Pegertian Jaringan Komputer, Jenis – Jenis dan Tujuan Jaringan Komputer

Subtitle goes here

By:

November 25, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Dalam kehidupan ini, mungkin kita banyak mengenal dan mengetahui yang namanya jaringan. Misalnya jaringan komputer, jaringan sel dalam tubuh dan masih banyak lainnya.

Secara umum jaringan adalah suatu titik yang menghubungkan titik yang lainnya dan memungkinkan untuk menjalankan suatu perintah atau intruksi.

Nah kali ini, kita akan membahas salah satu jaringan yaitu jaringanyang ada pada komputer. Untuk mengenal lebih jauh mengenai jaringan komputer, yuk simak ulasan kami mengenai pengertian jaringan komputer, jenis dan manfaat jaringan.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan atau Networking adalah salah satu cabang ilmu dunia IT yang membahas tentang komunikasi antar komputer. Istilah ini juga dapat diartikan sebagai sebuah kumpulan komputer atau perangkat keras yang terhubung secara bersamaan, baik secara fisik maupun logis, dan menggunakan hardware maupun software khusus, yang memungkinkan untuk bertukar informasi dan bekerja sama.

Secara umum, jaringan adalah sebuah sistem operasi yang terdiri dari beberapa komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja sama dalam mencapai suatu tujuan yang sama.

Jaringan atau Network ini juga menghubungkan setiap perangkat untuk bisa saling terhubung satu sama lainnya sehingga bisa mengirim informasi atau data. Dengan adanya jaringan kita dapat mengintegrasi kan system informasi dan menyalurkan arus informasi dari satu area ke area lainnya.

Sedangkan yang dimaksud dengan Jaringan komputer adalah dua atau lebih perangkat komputer yang saling berhubungan atau terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagai sumber data. Setiap titik akhir dalam jaringan memiliki pengidentifikasi, yang biasa disebut sebagai alamat IP atau alamat kontrol akses media.

Jenis – Jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer sendiri juga terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya akan kami jelaskan jenis jaringan komputer yang sering digunakan yaitu sebagai berikut:

1). LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN berfungsi untuk menghubungkan perangkat jaringan dalam kondisi jangkauan yang relatif kecil. Contoh penerapan jaringan LAN adalah sistem jaringan di sekolah, kantor, dan rumah.

Banyak orang cenderung menggunakan konektivitas tertentu, terutama pada token ring dan ethernet. Selain itu, LAN juga menyediakan teknologi jaringan nirkabel menggunakan WiFi dan lebih dikenal dengan WLAN (Wireless Local Area Network).

2). MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah jaringan yang menghubungkan satu perangkat komputer dengan perangkat lain dalam lingkup kota pada jaringan yang sama. Jenis jaringan ini lebih besar dari jaringan LAN.

3). WAN (Wide Area Network)

WAN adalah kumpulan LAN yang tersebar secara geografis. Jaringan WAN cenderung menggunakan teknologi untuk konektivitas jarak jauh.

4). Internet

Jenis jaringan yang satu ini pasti sudah sering kita kenal dan gunakan. Internet adalah jaringan komputer terbesar yang pernah dibuat oleh manusia. Cakupan internet mencakup hampir seluruh pelosok dunia.

Siapapun dapat mengakses berbagai sumber informasi di berbagai perangkat komputer, seperti PC, smartphone, laptop, tablet, TV dan lain sebagainya.

Tujuan Jaringan Komputer

Tujuan utama dari jaringan komputer adalah untuk menghubungkan antara jaringan satu dengan jaringan lain sehingga menghasilkan pesan baik melalui suara, tulisan dan gerakan apabila dalam tubuh.

Semua jaringan tersebut biasanya terhubung melalui beberapa jaringan lain yang ada baik dalam computer maupun telepon yang kita gunakan. Berikut ini adalah tujuan dengan adanya jaringan komputer:

1). Memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien

Banyak pengguna dapat saling berbagi data maupun file tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja.

Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama, serta berbagi pemakaian CPU, Memori, dan Harddsik.

2). Membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date

Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.

3). Membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing).

Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.

4). Memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien

Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif.

5). Membantu aktivitas manusia

Jaringan komputer juga dapat membantu setiap aktivitas manusia menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan jaringan yang baik, setiap aktivitas baik di dalam maupun di luar kantor dapat terkoneksi dengan baik.

Demikian artikel kami mengenai pengertian jaringan komputer lengkap dengan jenis, serta tujuan jaringan komputer. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai jaringan komputer. Terima kasih sudah berkunjung.

0 Comment

Comments closed.