Pengertian Al-Qur’an, Fungsi dan Hikmah Memahami Al-Qur’an dalam Kehidupan

Al-Qur’an merupakan sebuah kitab suci bagi pemeluk agama islam di seluruh dunia, umumnya kitab suci ini sering dibaca umat islam setelah melaksanakan shalat, maupun saat lapang.

Setiap umat muslim akan mendapatkan ketenangan bila sering membaca kitab suci ini, kesejukan hati dan akan menunjukkan sifat yang lemah lembut serta bertutur kata yang baik, hal ini dikarenakan seringnya seorang hamba membaca Al-Qur’an maka hatinya akan mendapatkan ketenangan sehingga akan melakukan kebaikan-kebaikan dalam berbagai hal yang ada.

Jika kita lihat dari bahasa al-qur’an sendiri memiliki arti bacaan atau yang dibaca, sedangkan menurut istilah Al-Qur’an merupakan beberapa firman Allah S.W.T yang di sampaikan kepada Rasulullah S.A.W. sebagai mukjizat dan penerang dari kegelapan.

Karena dalam Al-Qur’an diterangakan segala hal tentang kehiudpan di dunia, penjelasan yang baik dengan yang buruk, solusi setiap permasalahan serta obat-obatan dan segala hal lainnya. Berikut kita akan mengulas lebih lagi mengenai Al-Qur’an.

Pengertian Al-Qur’an

Berikut dibawah ini pengertian Al-Qur’an, antara lain sebagai berikut.

1). Menurut M. Quraish Shihab

Pandangan Quraish Shihab menyatakan pengertian al-qur’an secara harfiah berarti bacaan yang sempurna. Al-Qur’an merupakan suatu nama pilihan Allah yang tepat.

Karena tiada suatu bacaanpun sejak manusia mengenal tulis baca lima ribu tahun yang lalu yang dapat menandingi Al-Qur’an, bacaan sempurna lagi mulia.

2). Subhi as-Salih

Sedangkan Al-Qur’an menurut Dr. Subhi as-Shalih adalah kalam Allah SWT yang merupakan mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW.

Dengan ditulis dalam bentuk mushaf dan diriwayatkan dengan jalan mutawatir (berangsur-angsur), serta bagi siapa yang membacanya adalah ibadah dan merupakan pahala.

3). Syekh Muhammad Khudari Beik

Syekh Muhammad Khudari Beik, mengartikan Al-Qur’an merupakan firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk seluruh umat manusia yang harus dipahami isinya dan diamalkan, dengan jalan atau penyampaian kepada mutawatir, yang ditulis dengan awal surat Al Fatihah dan akhiri surat An Nas.

4). Abu Faiz

Abu Faiz sendiri mengartikan Al-Qur’an sebagai beberapa keutamaan yang akan diperoleh oleh para pecinta Al-Qur’an ini  diantaranya; memperoleh pahala yang sangat besar, selalu bersama para malaikat yang mulia, menghapus dosa dan keburukan, membersihkan hati serta menenteramkan jiwa.

Fungsi Al-Qur’an

Sebagai kitab suci sangat banyak fungsi dari pada Al-Qur’an dalam kehidupan kita sehari-hari. Baik itu sebagai petunjuk, pelajaran dan peringatan serta berbagai hal lainnya yang dapat di gunakan dalam kehidupan kita.

Dengan banyaknya fungsi Al-Qur’an tentu kita sebagai umat akan merasa tenang dan akan lebih yakin jika kita memahami fungsi tersebut, berikut adalah fungsi dalam Al-Qur’an yaitu:

1). Al-Huda (Sebagai Petunjuk)

Al-Qur’an memiliki fungsi yang sangat penting yaitu sebagai petunjuk bagi kehidupan manusia, petunjuk bagi orang beriman dan bertaqwa.

Sebagaimana yang telah tertulis dalam Surah Al-Baqarah 2 : 185 dan Surah Al-Fusilat 41 : 44 yang menyatakan bahwa “Al-Qur’an diturunkan kepada manusia sebagai petunjuk bagi umat manusia.”

2). Al-Firqon (Sebagai Pembeda)

Fungsi Al-Qur’an sebagai pembeda adalah dimana alqur’an membedakan dimana yang halal dan haram, dimana yang hak dan bathil serta pembeda banyak hal.

Pembeda yang ada sangat jelas tertulis di dalam banyak surah pada Al-Qur’an dan bisa kita gunakan untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya.

3). Sumber Pokok Dari Ajaran Agama Islam

Al-Qur’an merupakan sumber pokok dari segala hal bagi umat islam, sebagai mukjizat yang ada Al-Qur’an telah membahas banyak hal di setiap aspek kehidupan kita, seperti persoalan tentang kemanusiaan secara umum baik mengenai ibadah, hukum, ekonomi, politik, ekonomi, sosial, budaya, seni dan semua ilmu pengetahuan.

4). Sebagai Peringatan dan Pelajaran Bagi Manusia

Sebagai pegangangan hidup umat islam sudah tentu al-quran memiliki banyak peringatan dan pelajaran di dalamnya, peringatan seperti keserakahan dan kejahatan pada Allah S.W.T dimasa nabi tertulis jelas hukuman dan siksa yang amat pedih dirasakan oleh orang-orang yang ingkar kepada Allah S.W.T

Selain itu kebaikan-kebaikan dan ketaatan yang dilakukan pasti akan mendapatkan nikmat yang sangat luar biasa adanya. Sehingga kita dapat mengingat dan mempelajari berbagai hal yang telah dikisahkan dalam Al-Qur’an.

5). Asy Syifa (Sebagai Penyembuh)

Fungsi sebagai penyembuh dalam Al-Qur’an sangat banyak di bahas, baik penyembuh pada penyakit fisik, maupun penyakit hati seperti iri dan dengki serta penyakit lainnya telah dijelaskan penawarnya di dalam Al-Qur’an. Sehingga al-qur’an diturunkan sebagai penyembuh dari berbagai penyakit dan persoalan yang ada.

Hikmah Memahami Al-Qur’an

Hikmah kita memahami Al-Qur’an ada sangat banyak, selain menambah keimanan dan menenangkan hati kita, berikut adalah hikmah yang terkandung jika kita memahami al-qur’an

1). Merupakan Amalan Terbaik

Berdasarkan hadits dari Rasulullah Muhammad SAW, ketika membaca Al-Qur’an kita telah melakukan salah satu amalan terbaik yang dapat kita lakukan.

Berdasarkan pengertian Al-Qur’an sebagai kitab, diwajibkan bagi kita semua untuk memahami setiap hal yang ada dalam Al-Qur’an dan mengamalkannya untuk mendapatkan nikmat dan ridho Allah S.W.Y.

Ada sebuah hadits nabi yang mengatakan bahwa “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (diriwayatkan oleh Bukhari), maka dari itu jika kita rutin memahami Al-Qur’an, itu bisa menjadi suatu amalan terbaik.

2). Mendapatkan Derajat yang Tinggi

Kita mungkin sering mengetahui bahwa selain ketakwaannya, Allah tidak membeda-bedakan makhluknya. Menurut sabda Nabi Muhammad, Buhari dan Muslim melaporkan bahwa malaikat yang mulia dan taat akan menemani mereka yang mahir dalam Al-Qur’an.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi di mata Allah, seseorang harus memahami dan mempelajari Al-Qur’an.

3). Mendapat Ketenangan Jiwa

Seseorang akan mendapatkan ketenangan jiwa dan juga mental ketika sering membaca al-qur’an.

Nabi memiliki hadits yang mengatakan bahwa para malaikat Allah akan selalu menemani mereka dalam pengumpulan ilmu membaca Kata-kata Suci Al-Qur’an, sehingga mereka mendapatkan berkah dan rahmat.

4). Mendapat Kebaikan yang Berlipat

Ketika kita memahami alqur’an kita akan mendapatkan berlipat ganda kebaikan yang dijanjikan oleh Allah SWT.

Seperti yang di jelaskan oleh Rasulullah Muhammad SAW pernah bersabda yang diriwayatkan oleh Tirmidzi mengenai Al-Qur’an bahwasanya satu huruf yang dibaca oleh manusia berisi satu kebaikan, dimana ketika kita membaca satu kebaikan saja maka kita akan diganjar dengan sepuluh kebaikannya.

5). Memberikan Syafaat di Hari Kiamat Nanti

Rasulullah dalam hadits riwayat Muslim bersabda yang intinya bahwa di hari kiamat kelak, insyaallah ayat demi ayat yang telah kita baca dan pahami akan membantu meringankan hisab kita, selain itu juga kita akan mendapatkan syafaat al-qur’an jika kita sering membaca kitab yang maha suci ini.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian Al-Qur’an, fungsi, serta hikmah memahami Al-Qur’an dalam kehidupan kita.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan Al-Qur’an. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Buat Ayu Ting Ting Menyesal Usai Gantungkan Cintanya, Ivan Gunawan Bakal Bersaing Lawan Nassar Dekati Desy Ratnasari?

Sudah menjadi rahasia umum, hubungan asmara Ayu Ting Ting dan Ivan Gunawan memang sempat mencuri perhatian. Bahkan kedua orang tua…

Lirik Lagu Kita yang Dinyanyikan oleh Sheila on 7

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Kenapa Jenazah Haji Tidak Boleh Dibawa Pulang? Ini Kata Pemerintah Arab Saudi

Jemaah haji Indonesia yang mendapatkan musibah meninggal dunia saat menjalani ibadah haji, maka jenazahnya tidak bisa dibawa kembali ke Tanag…

Lirik Lagu Nunga Adong Nampuna Au – Nabasa Trio

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Dengan NafasMu yang Dinyanyikan oleh Ungu

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

‘Menantu Saya Sudah Meninggal, Tak Bisa Bela Diri!’, Faisal Bodo Amat dengan Air Mata Tiara Marleen, Siap Penjarakan

Pedangdut Tiara Marleen, menangis karena permintaan damaianya diabaikan oleh Haji Faisal. "Kalau air matanya keluar nanti malu," katanya sembari mengelap…

Lirik Lagu Memilih Lepaskan – Nabila Maharani

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Oh Yerusalem – Victor Hutabarat

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Menghitung Hari 2 yang Dinyanyikan oleh Anda

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Rondo Kempling – Fendik Adella

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…