Contoh Soal AKM SD Kelas 2 dan Pembahasannya

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) berfungsi untuk mengevaluasi kemampuan literasi dan berhitung peserta didik secara berkala. Pada dasarnya penerapan AKM ini bukanlah hal yang berat untuk dilakukan, baik bagi pihak guru maupun siswa.

Namun dalam sebuah sistem yang baru diterapkan selalu butuh penyesuaian dan perbaikan secara terus-menerus demi terciptanya sebuah sistem yang lebih efektif.

AKM tidak hanya merubah tentang bagaimana cara seorang siswa mendapatkan nilai, tetapi juga menyangkut banyak hal, salah satunya yakni untuk mengukur mutu sekolah.

Mutu sekolah dapat dinilai berdasarkan hasil belajar siswa, meliputi literasi, numerasi, karakter serta kualitas proses belajar-mengajar, dan iklim satuan pendidikan yang mendukung keberlangsungan pembelajaran di sekolah secara berkala. Maka dengan penerapan sistem ini, diharapkan akan tercipta kesetaraan mutu pendidikan di Indonesia.

Soal AKM bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam berpikir, sehingga soal yang disajikan dalam AKM ini akan menguji kemampuan berpikir dan penalaran siswa baik dalam bentuk teks bacaan maupun hitungan.

Untuk memudahkan siswa dalam berlatih mengerjakan soal AKM, berikut kami sediakan link Download Soal AKM SD Kelas 2 di bawah ini:

Link Download

AKM akan dilakukan secara berkala, sehingga nilai yang siswa dapatkan juga merupakan hasil akumulasi dari kemampuan belajar dan memahami siswa itu sendiri dari hari ke hari.

Hal ini memang terdengar lebih realistis daripada sistem sebelumnya yang menyatakan kelulusan siswa hanya dari satu nilai ujian saja, tanpa memperhitungkan/melihat aspek lainnya.

Melalui AKM diharapkan siswa dapat mengembangkan kapasitas dirinya, sehingga mampu menjadi bagian masyarakat yang membawa manfaat dan berpartisipasi secara positif pada lingkungan terdekat hingga lingkungan yang lebih luas lagi.

Semoga informasi yang dimuat dalam artikel Download Soal AKM SD Kelas 2 ini bermanfaat. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN