Contoh Soal AKM SMA Kelas 12 dan Pembahasannya

Jika kelas 12 identik dengan Ujian Nasional (UN), kini tidak lagi perlu menjalaninya. Asesmen Nasional (AN) menjadi sebuah program atau sistem baru dalam dunia pendidikan yang memiliki peran untuk menggantikan UN.

Hadir dengan sistem penilaian yang sangat berbeda, sehingga memberikan sudut pandang baru dalam memberikan nilai pada siswa dan mengukur mutu sekolah.

Asesmen Nasional memberikan penilaian mengenai mutu sekolah, karakater siswa, dan iklim satuan pendididkan. Mutu sekolah dinilai dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur kompetensi mendasar siswa, yakni literasi dan numerasi.

Survei Karakter berfungsi untuk mengukur sikap, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa. Adapun Survei Lingkungan Belajar yang berfungsi mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun pada tingkat sekolah.

Dengan mengerjakan latihan soal-soal AKM, siswa akan lebih terbiasa mengerjakan soal dengan konsep serupa, sehingga akan memudahkan siswa dalam mengerjakannya. Berikut kami sediakan link Download Soal AKM SMA Kelas 12 di bawah ini:

Link Download

Kerjasama dan usaha dari seluruh pihak sekolah akan membuat sekolah mampu mendapatkan nilai yang memuaskan.

Artinya untuk mendapatkan Asesmen Nasional, sekolah perlu meningkatkan kualitas belajar dengan tenaga pendidik yang juga terus meningkatkan pengetahuannya sesuai dengan laju perkembangan ilmu pengetahuan yang didukung oleh teknologi yang memadai.

Asesmen Nasional menjadi langkah awal yang baik untuk Indonesia, agar bisa mencapai cita-cita untuk menciptakan fasilitas pendidikan yang setara pada setiap wilayah. Semoga bisa berjalan dengan perbaikan yang konsisten dan berprogres.

Semoga informasi yang dimuat dalam artikel Download Soal AKM SMA Kelas 12 ini bermanfaat. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN