Cara Daftar Akun Bansos Secara Online

Bantuan Sosial atau sering disebut Bansos, secara umum dapat diartikan sebagai pemberian bantuan berupa uang ataupun barang dari pemerintah kepada individu, keluarga, kelompok atau masyarakat yang bertujuan untuk melindungi masyarakat dari kemungkinan terjadinya risiko sosial serta untuk meningkatkan kesejahteraan sosialnya.

Menurut puspensos.kemensos.go.id dana atau barang bantuan sosial ini dimaksudkan untuk dapat mengurangi kemiskinan dengan mendistribusikan kemakmuran dan melindungi rumah tangga dari perubahan kondisi pendapatan, dimana bantuan tersebut ditujukan untuk memenuhi tingkat minimum hidup layak, dan tingkat minimum nutrisi serta membantu rumah tangga dalam mengantisipasi risiko yang terjadi.

Hingga saat ini, masyarakat masih bisa mendapatkan bantuan sosial (bansos) dari pemerintah pusat ini lho! Ada beberapa bansos dari Kementerian Sosial pada tahun 2022 yang bisa kamu dapatkan.

Beberapa diantaranya yaitu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH). Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan 2 bansos yang disediakan untuk keluarga miskin dan rentan.

Siapa yang Menjadi Penerima Bansos?

BPNT atau Kartu Sembako ini digulirkan secar rutin sebesar Rp. 200.000,00 per bulannya untuk satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) lewat kantor pos.

Sedangkan bansos PKH akan disalurkan setiap 3 bulan sekali atau dibagi menjadi 4 tahap, dimana tahap I (bulan Januari, Februari dan Maret), tahap II (bulan April, Mei, dan Juni), tahap III (bulan Juli, Agustus, dan September), dan Tahap IV (bulan Oktober, November, dan Desember).

Besaran bantuan PKh ini berbeda-beda menyesuaikan dengan kategori yang sudah ditetapkan. Adapun yang menjadi penerima bansos PKH ini yaitu:

  • Ibu hamil dan anak usia 0-6 tahun sebesar Rp. 3.000.000,-
  • Anak usia SD sebesar Rp. 900.000,-
  • Anak usia SMP sebesar Rp. 1.500.000,-
  • Anak usia SMA sebesar Rp. 2.000.000,-
  • Penyandang disabilitas sebesar Rp. 2.400.000,-
  • Usia lanjut mulai dari usia 70 tahun sebesar Rp. 2.400.000,-

Cara Mendaftar Bansos

Untuk bisa mendapatkan bansos, maka kamu bisa melakukan pendaftaran Keluarga Penerima Bansos (KPM) Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Pendaftaran bansos ini bisa dilakukan secara online melalui fitur “Daftar Usulan” yang ada pada aplikasi Cek Bansos Kemensos.

Nah, untuk kamu yang ingin mendaftarkan diri menjadi penerima bansos, berikut telah kami rangkum beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Yuk simak informasinya berikut ini!

Cara Daftar Akun Bansos Secara Online

Berikut dibawah ini cara daftar akun Bansos secara online, antara lain sebagai berikut.

1). Silahkan buka Play Store di handphone kamu, lalu unduh aplikasi Cek Bansos Kemensos.

2). Buka aplikasi Cek Bansos Kemensos yang telah terpasang di handphone kamu, lalu klik “buat akun baru” untuk registrasi akun.

3). Isilah data diri pengusul yang ingin mendapatkan bansos dengan mengisi NIK KTP, Nomor KK, dan lain sebagainya.

4). Silahkan unggah swafoto KTP dan foto KTP pengusul bansos.

5). Pastikan bahwa data yang diisi sudah benar ya. Selanjutnya klik “Buat Akun Baru”.

6). Setelah registrasi akun berhasil, selanjutnya silahkan masuk ke menu utama aplikasi Cek Bansos. Lalu pilih menu “Daftar Usulan”.

7). Kemudian silahkan klik “Tambah Usulan”.

8). Isi kembali data diri pengusul bansos sesuai dengan kolom yang diminta.

9). Silahkan unggah foto KTP dan foto rumah pengusul tampak depan.

10). Selanjutnya klik “Tambah Usulan”.

Setelah itu pihak Kemensos akan melakukan proses pemeriksaan untuk memastikan apakah pengusul memenuhi syarat dan berhak menjadi penerima bansos.

Jika pengusul mengalami kendala dalam melakukan pendaftaran bansos ini secara online, maka pengusul bisa mendaftar secara langsung melalui RT/RW, Kelurahan/Desa ataupun Dinas Sosial setempat dengan membawa berkas berupa KTP dan Kartu Keluarga ya.

Selanjutnya pengusul bisa melakukan pengecekan secara berkala apakah sudah terdaftar sebagai penerima bansos atau tidak.

Pengecekan ini dapat dilakukan secara online pada menu “Cek Bansos” di aplikasi Cek Bansos Kemensos atau melalui link situs cekbansos.kemensos.go.id.

Nah, untuk kamu yang ingin melakukan pengecekan di situs cekbansos.kemensos.go.id, yuk simak caranya berikut ini.

Cara Cek Penerima Bansos atau Tidak

Untuk kamu yang ingin melakukan pengecekan apakah kamu menjadi salah seorang yang menerima bansos atau bukan, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

1). Masuk ke laman cekbansos.kemensos.go.id

2). Isilah formulir pencairan data DTKS penerima bansos cair juli 2022.

3). Isilah informasi Provinsi tempat tinggal kamu.

4). Isilah alamat Kabupaten, Kota tempat tinggal kamu secara lengkap.

5). Isilah alamat Kecamatan sesuai dengan domisili di KTP.

6). Isilah nama lengkap penerima bantuan.

7). Ketik ulang kode OTP sesuai dengan yang telah tertera pada kolom website.

8). Jika sudah silahkan klik “Cari data”.

9). Selanjutnya informasi yang kamu cari akan segera muncul.

10). Data pencarianmu muncul. Jika muncul sebagai penerima, kamu tinggal melakukan pencairan sesuai dengan jenis bansos yang diberikan kepada kamu.

Demikianlah informasi mengenai Cara Daftar Akun Bansos yang bisa kami bagikan unutuk kamu.

Semoga informasi di atas dapat membatu kamu dalam mendaftar bansos ini ya. Terima kasih telah singgah.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN