Cara Menggunakan PayPal

PayPal adalah rekening virtual yang menyediakan layanan jasa transfer dan juga pembayaran secara online. PayPal memiliki jaringan yang kuat dan luas.

PayPal melayani berbagai transaksi keuangan antar negara, dimana semua hal tersebut telah dilakukan dengan menggunakan surat elektronik secara online, hal tersebut tentu sangat menghemat waktu dibanding melakukan transaksi menggunakan kertas berupa cek dan wesel pos.

Saat ini PayPal menjadi salah satu alat pembayaran virtual yang paling banyak digunakan oleh para marketer online, sebab transaksi menggunakan PayPal memiliki tingkat keamanan yang terbilang cukup baik dan terjamin jika dibandingkan dengan berbagai fasilitas serupa.

Berbeda dengan transaksi online banking lainnya yang hanya terbatas pada transaksi satu negara saja, PayPal memiliki jaringan luas dan bisa dilakukan antar negara sekalipun.

Hal tersebut tentu menjadi alasan dibalik banyak orang yang menggunakan PayPal dalam melakukan bisnis online yang mereka kelola, sebab PayPal memudahkan pengiriman uang dan juga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pebisnis online dengan jangkauan yang sangat luas.

Transaksi menggunakan PayPal akan berjalan dengan mudah dan sangat lancar, selama pengguna memiliki rekening PayPal yang terhubung dengan bisnis yang mereka jalankan.

Cara Membuat Akun PayPal

Sebelum membuat akun PayPal, pastikan Anda telah memiliki email yang valid dan usia di atas 18 tahun. Membuat akun PayPal tidak akan membutuhkan waktu yang lama, terutama jika Anda memang telah memiliki kartu kredit sebelumnya.

Setelah memenuhi persyaratan tersebut, berikut merupakan langkag-langkah untuk membuat akun PayPal, antara lain:

1). Buka website resmi paypal.com

2). Buat akun PayPal dengan memilih jenis akun PayPal sesuai kebutuhan. Anda dapat memilih untuk membuat akun PayPal pribadi atau akun PayPal untuk bisnis. Setelah menentukan pilihan, klik tombol “Daftar” yang terdapat pada bagian atas kanan halaman tersebut.

3). Selanjutnya, pilih jenis akun yang diinginkan, misalnya akun “Primer” yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi belanja online dan juga menerima pengiriman uang secara online.

4). Isikan data pribadi pada kolom yang tersedia, pastikan Anda mengisi semua data dengan benar. Lalu klik tombol “Setuju dan Buat Rekening”.

5). Kemudian akan muncul halaman verifikasi yang akan meminta Anda untuk memasukkan kode ke dalam kolom yang tersedia di sana. Klik tombol “Lanjutkan” yang terdapat di sana, lalu klik tombol “Masuk ke Rekening Saya”.

6). Anda menemukan halaman akun PayPal Anda setelah langkah di atas. Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi melalui email.

7). Cek email dan buka email masuk yang dikirim oleh PayPal. Klik link yang terdapat dalam email PayPal tersebut, sehingga Anda bisa melakukan konfirmasi ke website PayPal secara otomatis.

8). Anda akan dihadapkan langsung pada halaman baru pada website PayPal, selanjutnya Anda akan diminta untuk login dan memasukkan email serta password yang telah Anda daftarkan sebelumnya.

9). Setelah login, maka Anda akan diarahkan ke halaman mengenai pertanyaan keamanan. Isi kolom tersebut dengan pertanyaan yang mudah Anda ingat, lalu klik tombol “Kirimkan” yang terdapat pada bagian bawah.

10). Akun PayPal sudah selesai dibuat. Namun untuk bisa menggunakan akun ini dalam berbagai transaksi online, termasuk pembelian dan penarikan dana, maka Anda harus melakukan verifikasi kartu kredit terlebih dahulu. Jadi, disinilah kartu kredit akan sangat dibutuhkan untuk membuat akun PayPal.

Cara Menggunakan PayPal

Berikut merupakan langkah-langkah melakukan transaksi pembayaran melalui Paypal, antara lain:

1). Pilih pembayaran menggunakan PayPal pada transaksi yang sedang Anda proses.

2). Masuk ke Akun PayPal Anda.

3). Pilih salah satu metode pembayaran Anda yang terhubung (misalnya kartu kredit atau rekening bank) di bagian Pilih cara untuk membayar.

4). Klik Lanjutkan

5). Konfirmasikan metode pembayaran, baca kebijakan PayPal, lalu klik Setujui & Lanjutkan.

Setelah pembayaran sebesar nilai penuh diotorisasi oleh PayPal, tunggu hingga Anda mendapatkan informasi mengenai konfirmasi pembayaran.

Jika permintaan Anda dibatalkan, ditolak, atau kedaluwarsa, otorisasi pada akun PayPal akan dibatalkan dan Anda tidak akan terkena biaya apa pun.

Anda juga dapat menggunakan PayPal Instant Transfer, dengan cara sebagai berikut:

1). Masuk ke Akun PayPal Anda.

2). Hubungkan rekening bank Anda sebagai sumber pendanaan ke akun PayPal Anda.

Proses tersebut dapat memakan waktu kurang lebih selama 1-2 hari. Situs web PayPal memuat detail lebih lanjut tentang cara menghubungkan rekening bank ke akun PayPal Anda.

3). Tambahkan metode pembayaran cadangan (seperti kartu kredit) ke akun PayPal Anda.

PayPal hanya akan menggunakan metode pembayaran cadangan jika Instant Transfer Anda tidak berhasil.

Setelah akun PayPal Anda memiliki rekening bank yang terhubung dan metode pembayaran cadangan, Anda dapat menggunakan PayPal Instant Transfer untuk membayar sebuah transaksi.

Ikuti langkah-langkah di atas dan pilih rekening bank Anda sebagai sumber pendanaan saat Anda diminta Memilih cara membayar di situs PayPal.

Demikian artikel mengenai Cara Menggunakan PayPal, semoga informasi dalam artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN