5 Cara Pengembalian Dana (Refund) di Aplikasi OYO

OYO pasti sudah tidak asing bagi Anda yang sering melakukan perjalanan dengan budget menginap yang minim. OYO Rooms, biasanya disebut OYO adalah layanan hotel dan jaringan hotel budget di India.

Didirikan oleh Ritesh Agarwal pada tahun 2013, telah berkembang menjadi sekitar 8.500 hotel di kota-kota di India, Malaysia, Nepal, Cina dan Indonesia. OYO merupakan aplikasi bisnis berbasis teknologi yang memudahkan Anda dalam mencari akomodasi dan akomodasi lainnya selama liburan.

Pembayaran Pesanan di OYO

OYO Indonesia bekerja sama dengan OVO dan GoPay sebagai e-wallet terkemuka di Indonesia untuk mengintegrasikan sistem pembayaran elektronik ke dalam aplikasi OYO. Selain menyederhanakan proses pembayaran dan refund tamu, layanan ini juga mendigitalkan penerapan protokol kesehatan di ekosistem OYO sehingga mengurangi kontak fisik.

Agus Hartono Wijaya selaku Head of Country / Region of OYO Hotels and Home Indonesia, mengatakan integrasi fungsi e-wallet merupakan komitmennya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada tamu Indonesia.

Dimana ia mengatakan bahwa OYO sebagai jaringan akomodasi terdepan, menggunakan teknologi sebagai DNA perusahaan. OYO juga aktif berinovasi untuk mendigitalkan pengalaman akomodasi para tamu, terutama dalam pandemi saat ini.

Adanya e-wallet ini diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat pengembalian dana dan refund Proses pembayaran dan mengurangi kontak sebenarnya pada saat pembelian, yang biasanya dilakukan di meja resepsionis hotel pada saat transaksi.

Layanan e-wallet dapat digunakan sebagai metode pembayaran, dan pengembalian uang dapat diminta melalui aplikasi OYO. Setelah mencari dan memesan hotel yang diinginkan di aplikasi OYO, tamu akan dipandu untuk memilih metode pembayaran, yaitu transfer bank, kartu debit/kredit atau dompet elektronik.

Kebijakan Pembayaran

Kebijakan Pembayaran

Untuk pemesanan lebih dari 7 malam, tamu harus menyelesaikan semua pembayaran setiap akhir pekan. Hotel tidak akan bisa menyediakan akomodasi lain sampai hutang dilunasi. Untuk pembayaran offline (transfer bank, pembayaran OVO atau Alfamart).

Reservasi di hari yang sama dan pesanan D+1, tamu memiliki waktu 3 jam untuk membayar sejak hari pemesanan. Dimakan jika tidak, pesanan akan otomatis dibatalkan.

Pengembalian Dana di Aplikasi OYO

Untuk prosedur pengembalian dana, para tamu akan menerima konfirmasi melalui email setelah mengirimkan prosedur pengembalian uang. Kemudian pengunjung dapat mengakses link yang ada di email untuk mengisi detail pemesanan, seperti booking ID, email dan nomor telepon.

Para tamu dapat memilih metode pembayaran melalui e-wallet atau transfer bank. Setelah mengisi data, pihak OYO akan segera memproses permintaan tersebut. Peraturan zonasi yang diterapkan pemerintah pada awal pandemi berdampak pada peningkatan permintaan pengembalian dana.

Namun, dalam 6 bulan terakhir, hanya sekitar 2% dari total pelanggan OYO di Indonesia yang mengajukan permintaan refund. Saat ini, OYO telah menyelesaikan lebih dari 99,4% permintaan refund. Artinya hanya sekitar 0,6% pelanggan yang mengalami keterlambatan pengembalian dana saat ini, karena OYO masih menunggu pelanggan memasukkan nomor rekening / e-wallet mereka melalui tautan yang disediakan.

Faktor Penghambat Proses Refund

Faktor Penghambat Proses Refund

Ada banyak faktor yang menghambat proses refund. Salah satunya adalah data pelanggan yang salah, misalnya email yang tidak lengkap, nomor telepon atau detail rekening bank yang salah.

Oleh karena itu, dengan mengintegrasikan sistem pembayaran dengan dompet elektronik, tujuan OYO adalah menyelesaikan proses pembayaran refund konsumen dengan mudah dalam waktu maksimal satu minggu.

Kebijakan Pembatalan

Berikut di bawah ini kebijakan pembatalan, antara lain sebagai berikut.

Sebelum Check-in

Pihak OYO akan mengembalikan semua reservasi yang dibatalkan secara penuh dalam waktu 24 jam sebelum tanggal check-in yang dijadwalkan. Untuk setiap reservasi yang dibatalkan dalam waktu 24 jam dari waktu check-in yang dijadwalkan, harga reservasi akan dipotong sebagai biaya pembatalan.

Pada Tanggal Check-in

Jika Anda memutuskan untuk membatalkan reservasi setelah waktu check-in yang dijadwalkan atau Anda tidak muncul di hotel yang dipesan, harga reservasi penuh akan dipotong sebagai biaya pembatalan/non-show.

Pembatalan Jangka Waktu Menginap

Jika Anda memutuskan untuk mempersingkat masa inap Anda setelah tanggal check-in, Anda akan dikenakan biaya dalam waktu 24 jam setelah pembatalan resmi. Biaya akomodasi yang tersisa akan dikembalikan, dengan catatab jika promosi digunakan tarif kamar mungkin berbeda dari harga kamar yang dipesan.

Pembatalan Pemesanan Agen Perjalanan Online (OTA)

Untuk semua reservasi yang dilakukan melalui OTA (Agen Perjalanan Online), silakan lihat setiap kebijakan OTA. Silakan hubungi OTA yang membuat reservasi untuk membatalkan atau mengubah. Sebagai catatan, jangan gunakan kupon OYO untuk pembayaran.

Catatan Penting Seputar Pembatalan

Tamu yang tidak datang ke hotel akan dikenakan biaya sepanjang malam. Kamar promosi dan promosi OYO tidak dapat dibatalkan dan dikembalikan. Reservasi dapat dibatalkan dari situs web aplikasi OYO dan hubungi dukungan pelanggan 0804 104 0040 (bebas pulsa) / +62 21 29707600 email kami ke [email protected].

Jumlah pengembalian dana (jika ada) akan dikembalikan dalam 30-45 hari kerja setelah pengembalian dana disetujui. Permintaan refund hanya bisa dilakukan di bulan pemesanan yang sama.

Kebijakan Pengembalian Dana di OYO

Pengembalian dana bisa dilakukan jika tamu memenuhi persyaratan pengembalian dana. Adapun syarat dan ketentuan yang berlaku adalah sebagai berikut:

1). Pembayaran untuk reservasi hotel yang dilakukan dengan kartu debit, kartu kredit dan GoPay akan secara otomatis dikembalikan ke akun aslinya pada hari pembatalan.

2). Melalui transfer bank, pembayaran reservasi hotel yang dilakukan oleh Alfamart, Indomaret, OVO dan DANA akan diproses melalui link yang dikirimkan melalui email atau SMS berdasarkan data tamu yang terdaftar di aplikasi OYO. Tautan ini digunakan untuk mengisi detail bank/e-wallet tamu dan hanya berlaku dalam 14 hari setelah pembatalan.

3). Jika pengunjung tidak mengisi data pada tautan atau mengisi data yang salah, refund akan diganti dengan voucher akomodasi yang dapat digunakan di aplikasi atau situs OYO.

4). Jumlah nominal voucher harus memenuhi persyaratan sebelumnya.

5). Voucher tidak dapat ditransfer atau ditebus, namun voucher dapat digunakan disemua hotel OYO di Indonesia.

Demikian ulasan kami mengenai Refund di Aplikasi OYO yang membahas pembayaran pesanan, kebijakan pembayaran, pengembalian dana (refund) di Aplikasi OYO.

Semoga ulasan kami mebantu Anda mengajukan Refund di Aplikasi OYO! Terimakasih sudah singgah.

Tentang Penulis:

Luna
Penulis tetap di media Lambeturah sejak 2018. Sudah banyak menulis artikel tapi topik yang paling disenangi adalah gosip dan keuangan.
Komentar Anda
Berita terkait
Loading next page... Press any key or tap to cancel.