Pengertian Algoritma, Fungsi dan Ciri-Ciri Algoritma

Subtitle goes here

By:

Agustus 31, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Pernahkah anda sebelumnya mendegar kata algoritma? Kata algoritma sendiri berkaitan dengan bahasa pemrograman dan juga ilmu komputer. Bagi anda yang berkuliah jurusan IT, algoritma sendiri bukan menjadi suatu hal yang asing.

Namun, apa sih sebenarnya pengertian dari algoritma? Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas pengertian algoritma secara umum dan menurut para ahli, fungsi dan ciri-ciri algoritma.

Pengertian Algoritma Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Secara umum, algoritma didefenisikan sebagai suatu urutan atau juga langkah-langkah sistematis dalam pemecahan suatu masalah.

Terdapat tiga langkah dalam menyusun sebuah algoritma, yaitu langkah pertama merumuskan langkah-langkah pemecahan suatu masalah secara logis, langkah kedua menggabungkan kalimat dengan mengutip penggalan stratements yang ada di suat bahasa pemrograman. Langkah terakhir yaitu dengan menggunakan suatu flowchart.

Untuk dapat mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian dari algoritma, kami telah merangkum beberapa pendapat para ahli mengenai defenisi dari algoritma. Berikut beberapa defenisi para ahli mengenai pengertia algoritma.

1. Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi

Menurut Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi yang merupakan seorang ahli matematika dari Uzbekistan mengatakan bahwa algoritma merupakan sebuah metode khusus yang dapat dipakai untuk menyelesaikan suatu perkara.

2. Donald Ervin Knuth

Menurut Donald Ervin Kruth, algoritma merupakan kumpulan-kumpulan aturan berhingga yang memberika sederet operasi-operasi dalam menyelesaikan suatu permasalahan tertentu.

3. S. E. Goodman dan S. T. Hedetniemi

Menurut S. E. Goodman dan S. T. Hedetniemi, algoritma merupakan suatu urutan terbatas dari beberapa operasi yang terdefenisi dengan baik dimana masing-masing membutuhkan memori serta waktu yang terbatas didalam menyelesaikan suatu masalah.

4. Seymour Lipschutz dan Marc Lipson

Seymour Lipschutz dan Marc Lipson yang merupakan seorang praktisi matematika serta komputer berpendapat bahwa algoritma ialah suatu daftar langkah-langkah yang terhingga dari suatu intruski yang dapat didefenisikan dengan jelas dan digunakan dalam menemukan jalan keluar dari suatu permasalahan tertentu.

5. Marvin Minsky

Marvin Minsky yang merupakan seorang pakar AI atau Artificial Intelligence ini menyatakan bahwa algoritma merupakan seperangkat aturan yang memberitahukan kepada kita dari waktu ke waktu dalam melakukan suatu tindakan.

6. Andrey Andreyevich Markov

Andrey Andreyevich Markov yang merupakan seorang ahli matematika Rusia berpendapat bahwa algoritma merupakan suatu hal yang umum untuk dapat dimengerti sebagai sebuah keputusan yang tepat dalam mendefenisikan prose komputasi yang mengarahkan dari data awal ke hasil yang diingin dicapai.

7. Stone dan Knuth

Menurut Stone dan Knuth, algoritma merupakan seperangkat aturan yang tepat dalam mendefenisikan urutan operasi hingga sedemikian rupa. Oleh karena itu, setiap aturan yang sedemikian rupa berakhir dalam waktu yang terbatas.

Fungsi Algoritma

Sebelumnya kita telah membahas mengenai defenisi dari algoritma. Selanjutnya, kami akan membahas mengenai fungsi algoritma. Sebuah algoritma pada dasarnya memiliki sebuah fungsi untuk memecahkan suatu masalah. Berikut beberapa fungsi algortima yang sebagai berikut.

1). Algoritma pada pemrograman mampu menyelesaikan suatu perkara rumit yang terjadi dalam program yang melibatkan perhitungan yang tinggi. Ketika menggunakan perhitungan sering terjadi sebuah program tidak berjalan dengan baik sehingga digunakannya algoritma dengan tujuan untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut.

2). Algoritma pemrograman dapat memudahkan program, dari program yang besar menjadi program yang lebih sederhana. Dengan begitu, peggunaannya dapat menjadi lebih efektif dan efisien.

3). Fungsi sebuah algoritma bukanlah fungsi yang hanya dapat digunakan sekali saja, melainkan dapat digunakan secara berulang sehingga memberikan anda keuntungan dalam meminimalisir penulisan program yang berulang. Hal ini secara tidak langsung memberikan anda kemudahan dalam pembuatan sebuah program.

4). Dalam proses pembuatan program, tidak jarang ditemukan beberapa kesalahan dan hal tersebut merupakan hal yang wajar. Algoritma disini berfungsi untuk menemukan kesalahan tersebut sehingga dapat diperbaiki dengan cepat.

5). Adanya alur yang nyata yang dimiliki oleh algoritma pemrograman. Anda mampu menemukan kesalahan dengan cepat dikarenakan program-program tersebut sudah disusun secara rapi sehingga memberikan kemudahan kepada anda dalam melakukan pencarian pada perangkat komputer anda.

Ciri – Ciri Algortima

Meskipun algoritma sendiri identik dengan langkah-langkah yang logis, bukan berarti semua penyelesaian masalah dapat dikatakan sebagai sebuah algoritma.

Donald E. Kruth dalam bukunya yang berjudul The Art of Computer Programming telah mengelompokkan beberapa ciri-ciri algoritma kedalam lima bagian. Berikut kelima ciri-ciri dari algoritma.

1. Keterbatasan (Finitiness)

Sebuah algoritma harus memiliki akhir setelah mengerjakan sejumlah langkah proses dalam penyelesaian masalah. Meskipun suatu langkah dalam menyelesaikan masalah tak terbatas, sebuah algoritma tetap harus berhenti.

Suatu program yang tidak dapat berhenti terindikasi memiliki algoritma yang salah, sehingga harus menerapkan suatu prosedur yang mampu menghasilkan suatu solusi. Baik ada ataupun tidak solusi, maka proses harus tetap dihentikan.

2. Kepastian (Defenitiness)

Setiap langkah yang ada harus dapat didefenisikan dengan tepat serta tidak memiliki arti yang bersifat ganda. Sebuah langkah yang pasti akan sangat memudahkan pembaca dalam memahami setiap langkah yang ada pada suatu algoritma.

Jika langkah yang diterapkan dalam sebuah bahasa pemrograman, kepastian menjadi kunci agar program dapat dijalankan sesuai dengan kebutuhan.

3. Masukan (Input)

Input merupakan salah satu ciri khas dari sebuah algoritma. Biasanya sebuah algoritma memiliki nilai nol atau lebih data masukan. Masukan ialah besaran yang diberikan pada algoritma sebelum dapat dijalankan.

4. Keluaran (Output)

Selain input, sebuah algoritma juga memiliki output pada suatu proses yang dijalankan. Output sendiri merupakan solusi dari penyelesaian masalah yang menggunakan algoritma.

5. Efektivitas

Algoritma harus bersifat efektid dan langkah pengerjaan juga harus dapat dikerjakan dalam waktu yang semestinya. Algoritma bisa disebut efektif jika algoritma sudah menghasilkan solusi yang sesuai dengan permasalahan yang terjadi.

Demikian artikel kami mengenai pengertian algoritma secara umum dan menurut para ahli,fungsi dan ciri-ciri algoritma. Semoga bermanfaat.

0 Comment

Comments closed.