10 Contoh Surat Cuti Menikah dan Cara Membuatnya

Pernikahan adalah salah satu moment special dalam hidup. Tak heran jika ada banyak sekali persiapan untuk hari bahagia tersebut termasuk meminta izin kepada atasan bagi para pekerja untuk bisa menikmati acara special tersebut.

Cuti adalah hal yang lazim digunakan untuk karyawan yang ingin menikah dimana pun ia bekerja. Dalam peraturan undang-undang ketenagakerjaan, cuti menikah bagi setiap karyawan baik itu karyawan kontrak ataupun tetap merupakan salah satu cuti penting yang bisa diterima olehnya.

Namun, walaupun cuti menikah adalah hak kamu, tetap saja kamu harus memberitahukan dan meminta izin untuk cuti terlebih dahulu.

Surat Cuti Menikah

Membuat surat izin untuk cuti menikah merupakan suatu hal yang harus dilakukan bagi pegawai yang ingin menikah, apalagi jika pernikahan tersebut diadakan pada saat hari kerja.

Oleh karena itu kamu perlu mengetahui bagaimana contoh dari surat cuti menikah yang baik dan benar. Nah, untuk kamu yang ingin mengetahuinya yuk simak ulasan informasinya berikut ini.

Prosedur Pengajuan Cuti Menikah

Surat permohonan cuti menikah merupakan bagian dari dokumen resmi. Oleh karena itu kamu harus memastikan bahwa hal tersebut menggunakan bahasa yang baik dan formal.

Selain itu, kamu juga harus mengikuti semua ketentuan pengajuan cuti yang ada di perusahaanmu ya. Adapun prosedur untuk mengajukan cuti menikah agar kamu terlihat professional adalah sebagai berikut:

1). Tunjukkanlah surat permohonan kepada orang yang tepat seperti atasan langsung atau ke bagian HRD atau departemen sumber daya manusia.

2). Ajukan permohonan cuti menikah sesegera mungkin setelah memutuskan tanggal pernikahanmu. Ajukan permohonan cuti menikah 2-4 minggu sebelum tanggal ketidakhadiranmu. Dengan memberi jeda waktu yang cukup, kamu dapat memberi kesempatan bagi rekan kerja maupun atasanmu untuk melakukan penjadwalan atau membuat penyesuaian dalam pekerjaan untuk mengatasi ketidakhadiranmu nanti.

3). Pastikan kamu menyebutkan dengan pasti tanggal mulai cuti dan akhir cuti yang akan kamu ambil ya.

4). Tulis surat permohonan cuti menikahmu secara ringkas dan jelas.

5). Ceritakan pula rencana pernikahanmu dengan jujur dan detail. Sampaikan juga rencana kerja yang harus dilakukan kerika kami sedang mengambil cuti, siapa rekan kerja yang akan bertanggung jawab untuk mengambil alih pekerjaanmu dan lain sebagainya.

1). Contoh Surat Cuti Menikah 1

Semarang, 10 September 2022
Perihal : Permohonan Cuti Menikah

Kepada Yth.
Kepala Departemen Personalia
PT Angkasa Raya
di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Widya S
NIK : 12345678
Jabatan : Staff
Divisi : Marketing

Bermaksud mengajukan cuti menikah salama lima hari, terhitung mulai tanggal 14 September 2022 sampai dengan tanggal 18 September 2022.

Saya telah mendiskusikan situasi saya dengan Ibu Ayu selaku Manager Marketing dan akan mengalihkan tugas saya selama berhalangan hadir kepada Saudara Putri untuk memastikan keberlangsungan program kerja.

Demikian surat permohonan cuti ini saya ajukan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Widya S

2). Contoh Surat Cuti Menikah 2

Semarang, 10 September 2022

Kepada Yth.
Kepala Departemen Personalia
PT Suber Baru
di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Sintia Sari
NIK : 12345678
Jabatan : Staff
Divisi : Marketing

Mengajukan permohonan izin untuk tidak masuk kerja karena akan melansungkan pernikahan. Bersama dengan surat ini, saya memohon cuti bekerja selama 1 (satu) minggu penuh mulai dari tanggal 14 September 2022 hingga tanggal 20 September 2022.

Demikian surat permohonan cuti ini saya buat, semoga Bapak berkenan memberikan izin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Sintia Sari

3). Contoh Surat Cuti Menikah 3

Malang, 27 Januari 2022
Perihal : Permohonan Cuti Menikah

Kepada Yth.
Kepala HRD PT HYBER
di Tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Adinda Karina
Jabatan : Staff
Departemen : Production

Dengan ini bermaksud mengajukan izin permohonan cuti menikah selama 3 hari, terhitung dari tanggal 28 Januari 2022 s/d 30 Januari 2022, sehubungan dengan acara pernikahan saya yang akan dilangsungkan pada tanggal 29 Januari mendatang.

Demikian surat permohonan cuti menikah ini saya sampaikan dengan sebenarnya. Atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Adinda Kirana

Itulah beberapa contoh dari surat cuti menikah. Hal yang juga perlu untuk kamu ketahui adalah bahwa sebenarnya cuti untuk melangsungkan pernikahan bisa jadi melebihi waktu yang dijelaskan di dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan lho.

Hal ini bisa terjadi jika perusahaan mu membuat peraturan yang berbeda dengan apa yang diamanatakan Undang-undang terkait dengan durasi cuti menikah.

Selain itu, terkadang terdapat pula perusahaan yang mengatur kapan karyawannya dapat mengajukan cuti tidak bekerja untuk alasan menikah.

Seperti beberapa perusahaan dengan jenis pekerjaan yang mobilitas pekerjaannya tinggi terkadang tidak mengizinkan karyawannya untuk menikah pada tahun pertama ia bekerja di perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, sebelum mengajukan surat cuti menikah, pastikan kamu melihat kembali surat perjanjian kerja mengenai aturan cuti yang ada di perusahaan mu. Selain hal tersebut perhatikan pula tata cara pengajuan cuti menikah yang ada di perusahaan mu ya.

Demikianlah informasi seputar surat cuti menikah beserta contohnya yang bisa kami bagiakan untuk kamu. Kami berharap artikel ini dapat membantu kamu dalam membuat permohona cuti menikahmu.

Semoga acara pernikahanmu nanti dapat berjalan dengan lancar. Terima kasih sudah singgah.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Terungkap Alasan Nathalie Holscher Enggan Menikah Lagi, Trauma Cerai, Singgung Nama Sule

Nathalie Holscher membuat pengakuan apa yang dipendamnya. Jika sudah resmi cerai dari komedian Sule, Nathalie Holscher mengaku trauma untuk membangun…

Kondisi Terkini Istri Irjen Ferdy Sambo Memprihatinkan, Komnas Perempuan: Dia Butuh Pemulihan

Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap (Komnas) Perempuan mengungkap kondisi terkini P, istri Irjen Ferdy Sambo. Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani…

Sudah Putus Urat Malu? Istrinya yang Digugat Cerai Tak Minta Nafkah, Angga Wijaya Justru Ungkap Kemungkinan Tetap Jadi Manajer Dewi Perssik: Ya Enggak Apa-apa

Dewi Perssik dan Angga Wijaya tengah menjalani proses perceraian di PA Jakarta Selatan. Angga Wijaya memutuskan untuk menggugat cerai Dewi…

Contoh Soal CPNS Kementerian PAN-RB

Apakah Anda merupakan salah satu peserta CPNS Tahun 2023 di lingkungan Kementerian PAN-RB? Sebelum melangkah lebih jauh, sudahkah Anda mengetahui…

Doa Qunut dan Artinya Serta Tata Cara Melakukan Sholat Subuh

Doa qunut biasa dipakai dalam sholat subuh sebelum sujud dirakaat ke-2, berikut ini bacaan doa qunut: اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ…

9 Cara Budidaya Cabai Rawit Agar Hasil Panen Melimpah

Cabai rawit, atau sering juga disebut dengan cabe rawit adalah komoditas tumbuhan anggota genus Capsicum. Penggunaan cabai rawit sebagai bahan…

Rizky Febian Masuk Kubu Nathalie Holscher? Anak Sulung Sule Curigai sang Ayah Main Serong, Begini Faktanya!

Nathalie Holscher memang tidak mau mengungkapkan alasannya cerai dari Sule secara gamblang. Namum, Rizky Febian pernah mengungkapkan kecurigaannya terhadap Sule…

Tak Puas Gergaji Rahang dan Potong Leher, Lucinta Luna Kembali Jalani Operasi Ganti Kulit: Mohon Doanya

Lucinta Luna kembali mengabarkan kondisi dirinya setelah melakukan serangkaian operasi. Melalui Instagram Story-nya, Lucinta Luna terlihat masih berada di rumah…

Contoh Soal AKM SD Kelas 6 dan Pembahasannya

Dengan sistem Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) siswa akan termonitor perkembangannya dalam penguasaan materi yang telah diajarkan. Kemampuan literasi dan numerasi…

‘Saya Mampu untuk Semuanya!’ Bantah Menikah Karena Ingin Kuasai Harta, Nathalie Holscher Ternyata Pernah Dekat dengan Pengacara Ini Sebelum Dipinang Sule, Siapa?

Nathalie Holscher dan Sule tengah menjalani proses perceraian di PA Cikarang. Nathalie Holscher memutuskan untuk menggugat cerai Sule meski belum…