat, seperti Gmail dan produk Google lainnya. Google Drive memberi pengguna penyimpanan gratis sebesar 15 GB untuk setiap akun.

6). Dapat Mengembalikan dan mencadangkan Aplikasi

Dengan fitur ini di Android, pengguna dapat mencadangkan atau memulihkan data mereka. Baik itu berupa aplikasi, file atau yang lainnya.

Kekurangan Android

Meski memiliki banyak kelebihan, ada beberapa kekurangan Android yang perlu kamu ketahui juga. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1). Sistem kerjanya cukup berat

Hal ini menyebabkan banyak memori yang dibutuhkan, baik RAM maupun ROM. Untuk smartphone yang memiliki kapasitas RAM dan ROM kecil, tentu hal ini akan menghambat kinerja dari android.

Apalagi jika banyak program yang berjalan di latar belakang smartphone Android. Maka terkadang membuat baterai agak boros.

2). Hasil modifikasi seringkali menyebabkan sistem bekerja tidak stabil dan kurang optimal

Terkadang hasil modifikasi menyebabkan OS menjadi sedikit lambat dan kurang responsif. Nantinya bisa mempengaruhi hardware sehingga cepat panas dan kapasitas memori lebih mudah bocor.

3). Kurang responsif bila disandingkan dengan spesifikasi hardware yang buruk

Hal ini terjadi ketika kapasitas penyimpanan RAM atau kecepatan prosesor yang digunakan rendah. Selain itu, Android juga rawan lag. Hal ini disebabkan karena banyaknya program yang berjalan di dalamnya.

Demikian artikel kami tentang pengertian android lengkap dengan sejarah, serta kelebihan dan kekurangan android.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan anda tentang android. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Pesan Pilu Tubagus Joddy Sopir Vanessa Angel Untuk Ibunda: Anggap Saja Aku Lagi Mondok di Pesantren

Tubagus Joddy telah ditetapkan sebagai tersangka kecelakaan di Tol Jombang Mojokerto pada 4 November 2021 yang menyebabkan Vanessa Angel dan…

Luna Maya Banjir Simpati Netizen Usai Jalani Pembekuan Sel Telur

LUNA Maya telah menjalani prosedur pembekuan sel telur. Ia pun banjir simpati dari netizen yang mengetahui kabar ini. Sebagai informasi,…

Pelakor Digunduli Istri Sah, Ketangkap Basah Berhubungan Intim dengan Suami Bosnya Usai Dijebak

Seorang gadis muda yang merupakan karyawan salon kecantikan tak berkutik di hadapan bosnya. Ia tertangkap basah sedang mesum dengan suami…

2 Bulan Lagi Menikah, Venna Melinda Baru Tahu, Ferry Irawan Pengangguran, Cuma Obral Janji Manis

Dimabuk asmara, ungkapan itu tampaknya pantas disematkan pada dua artis tanah air Venna Melinda dan Ferry Irawan. Di usia yang…

Mulai 2023, Tenaga Honorer Tak Lagi Dipakai di Instansi Pemerintahan, Hanya Ada PNS dan PPPK

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menegaskan, hanya ada dua jenis pegawai di instansi pemerintahan,…

Pengertian Bank Central, Sejarah, Tugas dan Otoritas Bank Sentral (Bank Indonesia)

Ketika berbicara tentang bank, hal yang biasanya terlintas dalam pikiran adalah kegiatan praktis seperti transfer, pembayaran atau penerimaan uang, dan…

Bawa Acara Religi di Bawah Pengaruh Sabu-sabu, Abdel Seret Mamah Dedeh dalam Cerita Kelamnya

Komedian Abdel Achrian atau kerap disapa Cing Abdel sempat membawakan acara religi bersama Mamah Dedeh sejak tahun 2007 silam. Selain…

Pengertian Marketing, Jenis – Jenis dan Tujuan Marketing

Mungkin kita semua sudah sering mendengar istilah marketing. Marketing disebut juga dengan pemasaran. Pada dasarnya, marketing adalah proses manajemen dimana…

Pantas Nagita Slavina Miliki Kulit Putih Bening Nan Mulus, Ternyata Rieta Amilia Santap Buah Favorit Sejuta Umat Ini Jelang Melahirkan

Seantero negeri sudah pasti iri sekaligus takjub melihat sosok Nagita Slavina yang punya kulit putih dan bersih. Ternyata Rieta Amilia…

Disosor Reza Rahadian hingga Lakoni Adegan Ranjang, Anya Geraldine Beberkan Nasib sang Pacar, si Pelakor Ungkap Hobi Barunya

Jika mendengar nama Anya Geraldine, tentu banyak yang langsung teringat akan sosok pelakor dalam serial Layangan Putus. Ya, karier Anya…