Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Sosok Penting yang Pernah Dampingi SBY Meninggal Dunia, AHY dan Annisa Pohan Berduka: Semoga Amal Ibadahnya Diterima Allah…

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) di era pemerintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Sudi Silalahi, meninggal dunia pada Senin (25/10/2021).

Melansir Kompas.com, Semasa menjadi Seskab dan Mensesneg, Sudi juga menjadi salah satu tokoh yang berjibaku mendampingi SBY di Istana untuk merespons banyak isu.

Isu-isu tersebut seperti kematian Munir, skandal korupsi Hambalang, megaskandal Bank Century, serta perseteruan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang dikenal sebagai peristiwa “cicak vs buaya”.

Namun demikian, SBY membantah tudingan yang menyebut Sudi sebagai bemper pelindung SBY. Tudingan itu menurut SBY benar-benar keliru dan menyakitkan.

Saat Sudi meninggal, Partai Demokrat—partai yang didirikan SBY untuk mengusung dirinya di Pemilu 2004— secara khusus mengungkapkan duka dan kehilangannya.

SBY pun hadir dalam pemakaman Sudi di Taman Makam Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (26/10/2021) siang.

Tak hanya SBY, melansir Grid.id, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Annisa Pohan juga datang langsung ke pemakaman mantan Mensesneg itu.

Dalam unggahan di akun Instagram pribadinya @agusyudhoyono, Selasa (26/10/2021), AHY mengabadikan foto pemakaman Sudi Silalahi yang dilakukan secara militer.

Hal itu dikarenakan Sudi Silalahi merupakan prunawirawan TNI.

Pada foto tersebut, terlihat para anggota TNI melakukan upacara pemakaman secara militer di TMP Kalibata.

Meski tengah diguyur hujan deras, upacara pemakaman tetap dilakukan dengan tertib.

Pada keterangan foto, AHY mengucapkan duka cita mendalam atas meninggalnya Sudi Silalahi.
Bahkan, suami Annisa Pohan itu mengaku kenal baik dengan mantan Mensesneg tersebut.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah berpulang ke Rahmatullah Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi, Menseskab (2004-2009) dan Mensesneg RI (2009-2014) karena sakit”

“Saya mengenal beliau sebagai senior yang baik dan mengayomi. Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT dan keluarganya diberi kekuatan,” tulis AHY.

Ia juga mendoakan Sudi Silalahi dan mengaku akan mengenang kebaikan mantan Mensesneg itu.

“Bersama istri saya @annisayudhoyono kami mengikuti upacara pemakaman Almarhum di TMP Kalibata, yang juga dihadiri langsung oleh Pak SBY, Pak JK dan Pak Boediono.

Selamat jalan Pak Sudi Silalahi.
Jasa dan kebaikanmu akan selalu terkenang,” pungkasnya.

(*)

sumber: hot.grid.id