Contoh Soal AKM SD Kelas 1 dan Pembahasannya

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) istilah ini mungkin masih terdengar asing dan sulit untuk dipahami oleh banyak orang.

Pada tahun 2021 ini, Ujian Nasional diganti menjadi Asesmen Nasional yang mengukur tiga komponen utama, salah satunya adalah AKM, selanjutnya ada Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. AKM dirasa menjadi sistem/tolak ukur penilaian yang lebih komprehensif untuk mengukur kemampuan siswa.

AKM memiliki tolak ukur penilaian dari tes kemampuan literasi dan numerasi. Kemampuan literasi merupakan kemampuan bernalar menggunakan bahasa, seperti kemampuan untuk memahami, mengevaluasi, menerapkan, serta merefleksikan yang dipahaminya dalam bentuk teks tertulis.

Sedangkan, kemampuan numerasi merupakan bernalar menggunakan matematika yang juga penting dalam kehidupan bermasyarakat.

Artinya anak diharapkan memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan matematika di alam semesta, dalam lingkungan terdekat, hingga lingkungan yang lebih luas lagi.

Untuk lebih memahami bagaimana sistem AKM ini bekerja, kami akan membantu Anda dengan memberikan soal AKM SD kelas 1 pada link Download Soal AKM SD Kelas 1 di bawah ini:

Link Download

Pada prakteknya, AKM ini tidaklah serumit penjelasan teoritisnya. Semuanya hanya perlu melakukan sedikit penyesuaian untuk kemudian bisa terbiasa.

Soal AKM memiliki 5 bentuk soal, yakni soal pilihan ganda, soal pilihan ganda kompleks, soal menjodohkan, soal isian singkat, dan soal uraian.

Inti dari semuanya, baik siswa maupun guru harus bisa bekerjasama dengan baik. Saat guru menerangkan, siswa harus benar-benar memperhatikan dengan baik, dan apabila ada hal yang tidak dipahami segera tanyakan.

Sebagai tenaga pengajar, Guru juga harus mampu memahami siswa dan membangun suasana belajar yang nyaman, sehingga siswa dapat belajar dengan lebih efektif.

Semoga informasi yang dimuat dalam artikel Download Soal AKM SD Kelas 1 ini bermanfaat. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN