Cara Daftar Akun BPJS Kesehatan Secara Online

Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial atau sering disebut dengan BPJS Kesehatan merupakan lembaga yang bertugas untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Dengan adanya BPJS Kesehatan ini diharapkan seluruh masyarakat Indonesia bisa mendapatkan pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasarnya akan kesehatan.

BPJS Kesehatan ini memiliki prinsip gotong royong dimana peserta yang sehat akan bergotong royong membantu peserta yang sakit. Untuk mendapatkan layanan BPJS Kesehatan maka setiap peserta di haruskan untuk membayar iuran setiap bulannya sesuai dengan kelas layanan yang diambil.

Sementara untuk masyarakat yang tidak mampu, maka iurannya akan ditanggung oleh pemerintah melalui skema bantuan sosial.

Setelah menjadi peserta BPJS Kesehatan maka kamu akan dapat mengakses sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) yang terdiri dari faskes tingkat I yaitu Puskesmas, Praktik dokter umum, praktik dokter gigi hingga rumah sakit kelas D.

Jika sarana dan prasarana yang ada di faskes tangka I tidak memadai atau pasien memerlukan penanganan yang lebih lanjut maka dirujuk ke faskes tingkat II yaitu rumah sakit tipe C dan B, dan jika faskes tingkat II masih tidak memungkinkan karena sarana dan prasarana yang kurang memadai atau pasien memerlukan penanganan yang lebih lanjut maka dokter faskes tingkat II akan merujuk ke faskes tingkat III yaitu rumah sakit tipe A.

Saat ini kepesertaan dalam BPJS Kesehatan merupakan hal yang wajib. Hal ini mengartikan bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan ini.

Nah, jika kamu belum menjadi anggota BPJS Kesehatan, tidak perlu khawatir karena saat ini telah tersedia pendaftaran BPJS Kesehatan yang dilakukan secara online.

Jadi kamu tidak perlu lagi harus anti panjang di kantor BPJS terdekat. Cukup dengan mendaftarkan akun BPJS Kesehatan di smartphone yang kamu punya melalui aplikasi Mobile JKN.

Apasih aplikasi mobile JKN itu dan bagaimana cara daftar Akun BPJS Kesehatan? Nah supaya kamu dapat lebih paham mengenai aplikasi mobile JKN dan cara mendaftar akun BPJS, yuk simak uraian lengkapnya berikut ini!

Apa itu Mobile JKN?

Aplikasi Mobile JKN merupakan kanal layanan tanpa tatap muka berbasis digital yang memfasilitasi peserta dalam mendapatkan informasi dan layanan administrasi kepesertaan yang berkaitan dengan program Jaminan Kesehatan Nasional, dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam bentuk Aplikasi melalui smartphone berbasis Adroid dan iOS, yang dapat diunduh melalui Google Play Store Dan App Store.

Pada aplikasi mobile JKN ini terdapat fitur-fitur yang menarik mulai dari fitur pendaftaran peserta, informasi kepesertaan, ketersediaan tempat tidur, informasi mengenai obat yang ditanggung, informasi lokasi kantor BPJS dan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS, informasi tagihan, pembayaran, konsultasi dokter.

Selain itu juga terdapat Identitas Peserta berupa KIS Digital yang dapat digunakan peserta pada saat akan menggunakan pelayanan kesehatan di fasili tas kesehatan. dan masih banyak lagi.

Syarat-syarat yang Dibutuhkan untuk Mendaftar BPJS Kesehatan

Sebelum mengetahui bagaimana cara mendaftarakan akun BPJS Kesehatan, kamu perlu mengetahui persyaratan yang dibutuhkan untuk dapat mendaftar akun BPJS Kesehatan. Berikut ini beberapa persyaratan tersebut.

1). Siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

2). Siapkan Kartu Keluarga

3). Siapkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

4). Foto 3 x 4 dengan ukuran 50 KB

5). Buku rekening yang kamu miliki

6). Nomor ponsel aktif

7). E-mail aktif yang kamu miliki

Itulah beberapa persyaratan yang perlu kamu penuhi untuk dapat mendaftar akun BPJS Kesehatan.

Nah selanjutnya kita akan masuk ke pembahasan selanjutnya yaitu cara daftar akun BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN. Yuk simak informasinya berikut ini.

Cara Mendaftar Akun BPJS Kesehatan di Aplikasi Mobile JKN

Untuk kamu yang ingin mendapatkan berbagai layanan yang tersedia di BPJS Kesehatan, berikut telah kami rangkum langkah-langkah untuk daftar akun BPJS Kesehatan secara online melalui aplikasi Mobile JKN.

1). Silahkan unduh aplikasi Mobile JKN di play store atau App strore kamu.

2). Daftar akun terlebih dahulu dengan klik menu “Daftar”.

3). Selanjutnya pilih pendaftaran sebagai “Pendaftaran Peserta Baru”.

4). Silahkan untuk membaca ketentuan yang tersedia, dan jika sudah silahkan pilih “Setuju”.

5). Setelah itu, masukkan NIK KTP kamu.

6). Masukkan juga kode captcha yang tertera dilayar dengan tepat.

7). Selanjutnya sistem akan menampilkan detail data keluarga dan daftar calon peserta BPJS Kesehatan, segera masukkan data diri kamu ya. Lalu klik “Selanjutnya”. Jika sudah mendaftar peserta BPJS bisa memilih fasilitas kesehatan yang diinginkan.

8). Jangan lupa untuk memasukkan e-mail aktif yang kamu miliki untuk verifikasi data.

9). Silahkan periksa kode verifikasi Mobile JKN yang masuk melalui e-mail yang telah kamu daftarkan tadi.

10). Jika sudah, kamu akan mendapatkan akun untuk pembayaran iuran dari BPJS Kesehatan.

11). Silahkan selesaikan pembayaran iuran.

12). Setelah melakukan pembayaran akan ada konfirmasi dari pihak BPJS Kesehatan yang menyatakan bahwa kamu telah resmi terdaftar sebagai peserta.

13). Kartu kepesertaan BPJS Kesehatan akan tersedia secara virtual di aplikasi.

Jika kamu mengalami kendala saat melakukan pendaftaran, kamu bisa menghubungi BPJS Kesehatan melalui nomor 165.

Selain itu kamu juga bisa menghubungi layanan PANDAWA yang beroperasi setiap hari Senin sampai dengan Jumat mulai Pukul 08.00 sampai 15.00 waktu setempat melalui Layanan Telegram berikut https://t.me/Chika_BPJSKesehatan_bot.

Demikianlah informasi mengenai cara daftar akun BPJS kesehatan yang bisa kami bagikan untuk kamu.

Semoga informasi yang terdapat pada artikel ini dapat membantu kamu dalam mendaftar akun BPJS Kesehatan ya. Terima kasih telah singgah.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN