Cara Daftar Akun Gmail Lewat HP dengan Mudah dan Cepat

Diera digital seperti saat ini memiliki akun email menjadi suatu hal yang sangat penting. Selain untuk mengirim dan menerima pesan, email juga digunakan untuk mendaftar akun media sosial seperti YouTube, Facebook, bahkan untuk menggunakan aplikasi pun membutuhkan email sebagai salah satu persyaratan registrasi.

Tidak heran jika disebutkan bahwa semua orang wajib mempunyai email yang digunakan sebagai identitas kita.

Sebenarnya ada banyak pilihan provider yang bisa digunakan untuk membuat akun email, seperti Gmail, Yahoo, dan lainnya. Namun pada artikel kali ini kami akan mengulas mengenai Gmail saja.

Pengertian Gmail

Gmail merupakan providir email terbaik dan paling banyak digunakan saat ini. Banyak pengguna internet yang menggunakannya untuk komunikasi pribadi ataupun untuk bisnis.

Gmail adalah layanan surat elektronik atau e-mail milik Google, dimana penggunanya dapat mengakses Gmail dalam bentuk surat web HTTPS, protokol POP3 atau IMAP4.

Gmail mempunyai banyak fitur yang canggih serta keamanan yang kuat. Dengan memiliki akun Gmail kamu akan semakin mudah terhubung dengan berbagai layanan dari google seperti Youtube, Google Maps, Play Store, dan layanan google lainnya.

Cara Daftar Akun Gmail

Nah, untuk kamu yang ingin mendaftar akun Gmail, kamu bisa simak informasi berikut ini ya!

1). Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka browser kamu, lalu kunjungi https://accounts.google.com/SignUp

2). setelah itu, isilah kolom nama depan, nama belakang, nama pengguna, kata sandi untuk akun Gmail kamu. Jika sudah silahkan klik Berikutnya.

3). Kemudian silahkan masukkan nomor telepon yang akan digunakan sebagai kode verifikasi lalu klik Berikutnya.

4). Dada tahapan daftar Gmail ini, kamu akan diminta memasukkan kode verifikasi yang sudah dikirimkan melalui SMS, lalu klik Verifikasi.

5). Pada laman Selamat datang di Google, silahkan masukkan alamat email cadangan yang sudah kamu miliki (jika ada) untuk menjaga keamanan akunmu. Kemudian lengkapi data diri seperti tanggal lahir dan gender lalu klik Berikutnya.

6). Pada halaman Optimalkan Penggunaan Nomorr Telepon kamu bisa melewatinya saja dengan mengklik Lewati.

7). Setelah itu, pada tahapn akhir daftar Gmail atau pada halaman setujui Privasi dan Persyaratan Google, silahkan klik Saya Setuju.

8). Selesai. Sekarang kamu sudah bisa masuk ke akun Gmail dengan memasukkan alamat email atau nomor telepon dan kata sandi akunmu.

Membuat Akun Gmail Menggunaka Android atau Smartphone

Setelah dengan cara diatas, kamu juga bisa lho membuat akun Gmail menggunakan android atau smartphone kamu. Berikut langkah-langkahnya:

1). Langkah pertama silahkan buka aplikasi Gmail.

2). Setelah itu klik buat akun.

3). Masukkan Nama Depan dan Nama Belakang kamu lalu klik Berikutnya.

4). Kemudian masukkan tanggal lahir dan gender lalu klik Berikutnya.

5). Pilihlah alamat Gmail yang direkomendasikan atau kamu juga bisa membuat alamat Gmail kamu sendiri, lalu klik Berikutnya.

6). Setelah itu, masukkan sandi dan konfirmasi sandi.

7). Klik Saya Setuju pada Privaci dan Persyaratan.

8). Selesai.

Tips Saat Membuat Akun Gmail

Itulah cara daftar akun Gmail. Bagaimana mudah bukan? Nah, agar dalam pembuatan akun Gmail kamu tidak mengalami kendala, kami akan memberikan tips saat membuat akun Gmail. Apa saja tipsnya? Silahkan cek infonya dibawah ini ya!

1). Saat membuat akun Gmail, pastikan kamu memasukkan kata sandi dengan kombinasi huruf besar dan kecil.

2). Jika kamu tidak bisa menggunakan alamat Gmail sesuai keinginanmu, maka kemungkinan nama tersebut sudah digunakan oleh orang lain.

Kamu tidak akan bisa mendapatkan alamat Gmail tertentu jika nama pengguna yang kamu minta:

  • Sudah ada
  • Sangat mirip dengan nama pengguna yang sudah ada (misalkan, jika contoh@gmail.com sudah ada, Anda tidak dapat menggunakan contoh@gmail.com).
  • Sama seperti nama pengguna yang pernah dipakai seseorang, yang kemudian telah dihapus.
  • Tidak disediakan oleh Google untuk mencegah spam atau penyalahgunaan.
    *Jadi upayakan untuk membuat alamat email yang memenuhi kriteria Google ya.

3). Berilah informasi yang akurat ketika diminta untuk memberikan info pribadi supaya memudahkan Google untuk menjaga keamanan akun kamu.

Menggunakan Gmail Untuk Bisnis

Dilansir dari https://support.google.com/mail/answer/56256?hl=id apabila kamu ingin menggunakan Gmail untuk bisnis, akun Google Workspace mungkin lebih cocok dari pada Akun Google pribadi.

Untuk berlangganan Google Workspace mulai dari $6 atau sekitar Rp. 86.000 per pengguna per bulannya. Dimana dengan layanan ini kamu bisa mendapatkan keuntungan seperti:

1). Akun Gmail profesional dan bebas iklan yang menggunakan nama domain perusahaan, seperti cempaka@example.com

2). Kepemilikan akun karyawan sehingga kamu selalu bisa mengontrol akun, email, dan file perusahaan kamu.

3). Dukungan telepon, email, dan chat 7×24 jam dari orang sungguhan.

4). Peningkatan penyimpanan Gmail dan Google Drive..

5). Pengelolaan perangkat seluler untuk menjaga data kamu tetap aman, seperti kemampuan untuk menghapus total perangkat yang hilang dari jarak jauh.

6). Kontrol keamanan tingkat lanjut dan administratif.

Demikianlah ulasan kami mengenai cara daftar akun Gmail. Semoga informasi pada artikel kali ini dapat membantu kamu dalam membuat akun Gmail ya. Terima kasih telah singgah.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN