10+ Contoh Surat Dinas Resmi dari Berbagai Instansi

Surat dinas adalah surat yang digunakan untuk berkomunikasi antara satu instansi dan instansi lainnya atau antara satu instansi dan perorangan. Surat dinas memiliki fungsi sebagai berikut:

1). Sebagai penyimpanan keperluan karyawan yang bersifat kedinasan.

2). Sebagai pedoman untuk sebuah tugas yakni intruksi, perizinan dan pengambilan keputusan.

3). Sebagai pengingat yang sah dan dapat dijadikan sebagai arsip.

4). Sebagai bukti dalam pengembangan perusahaan yaitu untuk mengetahui perjalanan dinas serta berbagai keputusan yang diambil oleh perusahaan tersebut.

Karakteristik Surat Dinas

Adapun surat dinas dapat terdiri dari surat keterangan, surat undangan, pengumuman, surat edaran, surat kuasa, surat perintah tugas, surat keputusan, surat perjanjian, dan surat pengantar. Surat dinas memiliki karakteristik sebagai berikut:

1). Bahasanya menggunakan bahasa yang resmi atau baku.

2). Sistematika penulisannya harus urut.

3). Memiliki bentuk yang standar.

Bagaimanakah bentuk surat dinas itu? Nah, sebelum melihat contoh surat dinas, kamu perlu memahami terlebih dahulu cara membuatnya.

Surat dinas harus dibuat sesuai dengan format yang baik dan benar. Kamu bisa harus mengetahui cara membuat surat dengan memperhatikan bagian-bagiannya.

Bagian-bagian Surat Dinas

Berikut ini adalah bagian-bagian dari surat dinas.

1). Kepala surat

Kepala surat atau kop surat merupakan bagian paling atas surat dinas yang berfungsi sebagai identitas Lembaga yang mengeluarkan surat dinas.

Biasanya kop surat ini dibuat dengan mencantumkan logo organisasi, nama organisasi, alamat, nomor telepon, dan email.

2). Tanggal surat dinas

3). Nomor, hal, lampiran surat

Nomor surat, hal, dan lampiran surat merupakan struktur wajib dari surat dinas yang terletak di sisi kiri surat. Nomor surat dinas berfungsi untuk memudahkan pihak administrasi terkait dengan pengarsipan dokumen.

Hal surat akan menunjukkan tujuan dari penerbitan surat. Sedangkan lampiran berfungsi untuk menginformasikan ada tidaknyan berkas yang terlampir dalam surat.

4). Nama kota dan tanggal penulisan surat

5). Alamat surat atau ke mana surat itu ditujukan

6). Salam pembuka

7). Pembuka surat

8). Isi surat

Bagian isi merupakan inti dari sebuah surat dinas. Pada bagian ini kamu perlu menerangkan maksud dan tujuan surat dinas dengan Bahasa yang ringkas, padat, dan detail. Hindari cara penulisan yang panjang dan bertele-tele ya.

9). Penutup surat

10). Salam penutup

11). Tanda tangan, cap instansi, nama jelas pengirim

Dalam surat dinas kamu harus mencantumkan nama dan jabatan yang bertanggung jawab terhadap penerbitan surat dinas tersebut.

Selain itu, kamu juga perlu mencantumkan tanda tangan dan stempel cap basah dari instansimu sebagai syarat sah surat dinas yang kamu buat.

12). Tembusan

Tembusan adalah pihak-pihak yang mendapatkan salinan surat yang di alamatkan atau di tuju. Tembusan diletakkan di posisi paling akhir atau bagian bawah dari surat dinas.

Contoh Surat Dinas

Setelah mengetahui cara membuat surat dinas, selanjutnya kami akan memberikan beberapa contoh dari surat dinas. Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

1). Contoh Surat Undangan Sekolah

Dinas Pendidikan Nasional
Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Medan
Jalan Sudirman No. 123 Medan

Medan, 12 Mei 2022
Nomor : 45/GX/PS/V/2022
Lamp : –
Hal : Undangan Pentas Seni

Yth. Bapak/Ibu Guru
SMP Negeri 21 Medan

Dengan hormat,

Dengan ini kami mengundang Bapak/Ibu Guru SMP Negeri 21 Medan untuk menghadiri Pentas Seni yang akan diadakan pada:

Hari, tanggal : Senin, 16 Mei 2022
Tempat : SMP Negeri 21 Medan
Waktu : Pukul 10.00 s.d 14.00 WIB

Atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
Ketua Panitia

Dara Annisa

2). Contoh Surat Keterangan

PT. GERHANA
Alamat : Jl. Ika Bina No.465, Rantau Utara
Website : http://www.gerhanaofficial.com/, Telp: 278468

SURAT KETERANGAN KERJA

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama : –
Jabatan : –
Alamat : –

Bersama dengan surat ini menyatakan bahwa:
Nama : –
Jenis Kelamin : –
Jabatan : –
Alamat : –

Adalah karyawan yang bekerja dengan baik pada perusahaan PT. Gerhana terhitung sejak tanggal 02 Juni 2020 hingga saat ini, berkelakuan sesuai peraturan yang berlaku serta berkontribusi penuh pada perusahaan.

Demikian surat keterangan kerja ini ditandatangani untuk digunakan sesuai kebutuhan dan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya disampaikan terimakasih.

Surabaya, 24 September 2022

Suryadi

3. Contoh Surat Dinas Penugasan Karyawan

PEMERINTAH KOTA KEDIRI
KANTOR LINGKUNGAN HIDUP
JALAN VETERAN NO.08, TELP. (0354) 775937 KEDIRI

SURAT PERINTAH TUGAS

Nomor: –

DASAR :
1. Undangan dari Badan Lingkungn Hidup Provinsi Jawa Timur No. 005/1191/207.2/2012 tanggal 6 Februari 2012
2. Perintah Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Kediri

MEMERINTAHKAN

Nama : –
NIP. : –
Pangkat/Gol : –
Jabatan : –

Untuk : Workshop Penyusunan Dokumen Lingkungan Bagi Industri Rokok dan Penunjangnya

Hari : Jumat-Sabtu
Tanggal : 17 Februari – 18 Februari 2012
Tempat : Hotel The Luna

Kediri, 15 Februari 2012
KEPALA KANTOR LINGKUNGAN HIDUP KOTA KEDIRI

Demikianlah beberapa contoh surat dinas yang bisa kami bagikan untuk kamu. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam menulis surat dinas ya. Terimakasih sudah singgah.

Tentang Penulis:

Luna
Penulis tetap di media Lambeturah sejak 2018. Sudah banyak menulis artikel tapi topik yang paling disenangi adalah gosip dan keuangan.
Komentar Anda
Berita terkait
Loading next page... Press any key or tap to cancel.