7 Langkah Cara Daftar Akun Adsense Youtube Terbaru 2023

Saat ini mencari cuan dari internet bukan lagi hal yang asing bagi kita. Sudah banyak orang yang akhirnya memanfaatkan internet dan kecanggihan teknologi untuk mencari pundi-pundi rupiah dengan mudah dan praktis, salah satunya adalah melalui YouTube. Saat ini YouTube tidak hanya digunakan sebagai platform menonton video saja, tetapi juga digunakan sebagai profesi khusus untuk menghasilkan uang.

Dilansir dari tempo.co diperkirakan terdapat sekitar 2,2 miliar pengguna YouTube dimana berdasarkan Data Pasar dan Konsumen Statista melaporkan pendapatan iklan global YouTube di tahun 2021 yaitu lebih dari 28,84 miliar dolar AS.

Pendapatan tersebut sebagian besar diperoleh dari iklan google Adsense yang ditampilkan pada konten YouTube. Tidak heran jika saat ini sudah banyak nama-nama Yutuber dari kalangan muda ataupun tua. Untuk pendapatan yang bisa di dapatkan pun bisa sampai miliaran rupiah lho.

YouTuber Atta Halilintar misalnya, dengan jumlah subscriber lebih dari 29 juta, pendapatan yang diperoleh Atta diperkirakan mencapai Rp. 633 juta sampai dengan 10,1 miliar setiap bulannya. Sehingga kini menjadi seorang YouTuber sangat digemari terutama oleh kaum millennial.

Nah, untuk dapat memperoleh cuan dari YouTube, salah satu metode yang dapat dilakukan adalah dengan mendaftarkan channel YouTube kamu ke google Adsense untuk di monetisasi. Nah sebelum mengetahui cara monetisasi akun YouTube kamu perlu mengetahui terlebih dahulu syarat dan ketentuannya.

Syarat dan Ketentuan Sebelum Mendaftar Adsense YouTube

Terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu lakukan untuk dapat mendaftar akun Adsense YouTube. Berikut ini beberapa syarat dan ketentuan yang harus kalian penuhi untuk mendaftar Adsense di YouTube.

1). Memiliki minimal 1.000 subscriber

Salah satu syarat yang mungkin sedikit lebih susah di bandingkan dengan syarat lainnya yaitu memiliki minimal 1.000 subscriber. Sebenarnya jumlah tersebut hanyalah nol koma sekian persen dari total pengguna YouTube yang mencapai 1,8 miliar.

Dengan pengguna yang sebanyak itu, tentu sangat memungkinkan untuk mendapatkan 1.000 subscriber dengan mudah. Oleh karena itu, pastikan konten yang kamu buat merupakan konten yang banyak di cari dan dibutuhkan oleh pengguna YouTube ya.

2). Video telah ditonton sebanyak 4.000 jam tayang dalam satu tahun

Syarat selanjutnya yang harus di penuhi untuk dapat mengaktifkan Adsense YouTube adalah akun kamu harus sudah mempunyai 4.000 jam tayang. Total jam tayang ini terhitung selama 12 bulan atau 1 tahun terakhir ya.

Jadi kamu harus memenuhi minimal 4.000 jam tayang selama satu tahun. Nah, karena itulah kamu perlu melakukan verifikasi dan mengunggah video sebanyak-banyaknya. Semakin banyak video dengan durasi yang lama maka akan semakin mempercepat syarat ini terpenuhi. Jadi tetap semangat ya untuk terus mengunggah video terbaikmu. Jangan mudah menyerah karena semua pasti perlu proses kok.

3). Mengaktifkan verifikasi 2 langkah

Verifikasi sangat penting untuk dilakukan bagi kamu yang ingin mendaftarkan Adsense YouTube terutama jika kalian ingin melakukan video berdurasi panjang. YouTube menganggap video berdurasi panjang apabila durasinya lebih dari 15 menit. Jadi ketika kamu ingin mengunggah video lebih dari durai tersebut maka kamu harus melakukan verifikasi terlebih dahulu ya.

Proses dari verifikasi ini cukup mudah kok. Kamu hanya membutuhkan nomor hp aktif yang kamu miliki untuk nantinya akan digunakan sebagai penerima kode verifikasi.

4). Tidak melanggar pedoman Google

Selain ketiga hal di atas, persyaratan lain yang harus di penuhi adalah tidak melanggar pedoman dari google. Jadi pastikan kamu sudah mengetahui ketentuan dan hal apa saja yang melanggar pedoman google.

Sehingga kamu akhirnya akan bisa mendaftarkan akun YouTube kamu dan menghasilkan uang dari akun YouTubemu. Setelah mengetahui syarat dan ketentuan dalam membuat akun Adsense YouTube, selanjutnya kami akan membahas mengenai permasalahan utama yaitu cara mendaftar akun Adense YouTube

Cara Daftar Akun Adsense YouTube

Berikut dibawah ini cara daftar akun Adsense YouTube, antara lain sebagai berikut.

1). Buka situs YouTube kamu.

2). Klik ikon profile, lalu pilih pengaturan, lalu klik kembali ikon Profile.

3). Selanjutnya klik Creator Studio.

4). Pada dashboard ini, kamu dapat langsung mengajukan akun YouTube AdSense meskipun belum memiliki video yang diunggah;

5). Silakan klik Others Features, lalu klik Monetization;

6). Kamu akan dibawa ke halaman YouTube Partner Program yang berisi 4 tahapan berikutnya, di antaranya yakni persetujuan, menghubungkan akun YouTube dengan AdSense, mengatur pilihan monetisasi, dan review mendapatkan 4.000 jam tayang dan 1.000 subscriber;

7). Setelah keempat hal tersebut sudah kamu atur dan memenuhi persyaratan, maka proses pendaftaran akun YouTube kamu ke AdSense YouTube telah selesai.

Nah, selanjutnya untuk menghubungkan akun Adsense YouTube kamu untuk bisa menerima pembayaran, silahkan ikuti langkah berikut.

1). Klik Start pada tombol “Daftar Google Adsense”

Jika kamu sudah mempunyai akun Adsense, maka gunakan akun yang sudah disetujui dan hubungkan channel milikmu ke akun Adsense tersebut.

2). Setelah menghubungkan akun Adsense kamu, kami akan menandai langkah ini dengan tanda “Selesai” berwarna hijau di kartu “Daftar ke Google AdSense”.

Setelah menyetujui persyaratan Program Partner YouTube dan menghubungkan akun AdSense Anda, channel Anda akan otomatis masuk dalam antrean peninjauan.

Jika google menerima pengajuan Adense kamu, maka secara otomatis kamu akan mendapatkan penghasilan secepatnya.

Tips Agar Akun Adsense YouTube Disetujui

Berikut dibawah ini tips agar akun Adsense YouTube disetujui, antara lain sebagai berikut.

1). Konten yang ditampilkan harus original

2). Menghindari konten yang sensitif dan mengandung unsur SARA

3). Hindari menggunakan Pop-Up

4). Menggunakan top level domain

Demikianlah informasi mengenai Cara Daftar Akun Adsense YouTube yang bisa kami bagikan untuk kamu. Semoga artikel ini dapat membantu kamu ya. Terima kasih telah singgah.

Tentang Penulis:

Luna
Penulis tetap di media Lambeturah sejak 2018. Sudah banyak menulis artikel tapi topik yang paling disenangi adalah gosip dan keuangan.
Komentar Anda
Berita terkait
Loading next page... Press any key or tap to cancel.