15+ Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Untuk kamu yang ingin melamar pekerjaan, surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu berkas penting yang harus kamu persiapkan.

Bisa kamu bayangkan berapa jumlah lamaran yang ada di meja manajer HRD. Bisa puluhan, ratusan bahkan ribuan.

Oleh karena itu, surat lamaran pekerjaan yang anda buat membutuhkan seni tersendiri agar tidak berakhir di tempat sampah.

Struktur Surat Lamaran Kerja

Ilustrasi struktur surat lamaran kerja

Ada dua hal yang harus kamu perhatikan. Pertama, surat yang kamu buat harus sesuai dengan aturan yang diberikan hal ini terkait dengan struktur surat.

Kedua, surat yang kamu buat harus mempunyai inner beauty terkait dengan cara penulisan, tata bahasa dan maksud yang ingin disampaikan.

Berikut struktur surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu ketahui, antara lain sebagai berikut.

1). Perihal

Bagian perihal surat lamaran hndaknya diisi dengan posisi pekerjaan yang akan kamu lamar. Hal ini akan membantu pihak perusahaan (rekrutmen) untuk mengenali maksud dari surat tersebut.

Selain itu juga dapat memberikan informasi terkait dengan jabatan pekerjaan yang akan kamu lamar.

2). Tanggal Penulisan Surat

Tanggal pembuatan surat adalah hal wajib yang kamu cantumkan. Surat lamaran kerja yang tidak mencantumkan tanggal pembuatan surat terbaru akan mengurangi keyakinan pihak perusahaan tempatmu melamar pekerjaan terhadap informasi yang kamu cantumkan dalam surat lamaran kerjamu.

Oleh karena itu, selalu update tanggal pembuatan surat lamaran kerjamu sebelum dikirimkan ya.

3). Tujuan Surat

Tujuan surat wajib kamu cantumkan dengan jelas sesuai dengan nama perusahaan tempat kamu akan melamar pekerjaan.

Hal ini akan meyakinkan perusahaan bahwa kamu benar-benar ingin mengikuti seleksi kerja di perusahaan tersebut. Jadi jangan sampai salah ya sobat.

4). Salam Pembuka

Untuk salam pembukka carilah salam yang sifatnya umum dan formal ya. Salam yang umum digunakan adalah “Dengan hormat,”. Pastikan untuk menambahkan koma setelah salam pembuka.

5). Pembuka Surat

Bagian ini berisi ringkasan dari tujuan surat. Yang perlu kamu ingat adalah pastikan kalimat pembuka suratmu jelas dan langsung pada pokok persoalan serta menggunakan bahasa formal yang sopan ya.

6). Isi Surat

Bagian isi terdiri dari 3 bagian yaitu: pertama, identitasmu seperti nama, tempat tanggal lahir, alamat, Pendidikan terakhir dan lainnya. Kedua, alasan kamu melamae pekerjaan disana dan kamu juga dapat menjabarkan kemampuan yang kamu punya. Ketiga, berkas yang dilampirkan, seperti daftar riwayat hidup, Ijazah, foto, dan lain sebagainya.

7). Penutup

Bagian penutup bisa kamu isi dengan harapan agar kamu diterima di perusahaan yang kamu tuju. Jangan lupa pula untuk mengucapkan terimakasih.

8). Tanda Tangan dan Nama

Setelah selesai menulis surat, kamu bisa membubuhkan tanda tangan dan nama lengkapmu. Tuliskan pula kata “Hormat saya,” sebelum menuliskan tanda tangan.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Ilustrasi contoh surat lamaran kerja

Untuk kamu yang ingin melamar pekerjaan dan masih bingung bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik, berikut kami berikan contoh penulisan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.

1). Contoh Surat Lowongan Kerja PT. Angin Ribut

Medan, 15 Maret 2022

Perihal: Surat Lamaran Kerja Bagian HRD

Kepada Yth.
HRD PT. Angin Ribut Jl. Industri 234
Medan

Dengan Hormat,

Berkenaan informasi dari media cetak, koran harian Pantura, tanggal 8 Maret 2022 perihal lowongan pekerjaan di Perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama lengkap : –
Tempat / Tanggal Lahir : –
Jenis Kelamin : –
Pendidikan Terakhir : –
Alamat : –
Telepon : –

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan pada waktu yang akan dating, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:

Pas Foto
Curiculum vitae
Ijazah
Kartu Tanda Penduduk (fotokopi)
Kartu Kelurga (fotokopi)

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenarnya. Atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,
Pemohon

Ahmad Subakti

2). Contoh Surat Lowongan Kerja Guru

Surabaya, 13 Januari 2022

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Kepala Sekolah
SMA Al-Ikhlas Indonesia
di Tempat

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan tentang penerimaan tenaga pengajar baru di SMA Al-Ikhlas Indonesia, Medan, maka untuk itu saya mengajukan lamaran untuk bergabung di SMA Al-Ikhlas Indonesia yang Bapak/Ibu pimpin sesuai dengan kriteria yang saya miliki.

Adapun saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap : –
Tempat / Tanggal Lahir : –
Jenis Kelamin : –
Pendidikan Terakhir : –
Alamat : –
Telepon : –

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu Kepala Sekolah, berikut saya lampirkan:

Fotokopi KTP 1 lembar
Fotokopi ijazah 1 lembar
Fotokopi Transkrip Nilai 1 lembar
Surat Pengalaman Kerja 1 lembar
Surat Keterangan Sehat 1 lembar
Pas Foto Ukuran 4×6 2 lembar
Daftar Riwayat Hidup 1 lembar

Demikian surat permohonan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat bergabung dan diterima menjadi pengajar di SMA Al-Ikhlas Indonesia yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Rizka Amelia

Selain contoh surat lamaran kerja diatas, Anda juga dapat mendownload contoh surat lamaran kerja lainnya antara lain sebagai berikut.

Download | Surat Lamaran Pekerjaan
Download | Surat Lowongan Kerja Bahasa Inggris

Download | Surat Lowongan Kerja Guru
Download | Surat Lowongan Kerja Tulis Tangan
Download | Surat Lowongan Kerja Perusahaan
Download | Surat Lowongan Kerja Email
Download | Surat Lowongan Kerja Fresh Graduate
Download | Surat Lowongan Kerja BUMN
Download | Surat Lowongan Kerja CPNS
Download | Surat Lowongan Kerja di Bank
Download | Surat Lowongan Kerja di PT

Demikianlah pembahasan mengenai contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa kami berikan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan. Terimakasih sudah singgah.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN