10 Contoh Jurnal Ilmiah, Penelitian, Skripsi, Umum dan Jurnal Internasional

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah jurnal. Jurnal dapat memiliki beberapa pengertian, tergantung pada penggunaannya. Dalam bidang akademik jurnal adalah artikel ilmiah yang diterbitkan secara periodik.

Sedangkan dalam bidang akuntansi, jurnal adalah jurnal yang berisi catatan keuangan secara detail setiap harinya. Jurnal juga dapat diartikan sebagai buku perantara antara buku harian dengan buku besar.

Dalam bidang akademik, ada beberapa macam jurnal yang biasa digunakan seperti jurnal ilmiah, jurnal penelitian, jurnal internasional, dan jurnal skripsi. Sedangkan jurnal bidang akuntansi yang biasa digunakan seperti jurnal umum, jurnal penyesuaian, dan jurnal penutup.

Cara Membuat Jurnal Akademik

Berikut dibawah ini cara membuat jurnal akademik, antara lain sebagai berikut.

1). Membuat Judul

Judul adalah bagian dalam susunan jurnal yang harus dituliskan dengan jelas agar pembaca tertarik dengan penelitian kita.

2). Mencantumkan Nama Penulis

Di dalam jurnal ilmiah harus memuat nama seluruh penulis tanpa memuat galar akademik penulisnya. Penulisan nama ini sebaiknya juga diikuti dengan alamat institusi dan email penulis.

3). Membuat Abstrak

Umumnya abstrak terdiri dari 250 kata dan merangkum keseluruhan dari penelitianmu yaitu pendahuluan, tujuan, hasil serta kesimpulan.

4). Memasukkan Kata kunci

Setelah menulis abstrak, kamu juga perlu mencantumkan kata kunci atau keyword. Kata kunci atau keyword ini berisikan kata-kata yang berkaitan dengan topik yang kamu bahas. Kata kunci biasanya diletakkan di bagian bawah abstrak yang terdiri dari 3-5 kata.

5). Membuat Pendahuluan

Pendahuluan berisikan latar belakang dan uraian mengenai permasalahan penelitian.

6). Metode Penelitian

Dalam metode penelitian dijelaskan jenis penelitian, peralatan yang dibutuhkan, metode pengumplan data hingga analisis datanya.

7). Memaparkan Hasil

Pada bagian ini berisi tentang informasi singkat tentang hasil temuan dari penelitian yang telah dilakukan. Biasanya di isi dengan penjelasan berbentuk tabel, diagram, gambar, serta teks yang relevan.

8). Membuat Pembahasan

Pada bagian pembahasan kamu harus dapat menjelaskan data yang telah disajikan di bagian hasil dalam bentuk teks deskripsi. Hal penting yang harus kamu ingat adalah untuk membandingkannya dengan teori

9). Membuat Kesimpulan

Bagian ini mengindikasikan dengan jelas mengenai hasil yang diperoleh dari pembahasan. Pada bagian ini juga disampaikan jawaban atas rumusan masalah penelitian, kelebihan dan kekurangan dari penelitian tersebut serta kemungkinan pengembangan pada penelitian selanjutnya.

10). Menulis Daftar Pustaka

Untuk penulisan jurnal ilmiah, tentunya banyak merujuk pada tulisan-tulisan ilmiah lainnya. Oleh karena itu perlu ditampilkan daftar jurnal, buku, dan catatan yang menjadi referensi bacaan. Dalam penulisannya harus disesuaikan pula dengan cara menulis daftar pustaka yang telah ditetapkan.

Contoh Jurnal Akademik

Berikut dibawah ini contoh jurnal akademik, antara lain sebagai berikut.

1). Contoh Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah merupakan publikasi berlakala dalam penerbitan akademik yang biasanya berupa laporan penelitian terbaruyang bertujuan untuk kemajuan ilmu pengetahuan.

Berikut contoh dari jurnal ilmiah:

http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/TA/Makalah_TA%20Agustina%20Linda.pdf

2). Contoh Jurnal Penelitian

Jurnal penelitian sebenarnya sama dengan jurnal ilmiah. Hal ini dikarenakan di dalam jurnal penelitian terdapat hasil laporan penelitian yang telah dilakukan dan laporan tersebut akan dimasukkan dalam terbitan kumpulan jurnal bersama dengan laporan penelitian dari peneliti lain.

Jika kamu ingin melihat contoh jurnal penelitian silahkan klik link dibawah ini.

https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/view/854/802

3). Contoh Jurnal Internasional

Sesuai dengan Namanya, jurnal internasional berasal dari beberapa negara di dunia. Biasanya jurnal ini ditulis dengan menggunakan bahasa inggris.

Adapun contoh jurnal internasional ini dapat anda lihat pada:

https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1002/pits.22763

4). Contoh Jurnal Skripsi

Untuk mahasiswa pasti tidak asing lagi dengan yang satu ini. Jurnal skripsi ini biasanya digunakan untuk keperluan tugas akhir/skripsi.

Untuk kamu yang ingin menyusun junal skripsi, kamu bisa melihat contoh dibawah sebagai referensimu.

5). Contoh Jurnal Umum

Jurnal umum adalah suatu bentuk tulisan yang digunakan untuk kepentingan akuntansi dimana di dalamnya terdapat berbagai macam catatan transaksi jual beli dan keuangan milik perusahaan.

Adapun contoh jurnal umum ini adalah sebagai berikut:

Tanggal Keterangan Ref Saldo
Debet Kredit
10 Juli 2022 Kas Rp. 12.000.000
Modal Awal Rp. 12.000.000
20 Juli 2022 Sewa Rp. 5.000.000
Perlengkapan Rp. 3.000.000
22 Juli 2022 Hutang Usaha Rp. 4.000.000
25 Juli 2022 Pendapatan Rp. 3.000.000

6). Contoh Jurnal Penyesuaian

Jurnal penyesuaian adalah jurnal akuntansi dimana catatan dibuat di bagian akhir periode untuk menyesuaikan pendapatan dan pengeluaran serta dibuat sebelum menyusun laporan akhir tahun. Berikut contoh jurnal penyesuaian.

Tanggal Keterangan Ref Debet Kredit
30 Juni 2022 Beban sewa
Sewa dibayar dimuka Rp. 12.000.000 Rp. 12.000.000
30 Juni 2022 Beban penyusutan peralatan
Akm penyusustann peralatan Rp. 2.500.000 Rp. 2.500.000
30 Juni 2022 Beban iklan Rp. 2.900.000 Rp.
2.900.000
30 Juni 2022 Beban gaji
Utang gaji Rp. 2.550.000 Rp. 2.550.000

7). Contoh Jurnal Penutup

Jurnal penutup merupakan bagian dari laporan keuangan yang disusun di akhir periode pembukuan. Berikut contoh jurnal penutup:

Rekening Debet Kredit
Menutup pendapatan:
Pendapatan
Ikhtisar Rugi/Laba 11.200.000 11.200.000
Menutup Beban:
Ikhtisar Rugi/Laba
Beban asuransi
Beban gaji

Menutup Ikhtisar Rugi/Laba:
Ikhtisar Rugi/Laba
Modal

Demikianlah artikel mengenai contoh jurnal yang bisa kami informasikan untuk kamu. Semoga artikel ini dapat membantu kamu ya. Terimakasih telah singgah.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN