Contoh Soal AKM SMP Kelas 8 dan Pembahasannya

Mutu pendidikan yang bagus adalah faktor penting yang akan membawa banyak perubahan baik bagi sekolah, hal ini yang lantas membuat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan membuat kebijakan baru berupa Asesmen Nasional (AN).

Asesmen Nasional hadir dengan tiga komponen pokok, yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

erbeda dengan Ujian Nasional (UN), Asesmen Nasional akan memberikan penilaian pada peserta didik secara berkala, dengan cara mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

Melalui Asesmen Nasional ini, diharapkan sekolah dasar dan menengah memiliki kesetaraan mutu pendidikan, menghasilkan karakter siswa yang mampu berkontribusi secara positif di masyarakat, dan menciptakan iklim belajar yang nyaman.

Ketiga hal tersebut, akan membuat siswa mampu berkembang dan belajar dengan lebih efektif. Anda bisa memberikan latihan soal-soal AKM pada peserta didik, sehingga mereke bisa lebih terbiasa dan lebih memahami konsep dari soal-soal AKM.

Berikut link Download Soal AKM SMP Kelas 8:

Link Download

Asesmen Kompetensi Minimum merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan peserta didik agar mampu mengembangkan kapasitas diri untuk berpikir logis dan sistematis, mengembangkan kemampuan bernalar menggunakan pengetahuan yang telah dipelajari, serta kemampuan mengolah dan memilah informasi yang diterima dari berbagai media.

Bentuk soal yang dibuat relevan dengan kehidupan sehari-hari, seharusnya akan memicu adanya tindakan nyata yang positif dan sesuai dengan konsep serta konteksnya.

Semoga informasi yang dimuat dalam artikel Download Soal AKM SMP Kelas 8 ini bermanfaat. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN