Cara Daftar Akun Emis dengan Mudah dan Cepat

Emis atau Education Management Information System merupakan suatu sistem pendataan Pendidikan yang dikelola oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Emis adalah metode manajemen formal yang digunakan untuk memberikan informasi Pendidikan yang akurat serta tepat waktu sehingga perencanaan, pengambilan keputusan, pengembangan proyek serta fungsi manajemen Pendidikan yang lainnya dapat dilakukan secara efektif.

Dilansir dari https://pendis.kemenag.go.id, bahwa 87% data Emis akan menentukan kualitas perencanaan, sehingga harus terus ditingkatkan dengan meminimalisir berbagai kelemahan yang terjadi selama ini.

Emis akan mempermudah dalam melakukan pengumpulan data yang berhubungan dengan Madrasah, Pondok Pesantren dan Perguruan Tinggi Islam.

Selain itu, Emis juga bermanfaat untuk mempermudah dalam proses pencarian data-data valid dari suatu Madrasah, Pondok Pesantren, dan Perguruan Tinggi Islam.

Emis merupakan sebuah aplikasi yang berbasis web sehingga diperlukan perangkat lunak penjelajahan internet seperti Mozilla Firefox, Google Chroom, dan lain sebagainnya untuk membuka aplikasi Emis ini.

Nah, untuk Bapak/Ibu guru yang bekerja sebagai pendidik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) serta belum mempunyai akun Emis, berikut ini telah kami rangkum beberapa cara untuk mendaftar akun Emis pada aplikasi Emis berbasis website. Yuk simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cara Daftar Akun Emis

Untuk bisa memiliki akun Emis, harus dilakukan pendaftaran akun terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah untuk mendaftar aku Emis berbasis website.

1). Silahkan kunjungi website http://emispendis.kemenag.go.id/

2). Setelah itu, masukkan nomor KTP/NIK atau NUPTK, lalu klik “Cek Data”.

3). Jika sudah, maka secara otomatis kamu akan di bawa kehalaman dashboard dari website Emis tersebut.

4). Setelah itu, pada halaman dashboard silahkan pilih menu “Registrasi” untuk memulai melakukan pendaftaran pada akun Enus Guru PAI.

5). Silahkan lengkapi form Registrasi Guru PAI/Pengawas PAI, yaitu:

  • Data kedinasan ini sudah terisi otomatis jika nomor KTP/NIK/NUPTK sudah diisi dengan benar.
  • Data pendukung Emis yang meliputi NIK, nomor telepon, alamat rumah, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kode pos, sacan SK TMT (max 200 kb), dan scan KTP (max 200 kb).
  • Data login operator PTKI, silahkan isi Email dan password. Pastikan email yang dimasukkan adalah email yang aktif ya. Jangan lupa pula untuk membuat password yang mudah diingat.

6). Setelah data kedinasan, data pendukung, dan data login sudah terisi dengan benar, selanjutnya silahkan klik “Daftar”. Kemudian tunggulah hingga proses loading pendaftaran selesai atau muncul pemberitahuan bahwa pendaftaran telah berhasil. Setelah pendaftaran berhasil, maka status pendaftaran kamu masih akan menunggu persetujuan admin Kabupaten/Kota atau Kanwil setempat.

7). Jika pendaftaran Emis sudah berhasil dan disetujui, maka kamu dapat login dengan menggunakan email dan password yang telah kamu input pada data login sebelumnya.

Alasan Penonaktifan

Itulah cara daftar akun Emis. Nah, jika terdapat Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK) yang non aktif, maka madrasah wajib membuat laporan ke Kemenag Kabupaten laluu Operator Madrasah harus mengubah status keaktifan Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK) dan upload SK Penonaktifan di aplikasi Emis.

Penonaktifan Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK) ini dapat terjadi oleh beberapa alasan seperti:

1). Pensiun

2). Cuti

3). Menjabat di structural

4). Tugas belajar

5). Pindah pekerjaan

6). Meninggal dunia

7). Sakit

8). Berhenti

9). Diberhentikan

10). Dan lain sebagainya

Langkah Menonaktifkan GTK Madrasah di Emis

Nah jika kamu merupakan operator Madrasah dan masih bingung bagaimana cara menonakifkan GTK Madrasah di Aplikasi Emis ini, berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti. Yuk simak!

1). Setelah kamu memperoleh SK dan sudah di scan, langkah selanjutnya silahkan buka halaman Emis dengan hak akses Operator Madrasah.

2). Setelah berhasil login, silahkan klik menu “Guru dan Tenaga Kependidikan”, lalu “Daftar GTK”.

3). Pada bagian halaman sebelah kanan, silahkan cari GTK yang akan kita non aktifkan, lalu klik tombol “Ubah Data”

4). Setelah itu, silahkan klik tab “Status dan Riyawat Kepegawaian” lalu klik tombol “Tambah”. Akan muncul halaman untuk melakukan Tambah Riwayat Kepegawaian. Silahkan isi data-data seperti:

  • Jenis Perubahan = status keaktifan
  • Tanggal Efektif = tanggal sejak GTK Non Aktif
  • Status Tidak Aktif = pilihlah sesuai dengan alasan GTK Non Aktif
  • Nomor SK = isilah dengan Nomor SK Penonaktifan
  • Tanggal SK = pilihlah jenis SK yang sesuai
  • Upload SK = Upload SK Penonaktifan dengan format PDF ukuran maksimal 2 MB

5). Setelah semua data sudah terisi dengan benar, selanjutnya silahkan klik tombol “Simpan”.

6). Selesai.

Sekarang GTK yang bersangkutan status di Madrasah sudah tidak aktif dan juga di aplikasi Emis.

Demikianlah informasi mengenai Cara Daftar Akun Emis yang bisa kami bagikan untuk kamu.

Semoga informasi di atas dapat membantu kamu dalam melakukan pendaftaran akun Emis ya. Terima kasih telah singgah.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN