Cara Mengajukan Pengembalian Barang (Refund) di Matahari Mall

Belanja di Matahari mall tidak hanya bisa kamu lakukan dengan berkunjung langsung, ternyata Matahari mall juga memiliki situs online yakni matahari.com yang bisa diakses siapapun untuk belanja hanya dengan bermodalkan HP yang terhubung koneksi internet.

Matahari mall menjual beragam fashion anak & dewasa baik pria maupun wanita ada juga produk kecantikan, produk rumah tangga dll. Begitu banyak brands yang ada di lapak jual matahari.com mulai dari barang lokal hingga import. Sama seperti e-commerce lainnya matahari.com kerap kali mengadakan diskon promo & voucher / potongan harga untuk produk-produk tertentu yang menjadi incaran kebanyakan konsumen.

Buat kamu yang belum memiliki akun Matahari mall online / matahari.com segera buat akun dengan cara klik link https://www.matahari.com/customer/account/login/ kemudian pilih Bikin Akun (silahkan pilih login melalui google atau facebook) yang kamu miliki.

Sebelum mulai berbelanja ada satu hal yang perlu diketahui bahwa di situs matahari.com tidak semua produk dikeluarkan langsung oleh pihak Matahari, terdapat beberapa produk yang dijual produsen lain namun menggunakan situs matahari.com sebagai lapak dagangannya.

Untuk mall sekelas matahari kualitasnya bisa terjaminlah ya … namun kemungkinan barang tidak sesuai foto & deskripsi akan selalu ada baik dari pihak Matahari langsung maupun produsen lain yang berjualan di situs matahari.com. Untuk mengantisifasi kemungkinan itu sebagai konsumen pasti akan bertanya-tanya jika barang yang dibeli tidak sesuai pesanan apakah bisa di-refund (tukar barang baru / uang kembali).

Matahari mall memberikan layanan refund jika barang yang diterima konsumen tidak sesuai pesanan namun ada beberapa ketentuan & syarat yang harus diketahui semua konsumen yang akan me-refund barang, yakni:

1). Batas penukaran barang adalah 14 hari sejak pertama kali kamu menerima barang dari Matahari.

2). Dalam proses pengiriman barang yang di-refund tidak diperbolehkan menggunakan layanan kirim cash on delivery / COD.

3). Ada beberapa produk yang tidak bisa di-refund, diantaranya:

  • Semua jenis produk parfum
  • Semua jenis pakaian dalam termasuk lingerie & pakaian renang
  • Produk kecantikan
  • Perhiasan
  • Kaos kaki & stocking
  • Tiket / Tiket donasi

Jadi, pastikan ketika hendak membeli produk yang tidak bisa di-refund kamu sebagai konsumen harus benar-benar tepat dalam menentukan size / warna produk tersebut jangan sampai barang sampai tidak sesuai ekspektasi.

4). Barang yang akan dikembalikan belum pernah dipakai sama sekali.

5). Masih memiliki kemasan / dus, tag & label Matahari sebagai mana saat kamu menerimanya.

6). Jika kamu belanja saat ada diskon / voucher maka nilai voucher tidak akan dikembalikan untuk barang yang di-refund.

7). Khusus jika kamu membeli produk yang bergaransi bila terdapat cacat produksi langkah pertama bukan mengembalikan ke pihak Matahari, melainkan hubungi pihak garansi pabrik pada kontak yang ada pada selembaran / surat garansi barang yang kamu beli.

Itulah 7 ketentuan bagi konsumen yang ingin refund barang di Matahari. Adapun langkah-langkah untuk mengembalikan barang / refund adalah sebagai berikut:

  • Kemas barang yang akan dikembalikan dengan menggunakan dus, tag & label Matahari dengan rapi seperti ketika kamu menerimanya.
  • Login akun Matahari.
  • Masuk menu Profile.
  • Klik pada tulisan Return & Refund.
  • Kamu akan diminta mengisi informasi terkait produk & alasan mengapa ingin me-refund barang yang dimaksud pada form online refund, silahkan isi dengan informasi dengan jelas.
  • Pilih opsi PICK UP untuk proses pengembalian barang.
  • Jika form pengajuan refund sudah selesai silahkan tulis / tempelkan nomor pesanan pada packaging yang akan dikirimkan.
  • Tunggu kurir dari pihak Matahari untuk menjemput paket barang yang akan dikembalikan, umumnya kurir akan pick up barang 2 – 7 hari kerja.

Jika barang sudah di pick up oleh kurir dan sudah diterima pihak Matahari, maka customer service akan menghubungi kamu dan menginformasikan apakah barang yang di-refund telah memenuhi syarat & ketentuan atau tidak. Jika ternyata barang yang dikembalikan tidak sah dalam artian tidak memenuhi ketentuan dan syarat maka barang akan dikembalikan ke alamat pengirim dan biaya / ongkos kirim di tanggung oleh konsumen.

Sebaliknya jika barang yang hendak di-refund memenuhi ketentuan dan syarat maka proses pengembalian dana akan dilakukan setelah QC return selesai (pengecekan ulang produk return), umumnya proses ini memakan waktu 3 hari kerja. Di bawah ini merupakan tabel estimasi proses pengembalian dana:

Jika dalam estimasi pengembalian dana di atas kamu belum menerima uang pengganti atas barang yang dikirim kembali silahkan menghubungi customer service matahari.com dengan menghubungi kontak di bawah ini:

Live Chat
Jadwal Operasional Senin – Minggu pukul 08:00 – 22:00 WIB

Telepon 1500838
Jadwal Operasional Senin – Minggu pukul 08:00 – 17.00 WIB

Email : [email protected]
Jadwal Operasional Senin – Minggu pukul 08:00 – 22:00 WIB

Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk refund barang balanjaan dari situs matahari.com. Semoga apa yang kami share bisa bermanfaat bagi kamu yang hobi shopping online ya … jika ada pernyataan yang kurang jelas kamu bisa menghubungi customer service pihak Matahari secara langsung dengan hubungi kontak di atas.

Tentang Penulis:

Luna
Penulis tetap di media Lambeturah sejak 2018. Sudah banyak menulis artikel tapi topik yang paling disenangi adalah gosip dan keuangan.
Komentar Anda
Berita terkait
Loading next page... Press any key or tap to cancel.