Bacaan Doa Ayat Kursi dan Artinya

Ayat kursi merupakan ayat dalam Al-qur’an surat Al-baqarah ayat 255 yang sering dijadikan doa maupun dzikir.

Ayat kursi menggambarkan ke-Esaan Allah yang meliputi langit dan bumi, begitu banyak keutamaan yang terkandung dalam ayat kursi sebagaimana Sabda Rasullullah Saw., yang artinya:

”Sesungguhnya segala sesuatu pastilah memiliki puncak, dan puncaknya Al-qur’an adalah qur’an surat Al-baqarah yang di dalamnya terdapat penghulu dari ayat-ayat suci Al-qur’an. Ayat tersebut adalah ayat kursi.” (HR. Turmudzi).

Hadist diatas menekankan kepada kita sebagai umat muslim bahwa banyak keistimewaan yang terkandung dalam ayat tersebut, maka disunnahkan bagi kita untuk selalu berdzikir dengan menyertakan ayat kursi di dalamnya.

Dibawah ini adalah qur’an surat Al-baqarah ayat 255 atau sering disebut ayat kursi:

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Latin :

Allaahu laa ilaaha illaa huwalḥayyulqayyụm, laa ta`khuduhụ sinatuw walaa naụm, lahụ maa fissamaawaati wa maa fil arḍ, man dzalladii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi`idznih, ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum, wa laa yuḥiiṭụna bisyai`im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa, wasi’a kursiyyuhussamaawaati wal-arḍ, wa laa ya`ụduhụ ḥifẓuhumaa, wa huwal’aliyyul’adhīm

Artinya :

”Allah, tidak ada Tuhan selain Dia. Yang Maha hidup, yang terus mengurus (Makhluk-Nya), tidak mengantuk tidak pula tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa seizin-Nya. Dia mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka serta mereka tidak mengetahui sesuatu apapun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihari keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar.

Seperti disebutkan di atas ada banyak keutamaan yang terkandung dalam ayat kursi, dibawah ini beberapa keutamaan ayat kursi:

1). Ayat Paling Agung

Ayat kursi merupakan ayat paling agung yang terdapat dalam Al-qur’an, sebagai umat muslim banyak keutamaan apabila kita senantiasa membaca doa ayat kursi tersebut diatas. Nabi Saw., bersabda:

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « يَا أَبَا الْمُنْذِرِ أَتَدْرِى أَىُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ مَعَكَ أَعْظَمُ ». قَالَ قُلْتُ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ. قَالَ « يَا أَبَا الْمُنْذِرِ أَتَدْرِى أَىُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ مَعَكَ أَعْظَمُ ». قَالَ قُلْتُ اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ. قَالَ فَضَرَبَ فِى صَدْرِى وَقَالَ » وَاللَّهِ لِيَهْنِكَ الْعِلْمُ أَبَا الْمُنْذِرِ »

Artinya :

”Rasulullah Saw., bersabda “Wahai Aba Mundzir – Ubay bin Ka’ab – tahukah engkau mana ayat yang paling agung menurutmu di dalam kitab Allah (Al-qur'an)?”aku (Aba Mundzir) menjawab “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu. Rasulullah Saw., Beliau mengulangi lagi “Wahai Aba Mundzir tahukah engkau mana ayat yang paling agung menurutmu di dalam kitab Allah?” Aku (Aba Mundzir) menjawab “Yaitu Allahu laa ilaaha illa huwal hayyul qayyum (ayat kursi).” Kemudian Beliau (Rasulullah Saw.,) menepuk dadaku dan berkata semoga engkau dimudahkan mendapatkan ilmu wahai Aba Mundzir (HR. Muslim)

2). Dzikir Sebelum Tidur

Disunnahkan ketika kita hendak tidur untuk berdzikir kepada Allah dengan menyertakan ayat kursi di dalamnya agar terlindungi dari gangguan syaitan selama kita tertidur.

Hal ini sebagaimana sabda Nabi Saw., yang artinya “Jika engkau hendak mendatangi tempat tidur (pada malam hari) maka bacalah ayat kursi nisyaca Allah akan senantiasa menjagamu dalam tidurmu hingga pagi tiba.” (HR. Bukhari)

3). Salah Satu Perantara Masuk Syurga

Jika kita senantiasa mengamalkan bacaan ayat kursi setelah selesai sholat wajib yang lima waktu maupun sunnah seumur hidup di dunia maka kemuliaan akan selalu menyertai kita untuk masuk syurga, Aamiin. Wallahu’alam bisshowab Sebagai mana sabda Rasulullah Saw.,

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلَاةٍ مَكتوبَة، لمَ يمَنَعهُ مِنْ دُخُولِ الجَنة إِلَّا أن يمَوتَ

Artinya :

“Barang siapa yang membaca ayat kursi setelah selesai sholat wajib maka tidak ada yang mengahalangi dirinya untuk masuk syurga selain kematian.” (HR. Ath-Tabrani No. 7532).

4). Merupakan Ayat yang Penuh Berkah dan Penghilang Kesusahan

Ayat kursi merupakan ayat yang penuh berkah yang bila mana kita mengamalkan bacaan ayat kursi setiap hari maka keberkahan akan selalu menyertai kita dan terhindar dari kesusahan hidup.

Sebagaimana sabda Nabi Saw., yang artinya: “Ayat kursi merupakan ayat yang diberkahi. Tidak ada yang membuka kesulitan, menghilangkan bencana serta menghilangkan kesedihan lebih cepat dari pada ayat kursi.” (HR. Imam Abu Hamid Bin Muhammad Al-Ghozali)

5). Memudahkan Syakaratul Maut

Orang yang lisannya senantiasa berdzikir mengingat Allah dan mengamalkan bacaan ayat suci maka Allah akan memudahkannya dalam menghadapi syakaratul maut.

6). Membuat Hati Tenang

Barang siapa yang membaca ayat kursi setiap harinya maka hatinya akan merasa tenang dan terhindar dari gundah gulana.

7). Memberikan Banyak Manfaat dalam Kesehatan

Ketika seseorang melakukan pengobatan bekam untuk kesehatan maka alangkah baiknya membaca ayat kursi agar hasil pengobatan bekam lebih sempurna juga mendapatkan pahala dari Allah oleh sebab selalu berdikir kepada-Nya.

Anjuran membaca ayat kursi ketika sedang melakukan pengobatan bekam sebagaimana sabda Rasullullah Saw.,

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ عِنْدَ الْحِجَامَةِ كَانَتْ لَهُ مَنْفَعَةُ حِجَامَتِهِ

Latin :

Qaala rasuulullaahi shollallaahi ‘alaihi wasallam: Manqara- aayatal khursiyyi ‘indal hijaamati kaanat lahu manfa’ata hijaamatihi

Artinya :

”Barang siapa yang membaca ayat kursi ketika sedang melakukan bekam, maka baginya (sempurna) manfaat dari bekamnya.

Selain beberapa keutamaan ayat kursi di atas tentu saja masih banyak keutamaan lain yang terkandung dalam ayat suci jika merujuk pada hadist yang menyebutkan bahwan ayat kursi merupakan penghulu dari semua ayat-ayat dalam al-qur’an.

Untuk itu alangkah baiknya sebagai muslim dan muslimah kita senantiasa mengamalkan bacaaan doa ayat kursi di keseharian kita agar Allah selalu melindungi.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN