Jasa Pendirian Yayasan di Medan, Biaya Mulai 3 Jutaan!

Sebagai manusia sosial, tentu kita sudah tidak asing dengan yang mananya yayasan. Yayasan merupakan suatu badan hukum yang mempunyai maksud dan tujuan bersifat sosial.

Termasuk juga soal keagamaan dan kemanusiaan, didirikan dengan memperhatikan persyaratan formal yang ditentukan dalam undang-undang.

Bagi kamu masyarakat kota Medan yang ingin mendirikan Yayasan, ada baiknya simak ulasan berikut terkebih dahulu!

Yayasan di Indonesia

Di negara Indonesia, yayasan diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004, tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001.

Dimana pada 7 September 2004, digelar rapat paripurna DPR yang kemudian menyetujui undang-undang ini. Hingga pada bulan berikutnya, tepatnya pada tanggal 6 Oktober 2004, Presiden RI Megawati Soekarnoputri mengesahkannya.

Tentunya sebuah yayasan mempunyai organ khusus yang berpenaruh dalam kehidupan yayasan terkait. Organ dalam yayasan yang dimaksud terdiriatas Pembina, Pengurus dan Pengawas. Pengurus beroeran untuk mengelolaan kekayaan dan pelaksanaan kegiatan yayasan dilakukan.

Tanggungjawab lain oleh pengurus adalah membuat laporan tahunan yang disampaikan kepada Pembina, yang tembusannya kepada Menteri dan instansi terkait mengenai keadaan keuangan dan perkembangan kegiatan yayasan.

Sedangkan pengawas berperan dalam melakukan pengawasan serta memberi nasihat kepada pengurus sebagai pelaksana kegiatan yayasan. Administrasi Pendirian Yayasan Tentunya proses pendirian yayasan meminta berkas administrasi.

Dimana berkas administrasi ini dipersiapkan untuk Akta Pendirian Yayasan dari notaris. Adapun beberapa berkas administrasi yang harus dipersiapkan antara lain:

1). Surat keterangan domisili perusahaan terkait baik dari kelurahan, serta kecamatan setempat.

2). NPWP dari kantor perpajakan atau bisa juga surat keterangan terdaftar, dengan surat keputusan yang dikeluarkan oleh Menhukham Republik Indonesia.

3). Pengumuman yang masuk dalam lembar berita Indonesia dari Perum Percetakan Negara Republik Indonesia.

4). Tanda Daftar Yayasan yang dikeluarkan dari Dinas Sosial.

Nah, semua dokumen yang disebutkan diatas harus diurus pada instansi masing-masing yang menyediakan dokumen tersebut.

Sebenarnya untuk lebih mudah, kamu bisa menggunakan jasa pengurusan untuk mempermudah pendirian yayasan, yang khususnya di kota Medan akan kami begikan beberapa referensi.

Langkah Mendirikan Yayasan

Setelah memahami sedikit terkait pengertian yayasa, perlu diketahui bahwa ada beberapa tahap sebelum mengurus perizinan yayasan.

Adapun langkah pendirian yayasan singkatnya kami rangkum sebagai berikut:

1). Pertama harus dipahami bahwa pendirian yayasan dapat dilakukan baik oleh perorangan maupun badan hukum, dengan catatan harus memisahkan kekayaan pendiri dengan yayasan. Pendirian yayasan tentunya melalui proses akta notaris. Namun mengenai akta notaris ini, terdapat pengecualian yakni untuk orang asing diatur dengan Peraturan Pemerintah.

2). Kedua, lakukan pengesahan status badan hukum yayasan. Selanjutnya apabila telah mendapatkan akta pendirian, akan disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM.

3). Tahap ketiga, yaitu proses pengumuman yayasan yang telah berbadan hukum melalui tambahan berita negara.

Dokumen yang Dibutuhkan Jasa Pengurusan Yayasan

Apabila kamu memutuskan untuk menggunakan jasa pengurusan pendirian yayasan, artinya sebelum melakukan janji temu, kamu harus sudah mengantongi hal-hal berikut:

1). Nama yayasan (sekaligus mempersiapkan dua nama alternatif).

2). Jumlah kekayaan awal dari yayasan yang akan didirikan.

3). Bukti dari modal sebagai kekayaan awal dari yayasan.

4). Fotokopi KTP dari para pendiri yayasan.

5). Fotokopi KTP dari para pembina, pengawas dan juga pengurus yayasan.

6). Fotokopi NPWP ketua yayasan.

7). Fotokopi bukti dari kantor yayasan (dalam hal ini bisa berupa surat perjanjian sewa maupun SPPT PBB).

8). Surat pengantar RT/RW sesuai domisili dari yayasan yang akan didirikan.

Jasa Pendirian Yayasan di Medan

Setelah memahami pengertian dan apa saja yang harus dipersiapkan untuk mendirikan yayasan, langkah kamu selanjutnya adalah menemukan jasa pendirian yayasan yang sesuai.

Ada banyak jasa pendirian yayasan, khususnya di kota Medan yang bisa kamu temukan alamatnya di website ataupun ke kantornya langsung. Adapun beberapa keuntungan menggunakan jasa pendiri yayasan adalah sebagai berikut:

1). Mudah dan tidak merepotkan kamu menjadi keunggulan utama jika menggunakan jasa pembuat yayasan, terlebih bagi kamu yang memiliki jadwal yang padat dan tidak sempat mengurus berkas kesana-sini ataupun sibuk menyesuaikan jadwal dengan notaris.

2). Pembuatan cepat yang biasanya hanya berkisar 2 – 3 hari, artinya kamu tak perlu lama untuk membuat badan hukum legalitas usaha.

3). Pelayanan bisa membantu kamu lebih memahami detail pendirian yayasan, sebab tentu ditangani oleh professional dan terpercaya. Biasanya dengan jasa pendiri yayasan kamu juga dapat konsultasi pembuatan dan pengurusan perizinan usaha lainnya. Misalnya untuk UD, CV dan P, Yayasan, Firma, dan lainnya sebagai bonus.

4). Jika melihat dari singkatnya waktu yang kamu buang, menggunakan jasa pendiri yayasan bisa dikatakan terjangkau dan juga fleksibel. Ditambah lagi dengan dukungan teknologi masa kini, pembayaran jasa pengurusan perizinan usaha sangat fleksibel berdasarkan hasil kesepakatan bersama dengan klien.

5). Keuntungan lainnya adalah revisi yang ditawarkan oleh jasa pendiri yayasan. Termasuk juga membantu kamu menganalisa kebutuhan pendirian usaha.

6). Notaris terbaik yang disajikan tanpa kamu harus repot mencari. Ditambah lagi biasanya notaris yang bekerja sama dengan jasa pengurusan perizinan merupakan notaris terpercaya yang mengantongi izin resmi dari pemerintah.

7). Syarat mudah yang biasanya hanya membutuhkan KTP dan NPWP para pendiri dan komisaris. Biasanya kamu juga bisa sekaligus menguruskan NPWP loh. Dengan beberapa pengisian formulir seperti nama PT, email, nomor hp dan lainnya.

Demikian artikel kami mengenai pengertian yayasan, administrasi, langkah dan jasa pengurusan yayasan di Medan.

Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya bagi kamu yang ingin mendirikan yayasan di kota Medan. Terimakasih sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN