Cara Menggunakan VPN (Virtual Private Network)

VPN (Virtual Private Network) adalah layanan koneksi yang memberikan Anda akses pada website secara aman (secure) dan pribadi (private) dengan mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi.

VPN mengkoneksikan smartphone, tablet, PC ke komputer yang lain (biasa disebut dengan VPN Server) di suatu tempat yang terhubung dengan internet, dan mengizinkan Anda untuk menjelajah internet menggunakan jaringan internet komputer.

Jadi jika komputer (server) di negara yang berbeda, itu akan menjadi negara yang Anda gunakan ketika internet mencoba mengenai Anda melalui koneksi tersebut dan Anda dapat mengakses sesuatu yang tidak bisa Anda akses dari negara Anda.

Apa Manfaat VPN ?

Adapun manfaat dari penggunaan VPN diantaranya sebagai berikut:

a). Memberikan Privasi atas Informasi Pribadi

VPN dapat melindungi jejak akun dan data sensitif milikmu akan dilindungi sehingga tidak bisa dilacak oleh Google maupun pihak ISP (operator seluler).

Karena hampir pada setiap penyedia layanan internet menyimpan catatan riwayat penelusuran situs. Maka Anda dapat menggunakan VPN agar memproteksi privasi Anda.

VPN juga dapat menyembunyikan lokasi Anda secara langsung (realtime). Dengan begitu, tidak sembarang orang dapat mengetahui lokasi dimana Anda berada saat melakukan akses informasi lokasi. Biasanya lokasi yang terdeteksi adalah lokasi server VPN yang Anda gunakan.

b). Pengamanan Data di Jaringan Publik

Pada era modern, pekerjaan tidak hanya dilakukan di ruang lingkup kantor saja. Coffee shop atau co-working space memang plihan tempat yang nyaman untuk menyelesaikan pekerjaan.

Namun pada jaringan publik yang disediakan secara gratis, biasanya tidak dienkripsi. Dengan begitu, berarti peretas bisa memata-matai data pribadi maupun perusahaan saat Anda menghubungkannya ke laptop atau perangkat mobile.

Namun bukan berarti Anda tidak dapat memakai jaringan publik tersebut. Karena dengan adanya VPN, VPN akan melindungi pertukaran data yang Anda lakukan dari WiFi atau jaringan yang tidak dapat dipercaya.

c). Akses Situs yang Diblokir

VPN membuat Anda dapat melewati pembatasan geografi terhadap situs streaming atau video, maupun media sosial.

Terdapat beberapa negara yang melakukan pemblokiran pada beberapa media sosial populer seperti Facebook, Snapchat, hingga LinkedIn.

Dengan memakai VPN, dapat memungkinkan Anda menggunakan media sosial maupun situs lain yang dianggap membahayakan atau dilakukan pemblokiran oleh Pemerintah secara bebas.

d). Enkripsi Data

Pada proses pertukaran data antara Anda dan web pada aplikasi online, data Anda akan dienkripsi.

Dengan begitu meskipun seseorang melihat apa yang komputer kirimkan, mereka hanya dapat melihat informasi yang sudah terenkripsi, bukan data mentah.

e). Enkripsi Informasi Perangkat

Selanjutnya, VPN juga melindungi informasi perangkat, sehingga perangkat Anda menjadi perangkat yang tidak dengan mudah dapat di identifikasi, dengan begitu aktivitas yang Anda lakukan melalui perangkat pun tidak dapat diketahui dengan mudah.

Cara Menggunakan VPN Melalui Aplikasi

Anda perlu men-download dan install aplikasi VPN pada PC desktop ataupun perangkat mobile. Setelah berhasil, lanjut sign up untuk masuk ke aplikasi, lalu tekan tombol Connect untuk mencari server yang dapat digunakan.

Ada pun beberapa aplikasi VPN populer yang bisa dipilih adalah Tunnelbear, ExpressVPN, dan Avira Phantom VPN. Beberapa di antaranya disediakan gratis, hanya saja servisnya terbatas.

Kalau pun harus bayar, harga yang diterapkan masih aman dan terjangkau. Selain itu, sebagian besar aplikasi VPN menyediakan free trial sehingga kamu bisa mencoba terlebih dulu. Lalu, menentukan aplikasi mana yang tepat dipilih sesuai kebutuhan.

Cara Menggunakan VPN pada Windows 10

Selain menggunakan aplikasi, Anda juga dapat melakukan konfigurasi pada Windows 10 secara manual. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

1). Dari layar desktop atau laptop, klik ikon Network yang ada di bagian kanan bawah taskbar, kemudian pilih Network Setting.

2). Cari opsi VPN dan klik Add a VPN Connection. Setelah jendela muncul, masukkan detail untuk koneksi VPN kamu.

  • Pada bagian VPN provider, pilih Windows (built-in).
  • Pada bagian VPN type, pilih Automatic.
  • Pada bagian Type of sign-in info, pilih User name and password.

3). Selanjutnya, isi Connection name dan Server name or address. Ini berbeda-beda berdasarkan penyedia VPN kamu.

4). Scroll ke bawah, kamu akan menemukan tempat untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi untuk VPN. Masukkan informasi yang disediakan oleh layanan VPN kamu. Setelah selesai, klik Save dan tutup Settings.

5). Klik ikon Wi-Fi di bagina kanan bawah taskbar, dan pilih koneksi VPN yang baru dibuat. Klik Connect untuk memulainya.

Langkah-langkah di atas cocok untuk Anda gunakan dalam melakukan pekerjaan secara remote. Tujuannya, agar Anda dapat mengakses data internal kantor secara aman dengan Wi-Fi publik.

Namun, jika Anda ingin tetap terhubung ke layanan VPN di Windows 10, maka diperlukan informasi tentang penyedia VPN tempat Anda bekerja. Anda dapat menanyakannya ke departemen TI atau network administrator perusahaan.

Ada satu hal yang harus Anda cata. Bahwa tidak semua jaringan publik memungkinkan Anda untuk terhubung menggunakan VPN. Karena beberapa jaringan dikonfigurasikan sehingga secara khusus memblokir koneksi VPN dalam bentuk apa pun.

Demikian pembahasan singkat mengenai Cara Menggunakan VPN, semoga informasi yang tersaji pada artikel ini dapat bermanfaat.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN