10 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Terbaru 2022

Iklan layanan masyarakat atau Public Service Adversiting adalah iklan yang berisi tentang pesan-pesan yang mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi menyukseskan program-program yang ditujukan untuk kemaslahatan bersama. Iklan ini dirancang untuk kepentingan masyarakat dan mempromosikan kesejahteraan masyarakat.

Melalui iklan layanan masyarakat ini, humas berupaya mewujudkan tanggung jawab perusahaan dalam memberikan pendidikan kepada masyarakat dan mengajak masyarakat untuk memberikan solusi bersama terhadap persoalan sosial yang terjadi.

Iklan layanan masyarakat ini bersifat nonkomersial yang mempromosikan program-program, kegiatan, layanan organisasi, layanan pemerintah, dan pemberitahuan-pemberitahuan lainnya tentang layanan kebutuhan masyarakat.

Kategori Iklan Layanan Masyarakat

Menurut Ad Council dalam (Kriyantono, 2021) kriteria yang digunakan untuk menentukan sebuah iklan dapat dikategorikan sebagai iklan layanan masyarakat yaitu:

1). Bersifat nonkomersial

2). Tidak bersifat keagamaan

3). Nonpolitik

4). Berwawasan nasional

5). Diperuntukkan bagi semua lapisan masyarakat

6). Diajukan oleh organisasi yang telah diakui atau diterima.

7). Dapat diiklankan

8). Mempunyai dampak dan kepentingan tinggi sehingga patut memperoleh dukungan media.

Dalam iklan layanan masyarakat harus berisi hal-hal berikut ini.

Isi Iklan Layanan Masyarakat

Berikut dibawah ini isi iklan layanan masyarakat, antara lain sebagai berikut.

1). Memuat informasi terkait dengan layanan atau program, juga aktivitas dari pihak yang berkaitan dengan kegiatan sosial.

2). Memuat informasi yang bersifat bujukan atau ajakan agar masyarakat mau untuk ikut serta dalam program / kegiatan tersebut. Seperti menjadi anggota keluarga berencana, melaksanakan gerakan 3M dalam pencegahan Covid-19, dll

3). Berisi pengingat bagi masyarakat bahwa program tersebut sangat penting dan wajib untuk di ikuti.

Nah jika kamu masih bingung untuk membuat iklan layanan masyarakat ini, berikut beberapa contoh dari iklan layanan masyarakat yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensimu dalam membuat iklan layanan masyarakat. Yuk simak contoh berikut ini.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Berikut di bawah ini contoh iklan layanan masyarakat, antara lain sebagai berikut.

1). Contoh iklan layanan masyarakat tentang penggunaan masker di masa pandemi Covid-19

Di saat pandemi covid-19 penggunaan masker adalah salah satu hal yang wajib dilakukan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penularan virus covid-19. Oleh karena itu beragam upaya dilakukan untuk mensosialisasikan penggunaan masker ini, salah satunya adalah melalui iklan layanan masyarakat.

Seperti yang terlihat pada gambar diatas dimana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mensosialisasikan penggunaan masker ini melalui iklan layanan masyarakat di situs website.

2). Contoh iklan layanan masyarakat tentang vaksinasi Covid-19

Pemberian vaksin covid-19 merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam menangani Covid-19. Saat ini pemerintah tengah menggalakkan program vaksinasi untuk anak usia 6 – 11 tahun.

Nah, salah satu iklan layanan masyarakat yang di buat oleh Direktorat Promosi Kesehatan & Pemberdayaann Masyarakat ini mengajak semua orangtua yang memiliki anak usia 6-11 tahun untuk mengikuti program vaksinasi untuk menciptakan keluarga yang bebas dari Covid-19.

Untuk melihat bagaimana bentuk iklan layanan masyarakat kamu dapat menyaksikannya pada link berikut

3). Contoh iklan layanan masyarakat tentang revolusi industri 4.0

Video iklan layanan masyarakat mengenai revolusi indrustri 4.0 yang dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada Maret 2018 ini merupakan salah satu iklan layanan masyarakat yang menarik.

Dalam iklan yang bedurasi hanya 1 menit ini Kementerian Perindustian (Kemenperin) berupaya mengedukasi masyarakat tentang revolusi industry ke-4 dengan mengunggah data-data mengenai industry 4.0 dalam bentuk grafis sehingga lebih mudah dipahami oleh berbagai kalangan.

Video mengenai iklan ini dapat kamu saksikan pada link berikut ini ya :

Manfaat Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat mempunyai berbagai manfaat. Berikut beberapa manfaat dari iklan layanan masyarakat:

1). Sebagai bentuk kepedulian terhadap isu sosial

Iklan layanan masyarakat merupakan jenis iklan yang menampilkan isu-isu sosial yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat terhadap isu sosial yang di angkat dalam iklan tersebut.

Dari pengertian tersebut dapat dilihat bahwa salah satu manfaat dari iklan layanan masyarakat adalah berupa ajakan kepada masyarakat untuk peduli terhadap isu sosial yang terjadi.

2). Memperbaiki masalah yang ada

Salah satu manfaat dari iklan layanan masyarakat adalah untuk memperbaiki masalah yang ada. Dalam iklan layanan masyarakat ini akan menjelaskan baik buruknya perilaku yang dilakukan serta akibat dari permasalah tersebut ketika masih tetap mempertahankannya.

3). Sebagai bentuk penyuluhan

Iklan layanan masyarakat memiliki manfaat sebagai bentuk penyuluhan. Biasanya iklan layanan masyarakat ini akan dikemas dengan lebih mudah untuk dipahami sehingga semua lapisan masyarakat bisa menerima informasi dari iklan tersebut.

4). Membentuk solidaritas

Iklan layanan masyarakat dapat berfungsi sebagai pembentuk rasa solidaritas. Umumnya isi dari iklan layanan masyarakat ini di awali dengan permasalahan yang sedang terjadi.

Selain itu, pada iklan layanan masyarakat di jelaskan pula mengenai dampak atau akibat yang ditimbulkan lalu akan dilanjutkan dengan ajakan untuk membentuk solidaritas antar masyarakat.

Demikianlah informasi mengenai contoh iklan layanan masyarakat yang bisa kami bagikan untuk kamu.

Semoga informasi di atas dapat membantu kamu dalam membuat iklan layanan masyarakat ya. Terima kasih telah singgah.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN