10 Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Resign adalah mengundurkan diri dari suatu pekerjaan secara sukarela atau tanpa paksaan. Sebagai seorang karyawan, pastinya ada banyak alasan yang membuat mereka ingin resign dari tempatnya bekerja.

Bisa saja karena lingkungan tempat mereka bekerja yang tidak sesuai, gaji yang tidak sesuai dengan pekerjaan, resign dengan alasan ingin mengurus keluarga sampai dengan masalah kesehatan yang tidak kunjung membaik dan tidak mendukung untuk lanjut bekerja.

Prosedur dalam Melakukan Resign

Untuk kamu yang ingin resign, ada beberapa prosedur atau tahapan umum yang harus kamu lalui ketika ingin resign. Prosedur tersebut adalah sebagai berikut.

1). Karyawan menyampaikan keinginannya untuk resign kepada atasannya.

2). Karyawan membuat surat resign yang ditujukan kepada atasan, manajer, kepala departemen atau divisi dan bagian HRD.

3). Setelah surat resign tersebut diterima dan disetujui, karyawan masih bisa bekerja hingga satu bulan kerja. System ini disebut one-month-notice.

4). Satu bulan ini dipergunakan oleh karyawan untuk proses transfer pekerjaan yang ditinggalkannya agar bisa dilanjutkan oleh penggantinya.

Nah, berdasarkan hal diatas, salah satu prosedur penting ketika seorang karyawan ingin resign adalah pembuatan surat resign.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, surat resign dibuat untuk kepentingan dokumentasi perusahaan yang isinya berupa pemberitahuan secara formal mengenai pengunduran diri.

Selain itu, surat resign juga harus mencantumkan ucapan terima kasih, dan menyinggung sekilas alasan pengunduran diri disertai dengan harapan akan kesejahteraan kantor di masa mendatang.

Karena sebesar apapun rasa benci atau jengkel kita terhadap atasan, tidak ada salahnya menyamatkan kalimat permintaan maaf di surat pengunduran diri atau surat resign.

Prinsip Penulisan Surat Resign

Penulisan surat resign ini juga tetap harus mengikuti prinsip-prinsip yang berlaku umum dalam penulisan surat formal. Adapun struktur surat resign secara umum yaitu:

1). Tempat dan tanggal surat itu dibuat

2). Perihal

3). Ditujukan kepada siapa surat tersebut

4). Salam pembuka

5). Isi surat yang menyatakan nama, jabatan, mulai bekerja sampai dengan selesai, sejak kapan mengajukan pengunduran diri, dan dengan alasan apa memilih mengundurkan diri.

6). Mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan harapan baik buat perusahaan di masa mendatang.

7). Salam penutup

8). Tanda tangan

9). Nama pengirim

Jika kamu sebelumnya sudah menyampaikan langsung ingin resign dengan baik kepada atasan, maka kamu cukup menulis surat resign yang sederhana saja tetapi tetap formal.

Kamu tidak perlu mencurahkan segala kekesalanmu kepada atasan atau rasa kecewamu pada perusahaan dengan panjang lebar.

Kamu juga tidak perlu mengucapkan terimakasih dan pujian yang berlebihan kepada atasan atau perusahaan. Cukup tulis dengan sebaik mungkin dengan mengikuti struktur penulisan diatas.

Contoh Surat Resign

Untuk kamu yang masih bingung bagaimana cara menulis surat resign, berikut telah kami rangkum beberapa contoh dari surat resign yang bisa kamu tiru.

1). Contoh Surat Resign Karena Masa Kontrak Telah Habis

Jakarta, 24 April 2022
Kepada Yth,
Kepala PT. Suka Karya
Jl. Sidorukun No. 79
Jakarta

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : –
Departemen : –
Jabatan : –
No. Karyawan : –

Melalui surat ini yang berdasarkan kepada Surat Kesepekatan Bersama (SKB) terkait karyawan PT Suka Karya serta didasarkan kepada undang-undang kerja Republik Indonesia, saya sebagai salah satu staf Departemen Pemasaran PT Suka Karya, bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri karena telah sampai pada masa akhir kontrak.

Saya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak perusahaan yang telah memberi saya kesempatan untuk belajar dan bekerja secara profesional. Saya juga ingin menyampaikan permohonan maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan yang dilakukan selama bekerja.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini dibuat dengan kesadaran penuh dan tidak ada paksaan dari pihak siapapun. Pembuatan surat ini berdasarkan kepada prosedur hubungan industrial tanpa ada niat buruk apapun. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Edi Santoso

2). Contoh Surat Resign Karena Faktor Kesehatan

Jakarta, 24 April 2022
Kepada Yth.
Manager PT. Suka Karya
Jl. Sidorukun No. 79
Jakarta

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya sebagai Marketing Manager PT. Suka Karya sesuai dengan Surat Keterangan Bersama (SKN) tentang ketenagakerjaan dan undang-undang tenaga kerja, oleh sebab itu saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : –
Jabatan : –
No. Karyawan : –

Ingin mengajukan surat pengunduran kerja dari PT Suka Karya karena faktor kesehatan yang sudah tidak memungkinkan lagi untuk dapat bekerja dengan baik. Saya berharap jika perusahaan dapat memahami kondisi dan memberikan hak-hak yang sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Terimakasih atas segala dukungan dan kesempatan yang telah diberikan selama ini.

Hormat saya,

Edi Santoso

Demikianlah beberapa contoh surat resign yang bisa kami bagikan untuk kamu. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memberikan ide untuk menulis surat resign yang baik, benar, dan sopan dan tidak menimbulkan efek negatif mengenai pengunduran diri kamu. Terimakasih sudah singgah.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN