Doa Mau Tidur dan Bangun Tidur Beserta Artinya

Sebagai manusia normal jelas tidur merupakan kebutuhan sehari-hari untuk beristirahat dari banyaknya aktifitas yang telah dilalui seharian.

Agar tidur kita bernilai ibadah sebagai umat muslim alangkah baiknnya kita mengamalkan sunnah-sunnah sebelum tidur.

Ada banyak sunnah yang bisa dilakukan menjelang tidur agar selalu dalam lindungan Allah Swt., salah satunya adalah berdoa sebelum tidur. Berikut ini doa sebelum tidur:

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Latin : Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut
Artinya : ”Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati”

Disunnahkan pula sebelum kita tidur hendaklah mensucikan diri dengan berwudhu terlebih dahulu agar kita tidur dalam keadaan suci, ingatlah tidur amat dekat dengan pintu kematian maka alangkah baiknya kita dalam keadaan suci.

Dengan berwudhu sebelum tidur maka Malaikat akan membersamai kita sebagaimana salah satu hadist yang diriwayatkan oleh Ibn Hibban:

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

Artinya : ”Barang siapa yang tidur dalam keadaan suci, maka Malaikat akan bersama di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun sampai Malaikat berkata: Ya Allah ampunilah hambamu si fulan ini karena tidur dalam keadaan suci.”

Dilihat dari hadist diatas betapa beruntungnya kita yang selalu membiasakan diri bersuci dengan wudhu sebelum tidur, adapun cara berwudhu sebelum tidur sama halnya dengan cara berwudhu ketika hendak malaksanakan sholat.

Setelah berwudhu kemudian berbaring ditempat tidur dan mengamalkan amalan-amalan sunnah lainnya sebelum diakhiri dengan doa sebelum tidur diatas, perbanyaklah dzikir dengan mengingat Allah Swt.

Kita bisa memulainya dengan membaca Al-fatihah, shalawat Nabi, membaca qur’an surat Al-ikhlas 3 kali balikan An-nas dan Al-falaq dilanjutkan dengan beristigfar, tasbih, tahmid dan takbir lalu diakhiri dengan membaca doa sebelum tidur sebagaimana disebutkan diatas.

Sunnah lainnya ketika hendak tidur adalah miring kekanan sebagaimana hadist Nabi Muhammad Saw.,

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلاَةِ ، ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الأَيْمَنِ

Artinya : ”Apabila kamu hendak berangkat ke tempat tidurmu (tidur) maka berwudhulah sebagaimana kamu berwudhu untuk sholat, kemudian berbaringlah pada sisi badan sebelah kanan.”

Sebagai umat muslim kita harus menyakini bahwa tidak ada satu syariatpun dalam islam yang tidak memberi nilai kebaikan bagi umatnya.

Selain tidur dengan posisi miring kekanan merupakan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw., ternyata posisi tidur miring ke kanan juga memberikan dampak positif dalam segi kesehatan diantaranya:

1). Memberi waktu istirahat untuk otak kiri

Tahukah bahwa kebanyakan kita lebih aktif menggunakan organ tubuh bagian kanan ketimbang bagian kiri, dan yang harus kita ketahui otak kiri merupakan saraf pusat organ tubuh bagian kanan maka dengan kata lain otak kiri lebih sering dipekerjakan.

Dengan posisi tidur miring ke kanan kita memberikan waktu istirahat untuk otak kiri, dan ini amat baik bagi kesehatan.

2). Memberi waktu istirahat untuk lambung

Dengan posisi tidur miring ke kanan proses pengosongan lambung akan terjadi lebih cepat sehingga memungkinkan lambung kita bisa beristirahat.

3). Membuat pernafasan lebih lancar

Tidur miring ke kanan akan menjadikan sistem pernafasan kita berfungsi dengan baik ketika tidur juga menjaga kesehatan paru-paru.

4). Mengurangi beban jantung

Dengan posisi tidur miring ke kanan maka beban jantung akan berkurang hal ini karena jantung tidak tertimpa oleh organ tubuh lainnya disebabkan posisi jantung yang condong ke sebelah kanan.

Setelah tahu bahwa posisi tidur miring kekanan bukan sekadar sunnah Nabi Muhammad Saw., namun ternyata ada penjelasan medis yang mendasarinya alangkah baik kita mulai mempraktikan segala amalan-amalan sunnah sebelum tidur agar tidur bernilai ibadah dan diganjar oleh Allah Swt., serta berikhtiar menjaga kesehatan kita.

Selain doa dan amalan-amalan sunnah sebelum tidur pastinya kita juga harus tahu doa ketika bangun dari tidur, adapun doa ketika bangun tidur adalah sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Latin : Alhamdulillahilladzi ahyanaa ba’damaa amaatanaa wailahinnusyuur
Artinya : ”Segala puji bagi-Mu ya Allah, yang telah meninghidupkan kembali aku dari kematianku, dan hanya kepada-Mu nantinya kami semua akan dihidupkan kembali.”

Dengan membaca doa bangun tidur diatas tandanya kita bersyukur atas karunia hidup yang masih Allah berikan untuk kita. Membaca doa bangun tidur hendaklah diiringi dengan rasa syukur bersungguh-sungguh dalam hati dan menghayati segala nikmat yang telah Allah beri.

Juga kita harus lebih optimis dalam menyambut hari serta menjalani hari dengan nilai-nilai kebaikan agar langkah kita senantiasa dalam lindungan Allah Swt., hingga menjelang waktu tidur selanjutnya.

Usahakan bangun tidur jangan sampai meninggalkan kewajiban sholat subuh sebab tentu saja itu menjadi dosa besar karena meninggalkan salah satu kewajiban kita sebagai umat muslim, alangkah baiknya kita terbangun menjalang terbitnya fajar.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN