Cara Menggunakan Google Drive Lengkap dengan Penjelasannya

Google drive adalah media penyimpanan data online (daring) berbasis cloud atau Internet yang dikembangkan dan diperkenalkan oleh Google pada tanggal 24 April 2012. Pada dasarnya layanan Google Drive sama seperti cloud storage lain semacam dropbox atau OneDrive.

Aplikasi ini tersedia dalam bentuk dekstop ataupun smartphone. Pada beberapa jenis ponsel Google Drive atau GDrive menjadi aplikasi bawaan yang terinstal secara otomatis di sistem.

Google Drive memberikan fasilitas penyimpanan file-file berupa dokumen, gambar, audio ataupun video dengan kapasitas sebesar 15 Gigabyte secara gratis. Jika ingin lebih dari itu maka Anda harus melakukan upgrade account.

Anda juga dapat menyimpan, mengedit dan mengambil file dari google drive dengan catatan perangkat komputer atau smartphone harus terhubung dengan jaringan internet.

Fungsi Google Drive

Google Drive memiliki beberapa fungsi, antara lain sebagai berikut:

1). Menyimpan File

Fungsi utama Google Drive adalah sebagai media penyimpanan data dengan Google Drive ikan dapat menyimpan data dalam bentuk dokumen gambar atau apapun pada media penyimpanan online tanpa harus menyediakan storage atau media penyimpanan offline seperti ram ataupun hardisk.

2). Berbagi File

Dengan menggunakan Google Drive kita dapat berbagi file secara langsung tanpa perlu melakukan konfigurasi konfigurasi yang rumit kita dapat berbagi file secara langsung dengan mengundang pengguna lain melalui Link yang kita berikan atau pun kita undang melalui alamat email.

3). Edit File

Kita dapat melakukan editing data langsung tanpa harus mengunduhnya. GDrive mendukung fitur edit data teks yang terhubung dengan google spreadsheet.

Aplikasi tersebut berfungsi mirip seperti ms word atau excel hanya saja berbentuk online tanpa harus melakukan instalasi software.

4). BackUp Data

Sebetulnya ini sama seperti poin pertama, Google drive digunakan untuk membackup data baik itu data yang ada di komputer ataupun perangkat lunak lainnya.

5). Membuat Catatan dari Google Keep

Untuk mencatat sesuatu yang penting, Anda tidak perlu mengandalkan aplikasi yang terinstal di komputer atau ponsel. Google Drive dapat menyimpan catatan Anda dengan menggunakan Google Keep.

Google Keep dapat terintegrasi dengan Google Drive yang memungkinkan menyimpan seluruh catatan yang Anda buat. Tak perlu lagi aplikasi pencatat atau mencatat sesuatu secara manual dengan kertas.

6). Menyimpan Link

Ada saat dimana Anda sedang melakukan kegiatan browsing di internet dan ingin menyimpan link sebuah situs untuk dibaca kemudian hari. Anda tak perlu repot untuk mengcopy pastenya di catatan. Google Drive dapat menyimpan link situs tersebut.

Anda cukup memasang ekstensi Google Drive yang ada di Google Chrome Anda. Anda hanya perlu klik ikon segitiga yang berada pada browser untuk menyimpan link yang dibuka saat itu.

Atau jika link tersebut berada pada tengah halaman, Anda bisa menyimpannya dengan cara klik kanan pada link, kemudian pilih “Save Link to Google Drive”.

7). Backup Chat WhatsApp

Fungsi Google Drive lainnya adalah untuk mencadangkan chat dan media WhatsApp ke Google Drive. Jadi saat Anda berganti ponsel terutama Android baru, riwayat chat dan media tidak akan hilang karena sudah ditransfer melalui Google Drive.

Cara membuat backup WhatsApp di Google Drive adalah dengan Ketuk Menu > Setelan > Chat > Cadangan chat. Ketuk Cadangkan ke Google Drive dan pilih frekuensi cadangan selain Jangan pernah.

Pilih akun Google yang akan digunakan untuk mencadangkan riwayat chat Anda. Jika Anda tidak memiliki akun Google yang terhubung, ketuk Tambahkan akun ketika diminta dan masukkan informasi Anda.

Ingatlah terus akun Google yang Anda gunakan untuk membuat cadangan. Ketuk Cadangkan lewat untuk memilih jaringan yang ingin Anda gunakan untuk melakukan pencadangan. Anda bisa menggunakan jaringan WiFi jika data yang dicadangkan berukuran besar.

Cara Menggunakan Google Drive

Berikut dibawah ini cara menggunakan Google Drive, antara lain sebagai berikut.

1). Buka drive.google.com

Setelah dibuka, pada menu “Drive Saya” akan menampilan File dan folder yang Anda upload atau sinkronkan, serta File Google Dokumen, Spreadsheet, Slide, dan Formulir yang Anda buat.

2). Upload atau buat file

Anda dapat mengupload file dari komputer, atau membuat file di Google Drive. Cara Mengupload & Melihat File pada Google Drive:

  • Buka drive.google.com
  • Di kiri atas, klik Baru, kemudian pilih Upload File.
  • Selanjutnya pilih file yang ingin Anda upload.

Anda juga dapat mengupload file pad Google Drive dengan nama yang sama, dengan cara:

3). Bagikan dan Atur File

Anda dapat membagikan file atau folder sehingga orang lain dapat melihat, mengedit, atau mengomentarinya.

Cara Membagikan Satu File:

  • Buka Google Drive, Dokumen, Spreadsheet, atau Slide.
  • Klik file yang ingin Anda bagikan.
  • Klik Bagikan atau Bagikan.

Cara Membagikan Beberapa File:

  • Buka drive.google.com.
  • Tahan tombol Shift dan pilih dua atau lebih file.
  • Klik bagikan pada bagian kanan atas

Cara Berbagi File dengan Orang Tertentu

Berikut dibawah ini cara berbagi file dengan orang tertentu, antara lain.

1). Di bagian “Orang”, masukkan alamat email orang yang ingin Anda ajak berbagi.

Catatan: Jika Anda membagikan file dengan alamat email yang bukan Akun Google, mereka hanya dapat melihat file tersebut.

2). Untuk memilih tindakan yang dapat dilakukan penerima file, klik panah Bawah.

3). Jika Anda tidak ingin mengirim email ke orang lain, klik Lanjutan dan hapus centang dari kotak Beri tahu orang. Jika Anda memilih untuk memberi tahu orang lain, setiap alamat email yang Anda masukkan akan disertakan dalam email.

4). Kemudian klik Kirim.

Penyimpanan secara gratis sebesar 15 Gigabyte ini tentu menjadi sebuah fasilitas yang sayang kalau tidak digunakan dengan baik.

Maka kehadiran Google Drive ini tentu menjadi hal yang dipakai oleh banyak orang, tidak terkecuali penulis sendiri. Apalagi jika mengingat fungsinya yang sangat memudahkan setiap penggunanya.

Google Drive juga digunakan sebagai media untuk membagikan sebuah file, termasuk file pekerjaan. Sekian informasi mengenai Cara Menggunakan Google Drive, semora aritikel ini bermanfaat.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN