Contoh Soal AKM SD Kelas 6 dan Pembahasannya

Dengan sistem Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) siswa akan termonitor perkembangannya dalam penguasaan materi yang telah diajarkan. Kemampuan literasi dan numerasi siswa menjadi dua kompetensi dasar utama dalam penilaian Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

Yang dimaksud dengan kompetensi literasi adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas diri sehingga dapat berkontribusi aktif dan positif.

Sedangkan, kompetensi numerasi adalah kemampuan berpikir dengan suatu prosedur, konsep, fakta, dan alat matematika untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

AKM diharapkan dapat menjadi sistem baru yang membawa banyak perubahan positif dalam dunia pendidikan, baik dalam hal kesetaraan mutu pendidikan, kualitas siswa, serta iklim belajar yang menyenangkan dan nyaman sehingga siswa dapat memaknai apa yang telah dipelajari dengan baik.

Anda bisa memberikan latihan soal AKM pada siswa agar lebih terbiasa dalam mengerjakan berbagai jenis soal yang ada. Berikut kami sediakan link Download Soal AKM SD Kelas 6 di bawah ini:

Link Download

Tujuan akhir dari penerapan sistem baru dalam ranah pendidikan ini, diharapkan mampu mepercepat proses kesetaraan pendidikan pada semua wilayah di Indonesia. Dengan begitu kualitas pendidikan di berbagai daerah menjadi lebih terjamin, terkontrol, dan dapat dievaluasi secara berkala.

Pasalnya dalam penerapan Asesmen Nasional (AN), mutu sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang pendidikan dasar dan menengah menjadi sebuah program penilaian yang dilakukan berkala.

Semoga informasi yang dimuat dalam artikel Download Soal AKM SD Kelas 6 ini bermanfaat. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN