Contoh Soal CPNS Badan Intelijen Negara (BIN)

Sesuai dengan namanya, Badan Intelijen Negara (BIN) adalah Lembaga Pemerintahan Non Kementerian yang bertugas melaksanakan pemerintahan di bidang intelijen, berkedudukan di bawah Presiden dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

Dalam melaksanakan tugasnya, Badan Intelijen Negara menyelenggarakan fungsi berikut:

1). Pengkajian dan penyusunan kebijakan nasional di bidang intelijen;

2). Perumusan dan pelaksanaan kebijakan tertentu di bidang intelijen;

3). Pengaturan dan pengkoordinasian sistem intelijen pengamanan pimpinan nasional;

4). Perencanaan dan pelaksanaan kegiatan dan/atau operasi intelijen dalam dan luar negeri;

5). Pengolahan, penyusunan, dan penyampaian produk intelijen sebagai bahan pertimbangan dalam penyelenggaraan pemerintahan;

6). Pengkoordinasian pelaksanaan, fasilitasi dan pembinaan kegiatan instansi pemerintah di bidang intelijen;

7). Penyelenggaraan pembinaan dan pelayanan administrasi umum di bidang perencanaan dan keuangan, kepegawaian, perlengkapan, hukum, organisasi dan tata laksana serta rumah tangga di lingkungan bin;

8). Pengawasan dan pengendalian atas pelaksanaan tugas bin.

Dari tugas dan fungsi BIN di atas, Anda dapat melihat betapa pentingnya peranan BIN untuk sebuah negara dalam hal mendapatkan informasi yang tepat waktu dan relevan. Apakah Anda tertarik untuk menjadi bagian dari Badan Intelijen Negara?

Untuk membantu Anda mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai tahapan seleksi CPNS. Silakan Download Soal CPNS Badan Intelijen Negara pada link di bawah ini:

Link Download

Semoga informasi yang dimuat dalam artikel Download Soal CPNS Badan Intelijen Negara ini dapat membantu memudahkan Anda dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti tes CPNS. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN