7 Langkah Cara Menggunakan Rufus dengan Mudah dan Cepat

Rufus adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan secara gratis karena memiliki lisensi GNU GPL V3, bahkan Source Code Rufus dapat didownload secara gratis sehingga programmer bisa memodifikasi dan menjualnya.

Rufus merupakan sebuah aplikasi yang bisa kita gunakan untuk memformat dan membuat perangkat USB Flashdisk menjadi bootable. Rufus bisa digunakan untuk membuat bootable operasi sistem yang cukup banyak meliputi Linux, Ubuntu, Fedora Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan Windows 10.

Selain itu Rufus menyediakan pilihan FreeDOS sehingga kita bisa melakukan booting dengan mode DOS (Disk Operating System). Salah satu kegunaan booting DOS adalah saat upgrade BIOS atau UEFI.

Karena ukuran nya yang kecil, aplikasi ini bisa berjalan dengan lancar dan cepat jika dibandingkan dengan software lainnya. Rufus juga dapat melakukan format ke media penyimpanan lain seperti kartu memori sekalipun. Penggunaan CD atau DVD untuk instalasi windows saat ini sudah mulai jarang ditemui.

Hal ini disebabkan oleh ketiadaan optical drive di perangkat laptop berukuran kecil seperti netbook, ultrabook, dan PC table, disamping itu cara menggunakan Rufus untuk bootable disk juga lebih mudah dan cepat sehingga cocok jadi pilihan. Aplikasi Rufus ini merupakan aplikasi buatan Pete Badard dari perusahaan Akeo Consulting.

Cara Menggunakan Rufus

Rufus tersedia dalam dua versi yang berbeda, yaitu Installer dan Portable dengan ukuran file hanya 1 MB saja. Tentunya mendownload Rufus tak akan memenuhi kapasitas hardisk atau flashdisk. Selain itu pengguna bisa memilih versi portable karena bisa langsung dijalankan tanpa butuh install. Dukungan bahasa Indonesia juga tak ketinggalan hadir ditambah dengan support arsitektur 32 bit dan 64 bit.

Setelah mendownload versi portable maka Rufus bisa langsung dijalankan, sedangkan untuk versi installer pengguna wajib melakukan instalasi terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, silakan simak cara menggunakan Rufus beserta langkah-langkahnya berikut ini:

1). Masukkan Flashdisk

Masukan flashdisk yang yang akan dijadikan sebagai bootable, lalu pastikan flashdisk tersebut sudah terdeteksi pada jendela Windows Explorer.

2). Buka Rufus

Buka aplikasi rufus baik yang portable atau installer. Rufus akan secara otomatis mendeteksi informasi dari flashdisk tersebut seperti kapasitas, volume label, dan sebagainya.

Pada bagian device pastikan flashdisk sudah muncul lengkap beserta kapasitas penyimpanannya. Jika flashdisk yang kita masukkan tidak terdeteksi, silahkan klik ikon tanda panah di samping teks Format Options.

3). Pilih File ISO sesuai dengan OS yang akan diinstall

Pilih File ISO. Pada Boot selection pilih SELECT kemudian cari folder dimana file ISO sistem operasi disimpan, kemudian pilih Open.

4). Pengaturan Boot Selection

Selanjutnya atur Boot Selection, secara otomatis aplikasi akan menampilkan versi operasi sistem yang kita load tadi. Untuk Partition scheme silahkan pilih MBR dan Target system menjadi BIOS (or UEFI-CSM).

5). Pengaturan Format Option

Kemudian masuk pada bagian Format option, silakan beri nama Volume Label sesuai dengan yang diinginkan. Selanjutnya atur File system ke NTFS, lalu Show advanced format options, kemudian centang Quick Format dan create extended label and icon files seperti gambar diatas.

6). Memulai Proses Pembuatan Bootable

Untuk memulai proses pembuatan bootable silakan klik START, setelah muncul jendela peringatan, kemudian pilih OK. Tunggu hingga proses pembuatan bootable dan pemindahan operasi sistem selesai. Kurang lebih akan memakan waktu 10 sampai 12 menit tergantung ukuran sistem operasi nya.

7). Pembuatan Bootable Selesai

Jika status sudah hijau dengan teks READY, artinya proses membuat bootable flashdisk sudah selesai. Silahkan tekan tombol close dan flashdisk siap digunakan, jangan lupa juga eject flashdisk dengan aman.

Cara menggunakan Rufus memang dapat dilakukan dengan mudah. Aplikasi Rufus ini juga sangat membantu ketika kita ingin menginstal laptop atau komputer dengan pilihan sistem operasi beragam.

Rufus dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain, contohnya seperti flashing memori card, upgrade BIOS dan lain sebagainya. Semoga informasi mengenai Cara Menggunakan Rufus ini bermanfaat.

Tentang Penulis:

Luna
Penulis tetap di media Lambeturah sejak 2018. Sudah banyak menulis artikel tapi topik yang paling disenangi adalah gosip dan keuangan.
Komentar Anda
Berita terkait
Loading next page... Press any key or tap to cancel.