15 Contoh Surat Pribadi dan Cara Membuatnya

Pernahkah kamu menulis surat pribadi? Atau apakah kamu tahu seperti apa surat pribadi itu?

Surat pribadi adalah surat antar perseorangan, seperti surat kepada teman, keluarga, kekasih dan lain sebagainya.

Ciri Surat Pribadi

Untuk memudahkanmu mengenali surat pribadi, berikut beberapa ciri dari surat pribadi yang perlu kamu ketahui.

1). Sistem penulisannya bersifat bebas

2). Memakai gaya bahasa yang tidak formal

3). Mengandung banyak kata sapaan

4). Memakai kata ganti orang kedua

Cara Membuat Surat Pribadi yang Baik dan Benar

Nah, sekarang kamu sudah tahukan apa itu surat pribadi itu. Sebelum melihat contoh dari surat pribadi, kamu perlu tahu mengenai cara membuat surat pribadi terlebih dahulu. Berikut cara membuat surat pribadi yang baik dan benar.

1). Teknik Penyusunan

Surat pribadi harus disusun dengan Teknik penyusunan surat yang benar yakni:

  • Penyusunan letak bagian-bagian surat
  • Pengetikan benar, jelas, bersih dan rapi
  • Pemakaian kertas sesuai dengan kepentingan

2). Isi Surat

Isi surat pribadi harus dinyatakan secara ringkas, jelas, dan eksplisit. Sehingga penerima surat akan memahami isi surat dengan tepat dan tidak ragu-ragu. Selain itu, pengirim surat mendapatkan jawaban secara tepat, seperti yang dikehendaki.

3). Bahasa

Dalam pembuatan surat pribadi, bahasa yang digunakan hendaklah bahasa yang baik dan sopan. Selain itu, bahasa surat haruslah logis, wajar, hemat, cermat, dan menarik tentunya.

Contoh Surat Pribadi

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara menulis surat pribadi, selanjutnya kami akan memberikan beberapa contoh surat pribadi yang bisa kamu jadikan sebagai referensimu. Berikut beberapa contoh surat pribadi.

1). Contoh Surat Pribadi untuk Keluarga

Jakarta, 12 Maret 2021
Yth. Paman Budi
Jalan Menara No.23
di Medan

Salam sejahtera,

Semoga rahmat Tuhan menyertai paman sekeluarga di Medan. Bagaimana keadaan paman, bibi dan Aura disana? Tentu baik-baik saja seperti halnya keadaan kami di Jakarta.

Barangkali Paman terkejut dengan datangnya surat ini karena sudah lama kami tidak memberi kabar. Begini Paman, minggu depan tanggal 18 Maret 2021, Dian akan berencana berlibur ke rumah Paman. Sudah lama Dian tidak main ke Medan. Dian sudah kangen dengan Paman, Bibi, dan Aura. Bagaimana mereka sekarang, Paman? Sudah sebesar dan secantik apa Aura, Paman?

Pasti Aura sudah semakin cantik ya Paman. Wah, rasanya Dian ingin sekali cepat liburan ke rumah Paman. Kalau sudah di Medan, Dian diajak jalan-jalan ya, Paman? Ke mana aja deh, yang penting bisa pergi bersama Bibi dan Aura.

Paman, sekian dulu ya surat dari Dian. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati Paman, Dian minta maaf.

Hormat sayang,

Dian

2). Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat

Teruntuk sahabatku,
Narasya
di Tempat

Hai, apa kabar Rasya? Bagaimana keadaanmu sekarang? Gak berasa ya, kita udah enggak ketemu 3 tahun lamanya. Mungkin kalau kita masih di pulau yang sama pasti kita udah nongkrong bareng nih.

Bagaimana dengan skripsimu sya? Semoga skripsi dan sidangmu lancar ya. Aku yakin kamu pasti bisa sih melewatinya dengan baik. Aku tahu kamu orang yang kuat dan pekerja keras. Semangat terus ya. Doakan aku juga ya, semoga skripsiku juga selalu di perlancar. Semoga kita bisa segera bertemu ya.

Salam dari yang lebih manis dari yang termanis dan sampai bertemu ya.

Sahabatmu,

Rika

3). Contoh Surat Pribadi untuk Orangtua

Bandung, 23 Juni 2020

Teruntuk mamaku tersayang
Di Lampung

Assalamualaiku Wr. Wb.
Ma, apa kabar? Semoga doa anakmu ini dikabulkan oleh Allah SWT agar mama selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan. Ma, jangan khawatir, anakmu disini baik-baik saja. Insyaallah lebaran tahun ini aku bisa pulang menemui mama dan keluarga disana karena aku dapat cuti dari kantorku. Aku sangat merindukan mama. Pasti mama juga rindu aku kan? Hihihi.

Oiya, selamat ulang tahun mamaku tercinta. Maaf ya ma karena aku tidak bisa disamping mama saaat ulang tahun mama.

Tapi dari sini aku selalu mendoakan yang terbaik untuk mama. Aku berharap kepada Allah semoga mama selalu diberikan umur yang berkah, kesehatan dan semoga mama selalu bahagia. I Love You Ma.

Mungkin hanya itu dulu yang bisa aku tulis ya ma.
Wassalamualaikum Wr.Wb

Anakmu,

Dita Kirana

Surat pribadi memang berbeda dengan jenis surat yang lainnya. Hal ini karena dalam surat pribadi tidak terpaku pada aturan-aturan resmi yang formal, sehingga dalam pembuatannya lebih mudah.

Selain itu, surat pribadi juga bisa dibuat dengan semenarik mungkin. Jumlah penulisanpun tidak terbatas karena itu kamu bisa menulis dengan jumlah halaman sesukamu.

Namun, walaupun demikian, ketika menulis surat pribadi kamu tetap harus memakai bahasa yang sopan dan mudah dipahami pembaca ya.

Demikianlah beberapa contoh surat pribadi yang bisa kami bagikan untuk kamu. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam menulis surat pribadi untuk orang terkasihmu ya. Terimakasih sudah singgah.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN